Assalamu’alaikum.
Haaaayyy…….. Sobat bikerz, sebelumnya warung ini udah ngebahas 125 cc 2 Tak bikinan Italia. Naaahh…. Pabrikan asal negeri Matador alias Spanyol juga punya jagoan Sport 2 Stroke 125 cc sobat bikerz. Nama perusahaan tersebut adalah Derbi sobat bikerz, lucu ya namanya hehehehehe….. 😀 kayak kurang mbois, Eeeiiittzzzz…. jangan salah pabrikan ini dulu sering banget ikut diajang bergengsi MotoGP khususnya kelas GP125 lho, terbukti dua Pembalap MotoGP Marc Marquez dan Jorge Lorenzo diawal karirnya pernah membesut tunggangan ini saat mereka masih bermain di kelas capung/125 cc 2 langkah. namun karna regulasi yang akhirnya membuat team pabrikan ini tidak bisa lagi berkiprah di gelaran kelas GP 125 CC. Okeee…. mari kita bahas secara santai dan ringkas tentang Derbi GPR 125 2 Langkah.
kelas 125 cc 2 Stroke diluar negeri sana khususnya daratan Eropa merupakan kendaraan bagi para kaum Kadet/pelajar. Lahir di tahun 2005 sampe akhirnya discontinue di tahun 2009, Sepeda motor ini menjadi Idola Remaja, bahkan untuk kelas pembalap pemula pun Derbi GPR 125 2 Tak merupakan pilihan yang tepat. Didukung handling yang mumpuni, mudah dikendalikan membuat siapa pun yang baru pertama naik diatasnya menjadi lebih cepat beradaptasi. kalo liat dari segi desain sekilas akan mirip dengan Aprilia RS 125 2 Tak versi terakhir. Tapi lama-lama kalo diperhatiin ini motor ciamik juga sobat bikerz, apalagi banyak perangkat kekinian yang nempel di Derbi GPR 125 2 Stroke ini sobat bikerz. Lihat saja Suspensi depan sudah menggunakan Upside Down ukuran 40mm Plus Piringan cakram 300 mm dibantu dengan kaliper 4 piston untuk menghentikan ban depan. kemudian ban belakang juga dilengkapi rem cakram radial ukuran 180 mm plus kaliper 2 piston untuk membuat ban belakang berhenti melaju. Alumunium-Alloy Twinspar Frame & Swingarm, Alumunium Cast-Wheel Y-Spoke, Speedometer Digital, Knalpot undertail.
Sekarang Kita masuk ke bagian dapur pacu yang menjadi penggerak utama Derbi GPR 125 2 langkah ini sobat bikerz, mesin bukanlah murni milik pabrikan Derbi. layaknya Aprilia RS 125 2Tak yang menggunakan mesin Rotax dan dituning ulang, maka Derbi GPR 125 2 stroke ini pun menggunakan mesin dari Yamaha TZR 125 RR Belgarda. Mesin Yamaha TZR 125 Belgarda ini dengan sentuhan tangan dingin Moto Minarelli yang telah dituning ulang mampu menghasilkan daya kuda sebesar 33 HP @10.000 RPM dan Torsi Puncak sebesar 23.4 N.m @ 9.000 RPM. Namun sangat disayangkan karna negara Eropa kala itu sedang gencarnya pembatasan tenaga motor 2 Langkah otomatis Power dari Derbi GPR 125 2 Stroke ini jadi disunat abis-abisan cyiiiin……. 😀 Bayangkan dari 33 HP cman 22HP tapi dirasa untuk motor 125 CC tenaga segitu masibesar akhirnya dikurangi lagi menjadi 15 HP @ 8250 RPM dan Torsinya pun hanya menjadi 13.5 NM @ 7750 RPM saja. Berikut ini spesifikasi Dari Derbi GPR 125 2 Tak Sobat bikerz :
Make Model |
Derbi GPR 125 |
Year |
2005 – 09 |
Engine |
Two stroke, single cylinder |
Capacity |
124.7 cc / 7.6 cu-in |
Bore x Stroke | 56 x 50 mm |
Cooling System | Liquid cooled |
Compression Ratio | 12.5:1 |
Induction |
28mm Mikuni |
Ignition |
Electronic CDI |
Starting | Electric |
Max Power |
33 HP @ 10.000 RPM | 15 HP @ 8.250 RPM (Restrict) |
Max Torque |
23,4 N.m @ 9.000 RPM | 13,5 N.m @ 7.750 RPM (Restrict) |
Transmission |
6 Speed |
Final Drive | Chain |
Front Suspension |
40mm Fourche USD hydraulic forks, 120mm wheel travel |
Rear Suspension |
Monoshock, 110mm wheel travel |
Front Brakes |
Single 300mm disc 4 piston caliper |
Rear Brakes |
Single 180mm disc 2 piston caliper |
Front Tyre |
110/70 -17 |
Rear Tyre |
140/70 -17 |
Dry Weight |
123 kg / 271 lbs |
Fuel Capacity |
13 Litres / 3.4 US gal |
Standing ¼ Mile |
17.1 sec |
Top Speed |
174km/h I134 km/h (restricted) |
Baca Juga :
- Sejarah Dan Spesifikasi Naked Sport Yamaha RXZ 135 Di Indonesia
- Honda MBX 125 2 Stroke Salah Satu Rival Yang Tak Bisa dianggap Enteng
- Sejarah Suzuki Satria 120 Bebek Kencang Yang Jadi idola Remaja Awal Milenium
- Yamaha RZR 135 Pionner Sport Fairing Yang Kini Makin Dicari Penghobi 2Tak
- Honda Nova Dash RS 125 Ayago Kecil-Kecil Cabe Rawit sob!!!!
- Yamaha RD 125 LC 2 Stroke Teknologi Yang Telah Melampaui masanya
- Gilera SP 125 Series Biar Kata Mesin Imut Tenaga Menggila Sob!!!…….
Sama seperti Aprilia RS 125 2 Stroke setelah tahun 2009 Derbi GPR 125 hadir dengan versi 4 tak sobat bikerz, secara tampilan tak banyak berubah yang sangat berubah adalah dari mesin 2 Tak menjadi mesin 4 Tak. Kalo Aprilia aja di Indonesia banyak yang punya karna dibawah naungan Piaggio, apakah Derbi GPR 125 ini pernah ikut masuk juga ke Indonesia ndak ya???….. Secara kan sama-sama dibawah naungan Piaggio, jadi pengen tau aja kira-kira siapa nie Sultan di Indonesia yang piara??….. Tapi kalo liat di situs resmi Derbi sekarang malah lebih banyak main di segment trail dan Trial nie sobat bikerz. terima kasih sudaah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.
Ngganteng…. *koyok aku… ehh…
di iyain aja….. takut kualat ama org tua hehehehehehe….. 😀 #peace
Hahahahaha…..syemb…
heheheheehehe…… 😆
ndelik sik neng pojokan
jadi ingat sohib sepayungnya di grup piaggio: italjet… btw speknya kok kalah sangar dengan Aprilia yang notabene outputnya disebut2 tembus 41dk (wow, setara 4 tak inline-4 250cc) ckckckck….
iya om biasanya restricted jd output power dibatasi