Assalamu’alaikum.

Haaayyy……… Sobat bikerz, Setelah laverda menghasilkan eri 125 Lesmo. Laverda 125 Navarro adalah seri selanjutnya setelah laverda GS 125 lesmo, sepeda motor yang diproduksi pada tahun 1990, dimana Laverda Navarro 125 diproduksi oleh “Nuova Moto Laverda”, sebuah koperasi yang pada akhir tahun 80-an mengambil alih manajemen perusahaan Laverda. Hal ini terjadi karna manajemen peusahaan yang kurang baik saat itu, hingga akhirnya pada tahun 1988 merek Laverda kemudian diambil alih oleh koperasi yang dibentuk oleh 70 mantan karyawan yang mencoba menghidupkan merk itu kembali. Selanjutnya pihak Koperasi menanda tangani pejanjian komersil dengan Cagiva  untuk memasok part ke Laverda, diantaranya mesin Cagiva Freccia C12R untuk Laverda Navarro 125 hingga mesin dari 50cc dari enduro 50 Cocis dan K3 untuk Gaucho 50 Untuk produksi baru mereka. kali ini saya akan mengulas tentang Perjalanan Laverda Navarro 125 sebagai sport 2 stroke yang kurang diminati kala itu.

Laverda Navarro 125 dipasarkan dengan harga 5.980.000 lira, harga yang sangat tinggi untuk sebuah sepeda motor dengan berteknologi yang sudah usang. Selain mesin juga memiliki sebagian besar berbagi komponen dengan Cagiva Freccia C12R. Selain hadir dalam livery putih / merah / ungu, Laverda 125 Navarro juga dipasarkan dengan warna hitam dan hijau. Sayangnya bentuk dari Laverda 125 Navarro ini kurang diterima oleh remaja 16 tahunan kala itu, sehingga kurang mendapatkan tempat di hati mereka. penjualan laverda Paling gemilang adalah seri laverda LZ 125, dimana setengah lebih penduduk Italia saat itu pasti memiliki sepeda motor ini.

Jamel Mecheri tidak diragukan lagi dalam menciptakan garis lembut pada sekujur bodi Laverda 125 Navarro, jauh berbeda dengan trend yang berkembang dimasa itu. fairingnya penuh menutupi sekujur bodi Laverda 125 Navarro dan hampir menutup semua sasis depan yang terlihat mungil. tangki aslinya terbuat dari bahan plastik yang ditutup dengan kondom tangki yang berbahan dasar sama. Walaupun berbahan dasar plastik namun kualitas materialnya lebih baik dibandingkan bahan fairing pabrikan lainnya. komponen Cagiva yang ikut tergabung dalam Laverda 125 Navarro ini ada mesin seglundung beserta pengapiannya kemudian kemudi depan mulai dari stang hingga garpu depan menggunakan komponen milik Cagiva, selanjutnya instrumensasi pada bagian speedometer tampil dengan futuristik lengkap dengan tanggal.

Sasis dari Laverda Navarro 125 ini menggunakan bahan baja berbentuk persegi dengan tipe Diamond Tube Frame. Hal ini dilakukan untuk dapat mengakomodasi mesin baru. Suspensi depan menggunakan sepasang garpu merk Marzoccchi berukuran 35 mm dan di bagian belakang lengan ayun baja lengan tunggal yang dikombinasikan dengan shock absorber tunggal yang diperbarui dengan link tambahan atau pro link. Sistem pengereman Pada Navarro ini sama dengan Cagiva C12R dan di bagian depan terpasang sebuah cakram berukuran 298 mm yang dilayani oleh kaliper piston ganda dan di bgian belakang menggunakan sebuah piringan cakram tunggal berukuran 240 mm yangdilayani oleh sebuah kaliper piston tunggal yang dipasang di bawah cakram itu sendiri. Velgnya yang berongga juga sama dengan yang digunakan pada Cagiva C12R dan mengadopsi ban Pirelli dengan ukuran berikut: 100 / 80-16 di depan dan 130 / 70-17 di bagian belakang.

Sekarang kita masuk ke sektor jantung Pacu sebagai penggerak utama pada sepeda motor ini sobat bikerz, Karna Laverda 125 navaro ini berbagi mesin dengan Cagiva C12R maka tentunya menggunakan katup CTS yang dikontrol secara elektronik dan gearbox 7 percepatan. Mesinnya sendiri bersilinder tunggal dengan 124 CC 2 langkah dengan Bore X Stroke berukuran 64 x 51mm dan kompresinya 14 : 1 tentu sangat tinggi untuk sepeda motor 2 Tak dan pastinya membutuhkan Octan yang tinggi pula agar pembakaran menjadi maksimal. kapasitas tangkinya terbilang cukup besar hingga mampu memuat 14 liter bahan bakar. Disupport oleh sebuah Karburator tunggal merk Dell’Orto mampu memuntahkan tenaga sebesar 29,33 hp pada 10500 RPM, tapi ada juga yang mengklaim tenaganya hanya 23 hp / 16.8 kW @ 9200 rpm, dan didukung dengan transmisi 7 percepatan mampu melesat hingga 158 km / jam, namun sayangnya kontrol aerodinamikanya terbilang buruk  untuk sebuah sepeda motor 2 Stroke dengan tenaga sebesar itu. Berikut ini saya berikan spesifikasi lengkapnbya buat sobat bikerz sekalian :

Make Model

Laverda 125 Navarro

Year

1990

Engine

Two stroke, single cylinder

Capacity

124 cc / 7.6 cu-in
Bore x Stroke 64 x 51mm
Cooling System Liquid cooled
Compression Ratio 14.0:1

Induction

Dell’Orto premix carburetor

Ignition 

CDI
Starting Kick

Max Power

23 hp / 16.8 kW @ 9200 rpm I 29,33 hp @ 10500 RPM

Transmission  /  Drive

7 Speed 
Final Drive Chain

Front Suspension

Telescopic forks

Rear Suspension

Alloy swing arm, single shock with adjustable damping.

Front Brakes

2x 260mm discs 2 piston calipers

Rear Brakes

Single 160mm drum

Front Tyre

100/80-16

Rear Tyre

130/70-17

Dry Weight

129 kg / 284 lbs

Fuel Capacity 

14 Litres / 3.7 US gal

Artikel Menarik Lainnya Gaaeezzz!!!!………

Melihat Pangsa pasar motor 2 Tak yang kembali bergairah, tentu berimbas pada berburuan motor-motor 2 Langkah yang dulu pernah melenggang di jalanan. Entah sekedar hobi mengkoleksi atau hanya sekedar mengenang kembali masa muda yang bergelora. Cukup suliit juga mencari harga bekas dari Laverda Navarro 125 ini, beruntung setelah ngubek-ubek mbah Google akhirnya nemu ada yang jual ini motor dengan harga 2.200 Euro dan itu pun dengan sistem lelang, maka sudah barang pasti si penawar tertinggi menjadi pemilik sah dari motor ini. Jika dikonversikan ke dalam mata uang rupiah saja sudah sebesar 36 juta. Harga yang terbilang cukup tinggi untuk sebuah sepeda motor 2 Stroke. Oke sobat bikerz, terima kasih sudah meluangkan waktunya mampir kemari. Semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Advertisements