Assalamu’alaikum.
Haaaayy……… Sobat bikerz, salah satu bebek/cub 2Tak buatan Suzuki yang paling melgenda dan merajai pasaran adalah Suzuki Satria yang merupakan salah satu moped yang paling disukai kalangan anak muda pada zamannya. Selain dikenal kencang, desainnya juga cukup menarik dengan sasis twinspar dan suspensi monosok. dalah varian bebek underbone 2Tak dari pabrikan Suzuki Terlahir dari keluarga RG, Satria 120 adalah versi pembesaran kapasitas versi pabrikan dari Suzuki RG Sport 110 (tidak tersedia di Indonesia) yang lebih dulu lahir di negeri asalnya Malaysia ,dengan perbedaan yang cukup banyak. Mulai dari perbedaan diameter dan langkah silinder, diameter lubang Venturi karburator, rasio kompresi hingga power dan torsi maksimum.
1. SUZUKI Satria RU 120 S
SUZUKI SATRIA pertama kali di perkenalkan pada tahun 1997 dengan mengusung mesin 2 tak, 120cc, berpendingin udara, menggunakan transmisi 5 percepatan dan memakai sistem kopling sentrifugal. Dan SUZUKI SATRIA 120 S adalah mesin bebek pertama di Indonesia yang menggunakan mesin tegak. Di saat pabrikan lain masih terlena dengan mesin bebek 100 – 110, SUZUKI Indonesia menjawab tantangan para penyuka kecepatan dengan menghadirkan Satria 120 S. Pada masa ini suzuki menamakan motornya dengan sebutan satria 120s yang menggunakan mesin 2 tak 120cc bertenaga 13HP. Fitur yang pertama dibuat menggunakan suspensi monosok, rangka SCAF (Suzuki Computerized Analized Frame), sistem komputerisasi analisa rangka dan menggunakan tranmisi 5 percepatan. Kelebihan satria 120s 2 tak ini memiliki akselarasi yang cepat sehingga untuk menempuh jarak tertentu jadi lebih singkat.
2. SUZUKI SATRIA RU 120 R 1998-2000)
Pada periode kedua, karena dirasa kehadiran dari SUZUKI SATRIA 120 S kurang responsif pada tarikan awal, maka SUZUKI Indonesia pada tahun 1998 membuatkan tipe baru dalam keluarga SUZUKI SATRIA, yaitu SATRIA 120 R. Dengan dimunculkannya tipe SATRIA 120 R menjawab seluruh keinginan para penyuka kecepatan, dengan mengusung basic mesin yang sama tetapi pada sistem trasmisi berubah menjadi 6 percepatan dan yang awalnya pada sistem perseneling menggunakan sistem rotari di ganti model sport yaitu gigi 1 ke depan dan gigi 2 sampai 6 ke belakang. Bukan cuma pada transmisi inovasi yang dilakukan SUZUKI, tetapi pada sistem kopling juga dirombak total menggunakan kopling manual sehingga tarikan awal motor lebih responsif. Dan yang awalnya SUZUKI SATRIA 120 S menggunakan kick starter dan elektrik starter, namun pada SATRIA 120 R elektrik starter di lepas dan hanya menggunakan kick stater saja, tau sendiri jaman segitu motor 2Tak itu keren kalo nyalain kudu ngengkol dulu hehehehehe…..😁😁✌️
Satria 120 R (2000 – 2003)
Di periode ketiga ini spesifikasi masih tetap sama seperti periode sebelumnya tetapi ada penambahan double disc brake yang membuat cengkramannya semakin dahsyat dan hadir dengan tampilan yang anak muda banget di jaman itu, pokoke nek wes numpak Satria dijamin bikin cewek-cewek bisa klepek-klepek hehehehehehe…… 😆 tentunya yang paling laris adalah versi livery movistar plus velg casting wheel alias velg palang makin mendongkrak tampilan Suzuki Satria 120 R.
Sebelum SATRIA 120 RU atau biasa disebut Satria 120 R (2tak)yang biasa disebut Satria lumba-lumba ini di discontinue karena peraturan pemerintah yang melarang di produksinya motor 2 tak di dalam negeri pada masa itu, selain itu Pemerintah juga sedang gencar-gencarnya pencanangan program langit biru. Maka seelum discontinue pihak SUZUKI Indonesia pernah mendatangkan SATRIA RU 120 LSCM dari SUZUKI Lion Malaysia atau biasa di sebut SATRIA Hiu. Tapi meskipun respon masyarakat lumayan baik, SATRIA Hiu hanya sebentar beredar di Indonesia karena terbentur dengan kebijakan pemerintah.
