Assalamu’alaikum.

Haaaaayyyyyyyy…… Sobat bikerz, Kali ini kita bahas sedikit tentang apa itu yang biasa disebut dengan Carbon Kevlar atau Kevlar dan Carbon Fiber karna masih aja ada beberapa yang bingung dengan kedua nama ini sobat bikerz. Saya sendiri juga bingung hehehehehe…. 😆 😀 Ampe mrongoozzz cari infonya, mohon dibantu kalo ada kekurangannya. Diawali dengan Carbon fiber cukup terkenal dengan motifnya hitam kotak-kotak, Carbon fiber pada dasarnya adalah  benang karbon yang sangat tipis, bahkan lebih tipis daripada rambut manusia. Carbon fiber tersusun oleh atom karbon yang terikat bersama untuk membentuk rantai yang panjang. Benang Carbon fiber bisa diputar bersama-sama seperti benang dan benang dapat dijalin bersama seperti kain. Jika Anda ingin membuat suatu benda dari carbon fiber, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat cetakan dari benda tersebut, kemudian dilapisi dengan resin.

karbon fiber jauh lebih ringan daripada fiberglass. Carbon Fiber juga jauh lebih kaku dari fiberglass (bedakan kekuatan dengan kekakuan), hal inilah yang membuat bahan karbon fiber sangat menarik dalam dunia desain engineering. Sayangnya, bahan karbon fiber ini relatif lebih mahal daripada fiberglass di pasaran, sehingga penggunaanya terbatas pada komponen-komponen tertentu seperti komponen pesawat, mobil sport, sepeda balap, raket, komponen drone dan lain-lain. Alasan jarang digunakanya karbon fiber pada dunia perkapalan bukanlah alasan biaya saja, namun kekakuan karbon fiber membuatnya mudah patah pada kondisi beban-beban kejut seperti hantaman ombak. Karbon fiber biasanya hanya digunakan untuk pembuatan perahu kano kecil yang ringan.

Carbon fiber mulai dikembangkan pada tahun 1950-an sebagai penguat komponen plastic di rudal pada temperature tinggi. Fiber pertama yang yang diproduksi dengan pemanasan sampai mereka terkarbonisasi. Proses ini tidak efisien karena fiber yang dihasilkan hanya 20% carbon dan memiliki kekuatan dan kekakuan yang rendah. Pada awal 1960-an, prosesnya dikembangkan menggunakan polyacrylonitrile sebagai bahan baku. Hal ini menghasilkan carbon fiber yang berisi 55% karbon dan memiliki sifat yang lebih baik. Selama tahun 1970-an, eksperimental carbon fiber terus berlanjut hingga mendapatkan bahan baku petroleum pitch dari proses pengolahan minyak bumi. Fiber tersebut berisi carbon sekitar 85% dan memiliki kekuatan lentur yang sangat baik. Sayangnya, mereka terbatas pada kekuatan kompresi yang tidak bisa diaplikasikan. Hari ini, carbon fiber merupakan bagian penting dari banyak produk dan aplikasi baru sedang dikembangkan setiap tahunnya. Amerika Serikat, Jepang dan Eropa Barat adalah produsen terkemuka carbon fiber. Pada saat ini, Bahan baku yang digunakan untuk membuat carbon fiber adalah precursor yang mempunyai kandungan 90% polyacrylonitrile dan 10% petroleum pitch. Semua bahan-bahan tersebut adalah polimer organic yang ditandai oleh benang panjang dimana molekulnya terikat secara bersama oleh atom carbon.

Oke….. selanjutnya akan kita bahas sedikit tentang apa itu Kevlar sobat bikerz. Pada tahun 1965 2 ilmuan Stephanie Kwolek dan Herbert Blades telah melakukan riset yang menghasilkan serat fiber yang luar biasa kuat, ringan dan fleksibel dalam penggunaan. Perusahaan tempat mereka melakukan riset adalah DuPont dan technology fiber tersebut dikenal sebagai Kevlar®. Karena Kevlar sangat fleksibel atau dapat digunakan dalam berbagai dimensi barang-barang, maka penggunaan kevlar menjadi sangat populer. Dimulai pada awal 1970-an kevlar pun diproduksi untuk banyak lapisan kebutuhan industri didunia. Diantara industri yang menggunakannya adalah Industri Otomotif yang kerap menggunakannya baik dipiranti keselamatan maupun part otomotif itu sendiri juga industri Dunia Luar angkasa dan didunia olahraga sampai sarung tangan oven didapur ikut2an pake kevlar. Dan untuk kebutuhan Militer kevlar juga banyak digunakan dari mulai rompi anti peluru kendaraan perang, pesawat dan helikopter sampe silencer senapan menggunakannya.

