Assalamu’alaikum.
Haaaayyy………. Sobat bikerz, Pabrikan yang mulai debut 1913 ini mayoritas buat motor dalam kapasitas kecil kisaran 350cc, dua langkah single silinder. Sejarah mencatat, Garelli lebih banyak berbicara di kancah balap dan memenangkan banyak kejuaraan bergengsi. Ditangan tuner dan desainer sasis jempolan mereka, tercatat beberapa nama pembalap Grand Prix seperti Fausto Bresini, Luca Cadalora dan Angel Nieto banyak memberikan kemenangan balapan pada masa itu. kalo dibaca sepintas bisa salah baca jadi Gilera atau mungkin galeri kali ya hehehehehehe….. 😀 😆 Pada tahun 1961, terjadi penggabungan antara Agrati dan Garelli, dua perusahaan ini bekerja sama dengan erat. Bahkan, Agrati membeli mesin dari Garelli untuk skuternya, sementara Garelli membeli frame dari Agrati frame yang kemudian membuat merek Garelli sangat populer di tahun 60an. Nahaaa… fokus bahasan warung ini adalah sepeda motor 125 CC 2 Stroke dari pabrikan Garelli ini sobat bikerz, Garelli GTA 125 merupakan salah satu dari sekian banyak masterpiece yang pernah dibuat oleh Garelli. Berikut ini akan dibahas lebih lanjut Garelli GTA 125 2 Tak sobat bikerz.
pada awal tahun 80an dengan gairah besar yang menggerakkan Daniele Agrati, diputuskan untuk mengambil langkah memproduksi sepeda motor 125 CC. Garelli TSR 125 lahir pada tahun 1983 kemudian berlanjut di tahun 1986 dengan lahirnya Garelli GTA 125 2 Langkah yang mana mesin Minarelli telah dilengkapi dengan pendingin cairan dan sirkulasi termosipon, teknologi yang telah diadopsi sejak 1977 oleh Zundapp untuk mesin yang dilengkapi pada KS-nya. dan di Laverda LZ. Garelli TSR 125 dan Garelli 125 GTA merupakan kegagalan komersial mengingat persaingan kala itu sudah penuh sesak oleh Aprilia ST, Cagiva SST, Fantic Road dan Laverda LZ yang lebih unggul hampir dalam semua aspek.
Kontrol pada setang diurus dengan baik, yang memiliki keunggulan mengintegrasikan blok, listrik dan pompa rem depan, memberikan Garelli 125 GTA citra modern. instrumentasi sangat baik dengan biru muda latar belakang pada GTA 1987. Kemudian latar belakang oranye yang sama dipasang pada XR enduro dan lengkap dengan speedometer, tachometer, termometer untuk pendingin dan sejumlah besar lampu (dengan latar belakang biru pada GTA 1987). Suspensi melihat bagian depan garpu Marzocchi ukuran 32mm dilengkapi dengan Anti Dive System dan dilengkapi dengan sepasang piringan cakram untuk menghentikan laju roda depan. Pada bagian kaki belakang mengembangkan system soft lever dengan monoshock racikan Marzocchi dan diawal kemunculannya masih menggunakan peranti Drum Brake alias tromol untuk menghentikan laju roda belakang, namun di tahun 1986 dan tahun 1987 perangkat pengereman bagian belakang berganti menjadi Disc Brake. Oleh karena itu, Garelli GTA 125 tidak unggul dalam persaingan terbaik, tetapi juga tidak mengecewakan. Oleh karena itu bukan kebetulan bahwa dari lusinan perakit sepeda motor merek-merek mulia yang menghuni Italia pada tahun 70an, paruh kedua tahun 80an melihat pasar 125 CC 2 Langkah menjadi domain eksklusif Aprilia, Cagiva, Gilera dan Honda Italia.
Pembaruan produksi kecil yang ditujukan untuk meningkatkan kehandalan sepeda motor tersebut, namun pada kenyataannya, mesin dari Garelli 125 TSR dan Garelli GTA 125 juga dipasang pada Aprilia STX, yang disajikan setahun lebih awal dari Garelli. yaapzz…. berbekal mesin dari Hiro ternyata Garelli GTA 125 tak bisa berbicara banyak di pasar Eropa kala itu, yaa…. walaupun rekor penjualannya mencapai lebih dari 100 ribu unit per tahun. Sektor mesin 124.8 CC 2 Langkah pendingin cairan dengan Bore X stroke 52.8 mm x 57mm dan disokong oleh pengabutan sebuah karburator Dell’Orto PBH 28 BS mampu memuntahkan daya kuda sebesar 21.9 HP/16.4KW pada 8700 RPM dengan kompresi 14:1 serta torsi sebesar 19 Nm pada 7250 RPM. Berikut ini spesifikasi lengkapnya sobat bikerz :
Make Model |
Garelli GTA 125 |
Year |
1983 |
Engine |
Two stroke, single cylinder |
Capacity |
124 cc / 7.6 cu in |
Bore x Stroke | 52.8 mm x 57mm |
Compression Ratio | 14.5:1 |
Cooling System | Liquid cooled |
Induction |
Ø28 mm Dell’Orto PHBH AS |
Ignition |
Electronic |
Battery |
12V 5.5 Ah |
Generator |
130W |
Starting |
Kick & electric |
Clutch | Multi-disc oil bath |
Max Power |
16,4 KW / 21,9 hp @ 8700 rpm |
Transmission |
6 Speed |
Final Drive |
Chain |
Frame | Double cradle tubular steel |
Front Suspension |
Marzocchi Ø32mm fork. non-adjustable |
Rear Suspension |
Swingarm with single shock absorber |
Front Brakes |
dual Ø230 mm disc |
Rear Brakes |
Ø160mm drum I single 160 mm disc |
Front Wheel |
2.75-16 |
Rear Wheel |
3.00-18 |
Seat Height | 800 mm / 31.5 in |
Dry Weight |
104 kg / 229 lbs |
Top Speed |
137,7 km/h / 86 mph |
Baca Juga Mas Bro!!!!!
- Gilera RV 125 2 Stroke Sport Turing Modern Dekade 80an Yang Mempesona
- Aprilia STX 125 Sport Turing Yang Terlampau Sejenak Mengaspal Di Era 80an
- Cagiva Aletta Oro S1 125 Jawaban Dari Persaingan Kelas Kadet 125 CC 2 Stroke Dekade 80an
- Sejarah Singkat Hadirnya Laverda GS 125 Lesmo Sport 2 Stroke Asal Italia
- Sejarah Singkat Yamaha L2 Series Motor Tangguh Nan Handal
- Sejarah Dan Spesifikasi Naked Sport Yamaha RXZ 135 Di Indonesia
- Sejarah Suzuki Satria 120 Bebek Kencang Yang Jadi idola Remaja Awal Milenium
Terlacak hasil berselancar dibeberapa situs jual beli online Internasional khususnya di negara Eropa, harga bekas alias second dari Garelli GTA 125 mulai dari range termurah adalah 350 Euro alias sekitar 5.7 juta rupiah hingga 1.700 Euro alias sekitar 28.2 juta rupiah, harga yang beredar bisa lebih murah atau bahkan bisa lebih tinggi tergantung kondisi sepeda motornya juga sobat bikerz. Nampaknya dibeberapa negara Eropa sepeda motor 2 Tak masih memiliki peminat, bahkan ada yang dalam kondisi Collector item. Semoga aja ada Sultan di Indonesia yang mau boyong ini motor hehehehehe…… 😆 😀 Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.
Jambakan rondo
rondo royal tah??
Nahhhh suhu
suhu opo???
suhu panas dingin tah??