Assalamu’alaikum.

Haaaaayyy……….. Sobat Bikerz, Artikel hari ini ngebahas produk baru ya 😉 Mumpung ada pinjaman unit Dari Astra Motor bali. jadi gatel pengen review, mohon maaf sebelumnya kalo review masih ala kadarnya. Unit yang dipinjamkan selama sehari adalah All New Honda Vario 150 Exclusive Matte Silver yang sebelumnya sudah lebih dulu dipinjamkan ke Juragan motoblast untuk direview dan yang akan saya review kali ini adalah konsumsi bahan bakar dan juga riding experience dari All New Honda Vario 150 ini sobat bikerz. karna jarak cukup lumayan belom lagi lalu lintas seputaran Denpasar sampe Badung yang akhir-akhir ini cukup bikin bersabar diri dan berbesar hati karna macetnya bikin mudah emosi apalagi pas hari jumat pagi terus pas di jalan kepezing beeeuuhh……. Dijamin dach hahahahaha…. 😀 😆

Okeee…. All New Honda Vario 150 eSP 2018 saya dapatkan di hari kamis malam setelah Juragan Motoblast kelar review dan akhirnya estafet serah terima kunci terjadi senyum paripurna pun mengembang, bak anak kecil yang dapat maenan baru, tapi abis itu keingatan lagi kalo ini pinjeman jangan sampe kenapa-napa pas dibawa selama sehari. Eiittzzz….. sebelum melangkah lebih jauh saya cuman mengingatkan kalo All New Honda vario ini memilik beberapa fitur canggih, apa aja fitur-fitur tersebut??….

Fitur All New Honda Vario 150

Berikut adalah beberapa fitur dari New Honda Vario 150 ini:

  1. Smart Key System – Teknologi pintar Honda, dimana tidak lagi memerlukan kunci mekanis untuk mengoperasikan kunci stang / menghidupkan mesin. Dilengkapi dengan sistem pendukung pengaman canggih seperti anti thief alarmAnswer Back System untuk memudahkan mencari posisi motor di lokasi parkiran
  2. Dual Keen LED Headlight – Sistem pencahayaan dengan teknologi LED berdesain futuristik yang memberikan image canggih & mewah.
  3. Full digital Panelmeter terbaru dan canggih – Memuat informasi konsumsi bahan bakar, jam digital, speedometer, tripmeter, pergantian oli, smart key, indikator baterai & tegangan aki
  4. ACG Starter yang membuat suara lebih halus pada saat mesin dihidupkan.
  5. All LED Lighting System – Sistem pencahayaan dengan teknologi LED yang memberikan kesan sporty & mewah.
  6. New Sporty Wheel with Bigger Tire – Velg baru dengan desain sporty dan ukuran ban lebih besar semakin aman & nyaman saat bekendara.
  7. Double Inner Rack
  8. Menggunakan teknologi CBS dan ISS
  9. 18 Litre U-Box Helm In – Bagasi serbaguna mampu menyimpan helm full-face maupun barang lainnya.

Karna ini motor udah keuleeuzz keyless alias tanpa kunci sobat bikerz, inget keyless ya….. jangan bingung dimana nyolokin kuncinya, awalnya tekan remote sampe LED berkedip ijo setelah itu kagak bisa langsung maen puter aja, kudu tarik tuas rem sambil pencet stater sampe berbunyi dan kedua lampu sein kerlap kerlip layaknya biduan yang memberikan kerlingan manja baru dech sampean puter itu tuas yang kata orang-orang kayak puteran kompor gas dan untuk mematikannya pun cukup putar knob keyless ke kiri, sampai ke indikator “lock” kemudian tekan kembali tombol Starter, nantinya akan muncul indikator lampu sign tanda telah terkunci. untuk melock system agar koneksi ke remote terputus, atau sampean matikan mesinnya terus tinggalin aja layaknya ninggalin mantan yang ngajak balikan juga ntar ngelock sendiri secara otomatis knobnya cuman ribetnya ente pas mau nyalain mesinnya kudu tekan lagi tuch remote ampe lampunya blink merah kemudian tekan lagi ampe blink ijo dan ulangi seperti saat menyalakan tadi, baru dech bisa diidupin motornya.

Start Awal All New Honda Vario 150 2018

Speedometer All New Honda Vario ini emang sengaja saya biarin aja diangka 150 KM On Going, maklum belom tau cara reset odometer dan ngetest berdasarkan odometer untuk konsumsi bahan bakar per liternya, lanjut melipir ke SPBU terdekat buat ngisi Pertamax walaupun indikator fuel meter  masih penuh, toh mau ngisi dengan metode fuell to fuell. Jiiiaaaahhh….. kelar ngisi Pertamax ternyata alat print outnya rusak terpaksa tulis manual, tapi kok rasanya salah ya itungannya, rapopo sing penting wes full. Pas banget senja sudah menghilang bersama rona jingganya ditambah lalu lintas Sunset Road lagi padat merayap diiringi lantunan lagu Blitzkrieg Bop nya Ramones cukup mengurangi penat di kepala. Rutenya dari Ungasan melewati Sunset Road kemudian simpang Dewa Ruci belok kearah taman pancing lanjut lewat jalan Imam bonjol Kemudian Jalan teuku Umar Barat lalu jalan Cargo Permai yang sekarang berubah jadi jalan mahendradata ( entah sejak kapan ini jalan berubah nama ya??? ) dan terakhir kost-an Sading. Cukup dekat sekali jalan hanya butuh 33 KM untuk sampe tujuan kalo pergi pulang jadi 66KM, malah yang jauh itu menuju rumah mu…. iya kamu…… hahahahaha…… :mrgreen: 😆 😀