Berikut ini spesifikasi dari Suzuki Satria 120 sobat bikerz :
Uraian | Satria 120 R | Satria 120 S |
Jenis | 2 Tak – Pendingin Udara |
2 Tak – Pendingin Udara
|
Diameter Piston | 56 mm |
56 mm
|
Langkah Piston | 49 mm |
49 mm
|
Volume Silinder | 120,7 cm³ |
120,7 cm³
|
Rasio Kompresi | 7 : 1 |
7 : 1
|
Karburator | Mikuni VM 20 SS |
Mikuni VM 18 SS
|
Sistem Starter | Kick Starter |
Electric & Kick Starter
|
Berat bersih | 100 Kg |
102,5 Kg
|
Sistem Pelumasan | Suzuki CCI |
Suzuki CCI
|
Kopling | Manual, Outer pull, rack and pinion |
Ganda (PECS)
|
Transmisi | 1 N 2 3 4 5 6 |
N 1 2 3 4 5
|
Reduksi Awal | 65/20 (3,250) |
65/20 (3,250)
|
Reduksi Akhir | 43/13 (3,307) |
43/14 (3,071
|
Gigi Rasio
Rendah
Kedua
Ketiga
Keempat
Kelima
Keenam
|
32/11 (2,909)
24/14 (1,714)
22/17 (1,294)
20/19 (1,053)
18/20 (0,900)
17/21 (0,810)
|
32/11 (2,909)
24/14 (1,714)
22/17 (1,294)
20/19 (1,053)
18/20 (0,900)
|
Sistem pemasukan | Reed Valve |
Reed Valve
|
Ukuran Ban Depan | 70/90 – 17 38 P |
70/90 – 17 38 P
|
Jenis Pengapian | DC – CDI |
DC – CDI
|
Timing Pengapian | 14° Sebelum TMA |
14° Sebelum TMA
|
Busi | NGK : BP 8 ES Denso : W 24 EP-U |
NGK : BP 8 ES
Denso : W 24 EP-U |
Accu | GM 3 – 3B/YB 3L – B (12V 3 AH) |
GM 5Z – 3B/YB 5L – B (12V 5 AH)
|
Sekering | 10 A |
10 A
|
Oli Mesin | 1050 Liter |
1200 Liter
|
Tangki Bensin | 5,2 Liter |
5,2 Liter
|
Sektor dapur pacu Suzuki Satria 120 R ini dengan mesin tipe 2stroke, single cylinder, Diameter x langkah (bore x stroke) berukuran 56 x 49 mm
Dari perbandingan diameter dan langkah pistonnya, terlihat bahwa Suzuki mengedepankan pencapaian top speed. Sistem pendingin Jet Cooled, berkapasitas 120,7cc. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan tenaga hingga 13,5 PS (13hp) pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak menembus 1,36 kg-m pada putaran 6.500 rpm. pantas saja dengan spesifikasi yang gahar untuk ukuran motor bebek lokal, banyak menjadi idaman para penyuka kecepatan. Bahkan di ajang road race serta drag bike Suzuki Satria 120 ini selalu menjadi andalan para pembalap.
Kelemahan motor Satria 120 ini adalah konsumsi BBMnya yang boros. Dari beberapa tes yang dilakukan rata rata motor ini menghabiskan 1 liter bensin untuk menempuh sejauh 25 km saja. Volume tangki 5,2 liter tergolong besar. Rupanya Suzuki sudah mempersiapkannya demi mendukung konsumsi bahan bakar sang pendekar yang relatif boros Karena masih menggunakan mesin 2 tak, wajar motor kencang biasanya boros karna perlu konsumsi bahan bakar yang cukup banyak untuk menghasilkan tenaga dorongan dari motor tersebut. Tercatat banyak banget pembalap baik Road race maupun Drag Race yang menggunakan Satria 120 sebagai jagoan balap. Bahkan sampe sekarang pun Suzuki Satria 120 R maupun Suzuki 120 LSCM masih menjadi incaran para collector dan penyuka kecepatan.
Seingat saya dulu Suzuki Satria 120 R ini harga barunya sampe 16 jutaan di Bali, kalo sekarang harga bekas atau scondnya direntang harga 2 juta sampe 9 jutaan di situs jual beli online, itupun jugaa tergantung seri dan kondisi motornya. Malah kalo mau blusukan bisa dapat dibawah 2 juta harga bekasnya. Terima kasih sudah mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.
Lengkap mantep
nggih mas
1998 -2002 model sama, cuma update warna & stripping. 2002 update velg CW + double disk-brake. 2004 update model & crankshaft s/d discontinue.
mantaaap tambahannya om….
makasih bnyk utuk sharingnya 🙂 😉
Sama² om 👌
nggih om 🙂
ajaib yak