Jadi yang biasa disebut Kevlar itu bahan utamanya adalah Aramid, sedangkan Carbon Fiber bahan utamanya yaitu carbon atau graphitic dan amorphous C, karna kevlar itu merupakan merk dagang sobat bikerz dan bahannya Aramid…. Ingat Bahan Kevlar itu Aramid. Secara prosesnya pun berbeda ya sobat bikerz, kalo Carbon Fiber serat (biasanya berbentuk kain lembaran HITAM) Carbonnya lebih sering dilapisi Glass resin untuk estetika, sedangkan Carbon Kevlar bahan utamanya Aramid Prosesnya pun dengan menumpuk-numpuk lapisan Aramid sesuai yang dikehendaki, contohnya pada Rompi Anti peluru berbahan Kevlar/Aramid biasanya sampe sangat banyak lapisan. Aramid adalah akronim dari kata aromatic polyamide. Aramid memiliki struktur yang kuat, alot (tough), memiliki sifat peredam yang bagus (vibration damping), tahan terhadap asam (acid) dan basa (leach), selain itu dapat menahan panas hingga 370°C, sehingga tidak mudah terbakar. Produk yang dipasarkan dikenal dengan nama Kevlar. Kevlar memiliki berat yang ringan, tapi 5 kali lebih kuat dibandingkan besi, akan tetapi jika dibandingkan dengan Carbon fiber maka masih lebih ringan dari Kevlar.

Baca Juga :

Kevlar kini digunakan di berbagai macam produk Serat itu sendiri yang memiliki gaya tarik tinggi, sehingga sangat diperlukan sekali untuk material komposit. Ada tiga macam Kevlar yang digunakan dalam bahan komposit. Kevlar 29 memiliki kekuatan untuk serupa serat kaca dengan berat yang lebih rendah, Kevlar 49 dan Kevlar 149 dapat digunakan untuk mengurangi berat bahkan lebih. Mengapa Kevlar tidak digunakan di seluruh bahan komposit? Karna penggunaan serat Kevlar dalam komposit adalah bahan yang lebih mahal dibandingkan dengan serat lainnya seperti kaca. Contoh lainnya bagi awam seperti saya ini untuk Carbon Fiber pada silincer sepeda motor biasanya kalo Carbon Fiber maka akan terlihat serat Karbonnya dilapisi Fiber dan ada juga yang dilapisi Glass agar lebih menarik, namun ada juga yang ditumpuk-tumpuk hingga padat layaknya besi kalo diketuk akan bunyi tingtingting. Kemudian Kevlar atau Aramid biasanya berwarna kuning, dicetak sesuai bentuk yang akan dibuat dan berlapis-lapis hingga mencapai batas yang ditentukan, misalnya pada rompi anti peluru, sarung tangan, baju keselamatan tahan api. Sedangkan Carbon Fiber adalah serat carbon fiber yang dibentuk layaknya sebuah kain dan hanya berwarna HITAM , akan tetapi banyak juga yang sudah dibentuk sesuai keinginan.

Jika melihat secara kasat mata tidak ada perbedaan antara Carbon Fiber dengan Aramid/kevlar saat masih berbentuk lembaran, namun secara fungsi akan berbeda. Kemudian Perbedaan selanjutnya adalah carbon fiber itu warnanya murni HITAM, tidak ada warna lain.
sedangkan kevlar itu perpaduan anyaman antara serat carbon dan serat aramid. biasanya berwarna kuning, hitam dan biru, hitam dan orange atau hitam dan merah. Kevlar lebih kerennya adalah carbon kevlar hybrid fabric adalah jenis kain yang terdiri dari paduan anyaman serat carbon dan serat aramid. menghasilkan kombinasi warna yang unik dan enak dipandang. karena serat aramid dapat diwarnai tanpa merusak sifat/tekstur aslinya. Kalo yang warnanya putih (white carbon fiber) jelas bukan carbon fiber. Tapi serat fiberglass yg dicoating silver. Cara berikutnya untuk membedakannya hanya serat carbon fiber asli yang tahan dibakar di atas kompor. sisanya bakal meleleh.

Di Pasaran banyak sekali beredar Carbon Fiber berwarna-warni dan bikin orang awam bingung membedakan ini Carbon Kevlar atau Carbon Fiber, Karna Pada dasarnya Carbon Fiber Hanya HITAM saja sedangkan yang orang awam lihat berwarna itu bisa saja Aramid fiber, ataupun mungkin glass fiber/fiberglass yg diberi powder coating. bisa berwarna: merah, hijau, kuning, biru, gold, silver, maupun hitam. fiberglass yang diwarnai ini seringkali kita jumpai di pasaran dengan nama coloured carbon fiber, terutama yang silver carbon fiber. Sedangkan fiberglass yang berwarna hitam, kelihatan 80% sama seperti carbon fiber.

Well….. Monggo bagi para suhu yang lebih paham bisa bantu menambahkan di kolom komentar, asli mumet kie cak…. hehehehehehe….. 😆 Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz. Semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements