Haaaaayyy……. Sobat Bikerz, Kalo diartikel sebelumnya Warung ini sempat bahas Gilera SP 125 Series. Maka kali ini akan ngebahas seri tertinggi dari Gilera ini sobat bikerz. Diperkenalkan pertama kali diajang Bologna Motorshow pada November 1992 dan dipasarkan pada awal bulan tahun 1993, Gilera GFR 125 2 Tak dengan kode nama 167. Dimana GFR merupakan singkatan Gilera For Racing. Untuk Membedakan Seri SP dengan GFR maka Gilera memberikan Penomoran chassis dimulai dengan 167 * 03 **** dan untuk mesin dengan 166 * 03 ****, yang seperti biasa untuk Gilera tidak mengikuti penomoran yang sama. Gilera GFR 125 disajikan dalam dua warna termasuk “Replica” yang mengembalikan livery resmi 250 oleh Alessandro Gramigni. Terus terang, pewarnaan Replica mengambil sedikit warna yang sudah digunakan oleh Aprilia. Menurut beberapa fakta, Gilera menghasilkan total (untuk seluruh dunia) 431 spesimen Replica GFR dan hanya 96 spesimen dari GFR High Tech.
melihat garis desainnya gilera GFR 125 ini lebih baik daripada seri sebelumnya plus tambahan MonoArm dibagian belakang yang makin menambah kesan eksotisme balap. Sedanglan pada suspensi depan dipercayakan pada Upside Down 40 mm plus double Disc brake sebagai penghenti laju ban depan sobat bikerz. Gilera GFR 125 ini hadir menjadi rival berat bagi Aprilia 125 RS dan Cagiva Mito. GFR Replica, SP dan R 125 memiliki poros yang sama dan batang penghubung yang sama. Namun, tiang GFR memiliki massa roda gila yang lebih ringan, berdiameter lebih besar 2 mm dan lebih sempit dari tebal 2,5 mm. Gilera GFR 125 2 Langkah ini lebih ringan sekitar 150 gram dari seri, KZ, KK, MX dan SP, sehingga memastikan perpanjangan yang lebih besar dalam kecepatan lebih baik dari SP sebelumnya. Kemudian Rancang bangun mesin yang didesain ulang dan Sistem pendingin baru yang mampu membantu meningkatkan performa dan kinerja mesin.
Area dapur pacu pun tak banyak mengalami ubahan, bahkan bila disandingkan dengan seri Gilera SP 125 output powernya lebih besar yang seri SP. Buktinya Gilera GFR 125 2 Langkah ini dengan mesin 125 CC 2 Stroke, berpendingin cairan dengan rasio kompresi 12.5 : 1, hanya mampu memberikan daya kuda sebesar 31.4 hp / 23.4 kW @ 11300 rpm dan Torsi uncak sebesar 18 Nm / 13.2 lb-ft @ 10250 rpm. Bandingkan dengan seri SP yang mampu memberikan 35 HP @ 10600 RPM.Untuk sepeda motor berkubikasi 125 CC Gilera GFR 125 ini memiliki berat kosong 140 KG dan kapasitas tangki bahan bakarnya mampu menampung 13 liter dengan estimasi konsumsi bahan bakarnya hanya 17 KM : 1 Liter, wuiiiihhh….. boros juga nie motor ya hehehehehe……. 😀 Seperti biasa warung ini sajikan spesifikasi lengkap dari Gilera GFR 125 sobat bikerz :
Make Model |
Gilera GFR 125SP |
Year |
1993 |
Two stroke, single cylinder, | |
Capacity |
125 cc / 7.6 cu-in |
Bore x Stroke | 56 x 50.5 mm |
Cooling System | Liquid cooled |
Compression Ratio | 12.5:1 |
Induction |
Dell’Orto VHSA 34ES carburetor |
Ignition / Starting |
Electronic |
Max Power |
31.4 hp / 23.4 kW @ 11300 rpm |
Max Torque |
18 Nm / 13.2 lb-ft @ 10250 rpm |
Transmission |
6 Speed |
Final Drive | Chain |
Front Suspension |
40mm Upside-down forks |
Front Wheel Travel | 130 mm / 5.1 in |
Rear Suspension |
Boge single shock |
Rear Wheel Travel | 130 mm / 5.1 in |
Front Brakes |
2x 300mm discs 2 piston calipers |
Rear Brakes |
Single 240mm disc 2 piston caliper |
Front Tyre |
110/70-17 |
Rear Tyre |
150/60-17 |
Wet Weight |
140 kg / 308 lbs |
Fuel Capacity |
13 Litres / 3.9 US gal |
Consumption average |
17.3 km/lit |
Baca Juga :
- Si Kencang Kawasaki KR 1 S Yang Tak Bisa Dianggap Remeh
- Generasi Yamaha Alfa Yang Digandrungi Kawula Muda Indonesia Tahun 90an
- Sekilas Tentang Yamaha RZV500R Race Replika GP500 Dari Pabrikan Yamaha
- Suzuki Rg 500 Salah Satu Race Replika Yang Benar-Benar Mengaspal di Jalanan Umum
- Yamaha Tiara S 120 Ayago Eksotis Yang kini Jadi Buruan Collector 2Tak Indonesia
- Sejarah Suzuki Satria 120 Bebek Kencang Yang Jadi idola Remaja Awal Milenium
- Yamaha RZR 135 Pionner Sport Fairing Yang Kini Makin Dicari Penghobi 2Tak
- Suzuki RC 100 Series Pesaing Berat Yamaha Alfa Series Di Era Bebek 2Tak Indonesia
Gilera GFR 125 2 Tak ini merupakan seri terakhir yang kala itu dijual dengan harga mencapai 6.40.000 Lire, tentu sepeda motor bemesin 2 Stroke ini saat sekarang menjadi incaran para kolektor an para penyuka kecepatan. Kira-kira kalo Indonesia gimana ya???…… walaupun tidak masuk dalam market penjualan Gilera, tapi mungkin saja ada Sultan yang piara??…..Karna pada masa sekarang ini Gilera lebih terkenal dengan penjualan Skutiknya dibawah naungan Piaggio, well terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.
Finishing area mesin, sangat rapih jaliii…..cocok nggo ngetrel, pap 😀
Konsumsi BBM PCX 150 >> http://potretbikers.com/2018/04/07/konsumsi-bahan-bakar-all-new-honda-pcx-150-kondisi-terboros-dan-paling-irit-ala-sruntuler/
ojooo ngko reget Pap
Rapopo,dikumbah
nyuci martil lak an