Assalamu’alaikum.

Haaayy……….. Sobat bikerz, setelah kemaren bahas Suzuki RC100 series kini giliran sang penerusnya nie, yang sudah terkenal di jagat road race dan pasar senggol era 90an. Suzuki Crystal merupakan motor bebek yang menjadi pengganti RC100series  yang dirasa sudah kuno. Diluar sana motor ini juga sering disebut dengan nama Suzuki RC110 di Malaysia disebut Suzuki Best. Motor bebek biasanya terkenal sebagai sepeda motor yang irit bensin namun barang tentu pelan larinya. Pada tahun 1990, Indomobil Suzuki berhasil mengubah persepsi ini melalui Suzuki Crystal. Salah satu alasan mengapa motor ini bisa kencang adalah penggunaan mesin 2 tak 110cc yang termasuk paling besar untuk ukuran motor bebek di Indonesia saat itu. Suzuki RC110 adalah generasi ketiga Suzuki RC di Indonesia, setelah RC 80 dan RC100. Diawali dengan peluncuran Suzuki Crystal pada tahun 1990, Suzuki tetap mempertahankan basis mesin RC JetCooled yang dikenal tangguh dan responsif.

Suzuki Crystal mempunyai beberapa pilihan warna di masa awal peluncurannya (1990), seperti : hitam, putih hitam dan putih hijau. Model yang futuristik meninggalkan kesan kuno dibandingkan generasi RC sebelumnya yaitu RC 100 series. Selain penambahan kapasitas mesin (109CC), perubahan yang mencolok yang terdapat pada Suzuki Crystal ini jika dibandingkan dengan Suzuki RC100 dan RC 80 adalah : Rangka jenis baru, pijakan kaki penumpang yang independent (terpisah dari swing arm) dan model cover body yang modern. Dimulai tahun 1992, Suzuki Crystal mengalami penambahan varietas yang baru, yaitu Suzuki Crystal Tune. Suzuki Crystal Tune memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan Suzuki Crystal versi standard, antara lain: warna yang tersedia (merah, hijau, hitam), tutup rantai versi sport, warna pada speedometer, knalpot versi sport ( kolong ), bar step, spuyer, dan blok mesin. Sedangkan persamaan dengan model sebelumnya (RC100) adalah: sistim rem teromol pada kedua roda dan basis mesin.

Secara tampilan, Suzuki Crystal mengusung desain yang ramping, agak lancip, namun tidak terlalu terkesan kaku. Motor ini menggunakan wheelbase yang tidak terlalu panjang untuk memberikan akselerasi spontan dan menawan. Beberapa ubahan yang dilakukan suzuki di Crystal tune ini bisa kita lihat pada bagian knalpot dan penggunaan rem cakram pada bagian depan…..perubahan pada bagian knalpot yang paling terlihat, modelnya jadi lebih sporty seperti yang digunakan di lintasan adu kebut.
Selama masa beredarnya hingga tahun 1995, Suzuki Crystal mengalami perubahan sebanyak dua kali. Pada tahun 1992, sempat hadir versi Suzuki Crystal Tune yang merupakan model spesial dengan beberapa perubahan agar tampak lebih sporty, yang terlihat pada sektor knalpot dengan model racing dan penggunaan penutup rantai dengan model terbuka.
Mesin Suzuki Crystal standard berkapasitas 109cc mengandalkan bore x stroke ukuran 54 x 48mm dan bobotnya yang hanya 84kg mampu menghasilkan 12 PS pada 8500 RPM. Sistem pendingin mesin tetap mengandalkan air-forced cooled (JetCooled —dengan kipas pendingin). Karburator menggunakan mikuni VM16 (kombinasi main jet / pilot jet: 95 dan 22,5 untuk type standard, 90 dan 20 untuk type Tune). Perbandingan Reduksi akhir yang cukup berat (36/14) membuat motor ini mampu mencapai top speed hingga 130 km/jam untuk versi standard, Bahkan versi Crystal Tune disebut bisa menumpahkan tenaga 12,5 PS pada putaran 7.500 rpm dan mampu meraih topspeed hingga 140 km/jam untuk versi Crystal Tune pada kondisi baru pada masa itu.
Berbekal performa yang maksimal, pada saat itu Suzuki Crystal menjadi idaman bagi para biker yang doyan kebut-kebutan. Tercatat beberapa nama pembalap pernah menunggangi Suzuki Crystal ini pada event balap Tanah Air, motor ini pernah digunakan oleh pembalap taun 90an seperti Rafid Poppy, Dadan Nugraha, hingga Asep Hendro.
Selain berjaya di arena balap road race, Suzuki Crystal juga banyak digunakan oleh pembalap di lintasan grasstrack. Hasilnya juga bagus, karena banyak part Special Engine yang bisa diadopsi di motor ini. Dipenghujung masa baktinya, Crystal digantikan oleh Suzuki tornado pada tahun 1994.

Untuk masa sekarang ini Suzuki Crystal masih menjadi incaran para pecinta 2Tak, entah sekedar restorasi mengenang masa muda atau dimodifikasi untuk gasstrack maupun balap. Berikut ini spesifikasi dari Suzuki Crystal sobat bikerz :

Dimensi 1.860 x 1.030 x 650 mm
Berat 82 kg (Standar), 84 kg (Tune)
Bahan Bakar 4,5 liter
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Rectangular Swing Arm
Rem Depan Tromol
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 17-250 4PR
Ban Belakang 17-275 4PR
Tipe Mesin 2-stroke, Jet Cooled, pendingin udara, 109cc
Diameter x Langkah 54 x 48 mm
Daya Maksimum 12 PS @ 7.500 rpm (Standar), 12,5 PS @ 7.500 rpm (Tune)
Torsi Maksimum 12,0 kg.m @ 7.000 rpm (Standar), 12,5 kg.m @ 7.000 rpm (Tune)
Sistem Transmisi 4-speed

Harga seken/second Suzuki Crystal sekarang ini cukup lumayan terjangkau sobat bikerz dari harga satu juta rupiah sampe 8.5 juta untuk keadaan yang sangat istimewa. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Advertisements