Jarak Tempuh Terakhir Sebelum Dikembalikan

Astagaaa….. Sampe Kost Buka Hape ada pesan WA masuk dari juragan motoblast kalo kunci Lapak belom saya kembalikan gegara Sop Kambing Muda nie hehehehehehe….. 😀 , alamat besok kudu berangkat lebih awal dari biasanya plus Hari Jumat. Dimana hari tersebut bagi saya adalah hari paling macet, entah kenapa hari jumat ini orang-orang, terutama mereka yang biasa lebih banyak menghabiskan waktu di jalan seperti anak sekolah yang kerjain PR saat Last Minute jadi tumpek blek jadi satu di jalanan saling kejar setoran, apa karna esok weekend??…..  Maybe Huft!!!….. Ditambah Matahari Jumat selalu panas padahl sudah sedari pagi berangkat harusnya masih adem. Riding Experience diatas All New Honda Vario 150 ini berasa nyaman duduk di sadelnya, kalo bandingin ama supra hentai saya yo jelas beda jauh gaaeezzz keraasss kayak batu hahahahahaha…… 😀 All New Vario 150 ini mudah dan lincah diajak menari-nari diantara rayap dan semut jalanan yang memadati jalanan kota plus proyek pelebaran jalan yang bikin jalanan jadi makin macet parah jumat itu. Karna jalanan yang macet hampir tak bergerak, But… It’s Okay, enak aja naik ini motor malah sengaja saya bawa rada sruntulan dikit macam babang ojol ngejar setoran takut dapat rate 1 bintang, btw…. jangan ditiru ya gaeess, kecuali ente punya nyawa serep atau kepesing darurat :mrgreen: skip….skip….skip….

Lampu LED jarak Jauh
lampu LED jarak Dekat

Ealaaah….. Ampe kelupaan, malemnya sebelum masuk ke gang Kost-an coba test jarak pandang lampu dari All New Honda Vario 150 ini, terlihat berdasarkan foto cukup jauh dan terang menyinari jalan, ingat menyinari jalanan bukan menyinari pengendara lain dari arah berlawanan ya. kemudian test menggunakan lampu LED jarak jauhnya pun juga cukup bagus dan rasanya tidak membuat pengendara dari arah berlawanan silau dengan kemilau sorotan cahaya LED. Ternyata pas liat odometer terlihat kalo indikator full Meter udah berkurang 1 bar saatnya isi ulang dan Alhamdulilah bisa cetak struk pengisian BBM, sengaja ngisi kelar jumatan dan sekarang saatnya ukur seberapa irit ini motor dengan gaya berkendara saya yang sering maen gas rem gas rem bahkan saat dapat jalan yang kosong dengan mudahnya All New Honda Vario 150 menggapai kecepatan diatas 80KM/jam. NOW…… Saatnya uji seberapa iritkah All New Honda Vario 150 ini sobat bikerz, start awal diangka 150 KM setelah sampe tempat kerja ditambah jalan beberapa kilometer di seputaran tempat kerja, odometer menunjukkan angka 231 KM dan saat diisi ulang kembali pertamax membutuhkan 1,5 Liter. Ringkasnya begini alurnya sobat bikerz :

Diisi Pertamax sampe batas Bibir Tangki ya gaeezzz….

1. Isi bensin full, catet kilometernya berapa

2. Jalan sampe berkurang bensinnya, terserah berapa bar abisnya

3. Pas udah berkurang walau 1 atau 2 bar, isi sampe full tank lagi seperti cara 1, minta struk

4. Pas udah isi bensin full, liat berapa kilometer, kurangin KM di tahap ini dengan tahap 1

5. Setelah dikurangi, lalu dibagi dengan bensin yang ada di struk(liter). Lalu di dapat perkiraan jarak tempuh untuk 1 KM

(KM setelah isi full kedua – KM isi full pertama) ÷ berapa liter bensin terisi sampe full yang kedua = berapa kilometer/liter

Struck pengisian BBM tahap kedua
Nota Pengisian BBM tahap awal ( ini cewe petugas SPBU kayaknya terpesona liat saya yang famous se-kecamatan jadi salah nulis 😀 )

Jadiii…… itungan finalnya begini 231 KM – 150 KM = 81 KM ÷ 1,5 Liter = 54 KM. Irit ternyata, dengan riding style saya yang bisa dikatakan mungkin seenak udel masih dapat 54 KM untuk 1 Liter Pertamax. Kirain bakal dapat diangka 40 lebih ternyata bisa tembus sampe segitu, kapasitas tangki yang mampu menyimpan 5,5 Liter ini kalo dikalikan 54 KM/liter dapetnya bisa kurang lebih diangka 297 KM untuk menghabiskan seluruh isi bahan bakar yang ada di tangki hiongga bersih tak tersisa. Sebelum balikin ini motor sempat foto-foto dulu ke Patung Garuda Wisnu kencana yang digadang-gadang akan menjadi patung tertinggi kemudian melipir ke babang cimot alias cuci motor biar bersih saat dikembalikan. Akhirnya perpisahan dengan All New Vario 150 terjadi, sediih???….. kagaklah……. kan udah terlatih patah hati bahwa semua itu hanya titipan, udah dititipin sehari aja senang banget. Terima kasih buat Astra Motor Bali yang sudah mau meminjamkan motor ke saya dan terima kasih pula sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassallamu’alaikum.

Advertisements