Assalamu’alaikum.

Haaaayyy…… Sobat bikerz, Cagiva sebagai salah satu rival dari Laverda pun juga memiliki beberapa varian kelas kadet 125 CC 2 Tak dan yang akan dibahas di warung ini adalah salah satu varian Cagiva yang bisa dikatakan head to head dengan Laverda GS 125 Lesmo. Kalo sobat bikerz nyimak diartikel sebelumnya ada tuch beberapa varian merk motor asal Italia yang bersaing cukup ketat di kelas Kadet ini, apalagi saat itu sepeda motor Race Replica sedang digandrungi oleh para kawula muda. Disajikan di Bologna Motor Show pada bulan Desember 1984 sebagai GP 125 S dan dipasarkan segera setelah itu sebagai Cagiva Aletta Oro S1, banderol harga pada tahun 1985 adalah 3.979.100 Lire Turkey dan satu-satunya warna yang tersedia adalah abu-abu merah / metalik yang elegan dipadukan sepasang velg berwarna hitam dengan profil aluminium satin.

Cagiva Aletta Oro S1 2 Stroke dibedakan oleh nomor model 8M dan dengan kode homologasi OM DGM 51829 dan rekor penjualannya di tahun 1985 adalah menjual sebanyak 2861 unit sepeda motor. Saat sobat bikerz duduk diatas pelana Cagiva Aletta Oro S1 ini maka, panel instrument Veglia Borletti memanjakan mata, memiliki penampilan yang rapi, lengkap dan jelas dapat dibaca bahkan di malam hari. Peralatan ini sangat lengkap dan di samping speedometer (bahkan dengan skala dalam mil), tachometer, air termometer dan baterai besar lampu, juga menawarkan yang pertama dari indikator digital dari gigi dan pengukur cahaya tingkat bahan bakar. Kontrol listrik adalah CEV klasik dan dibuat dengan baik pada periode tersebut. Di sisi kanan lambung tepatnya pas dibawah stang setir sisi kanan sobat bikerz akan menemukan ada tutup yang memungkinkan akses ke tutup radiator dan tangki untuk oli samping selanjutnya tepat di bagian belakang di bawah jok motor, ada ruang kompartemen praktis untuk benda-benda.

Di bagian depan Cagiva Aletta Oro S1 2 Langkah sobat bikerz akan menemukan suspensi teleskopik Marzocchi 35mm dengan perangkat yang dapat disetel pada tiga posisi, sementara di bagian belakang menggunakan sistem peredam kejut Marzocchi tunggal yang dapat disesuaikan dengan sistem tuas yang dikombinasikan dengan swingarm baja. Sistem pengereman pada bagian depan menggunakan Brembo warna Gold dilengkapi dengan sepasang cakram 220mm yang dilayani oleh kaliper single piston dan di bagian belakang menggunakan disk brake ukuran yang sama tapi hanya single disk ukuran 220mm single piston. Selanjutnya Velg ringan tiga-spoke memiliki dimensi: 90/100 × 16 di depan dan 100/90 × 18 di bagian belakang. Kemudian untuk framenya sendiri menggunakan tipe Tubular duplex cradle.

masuk ke bagian mesin dari Cagiva Aletta Oro S1 2 Langkah  (disebut 8M) adalah terkait dengan mesin spesialis WMX (mesin motor cross ) yang diperkenalkan pada tahun 1983 dengan WSXT Red Fin akan tetapi berbeda komponen. Namun, Cagiva Aletta Oro S1 adalah unit daya yang tidak memberikan banyak solusi teknis, lihat saja pada kenyataannya tidak memiliki katup buang, anti-getaran dan poros starter listrik. Sirkulasi cairan pendingin berlangsung melalui pompa dan mixer otomatis, sesuai tradisi Cagiva. Silinder diidentifikasi dengan  kode 46589 yang dicetak pada sisi kiri yang sama dan dikenali oleh pada seri berikutnya terpasang di Aletta Oro S2. Menggunakan Bore X Stroke 56 x 50.6 mm dan kompresi mesin 10.9:1 plus pengabutan mengandalkan sebuah karburator Dell’Orto 28 PHBH BD mampu memberikan daya kuda sebesar 23.6 hp / 18 kW @ 9100 rpm dan Torsi sebesar 15,9 Nm / 1.8 kgf-m @ 8000 rpm, Sedangkan untuk performa, Cagiva Aletta Oro S1 125 meskipun ternyata kekuatan roda maksimum hanya mampu menembus 21,01 hp pada 8.750 rpm dan kecepatan maksimum mencapai 139.700 km / jam. Berikut ini spesifikasi lengkap dari Cagiva Aletta Oro S1 2 Tak sobat bikerz :

 

Make Model

Cagiva Aletta Oro S1 125

Year

1985

Engine

Single cylinder. Two Stroke

Capacity

125 cc / 7.6 cu-in
Bore x Stroke 56 x 50.6 mm
Compression Ratio 10.9:1

Induction

Single  28 Dell’Orto PHBH BD

Ignition 

Electronic 
Starting Kick

Max Power

23.6 hp / 18 kW @ 9100 rpm

Max Torque

15,9 Nm / 1.8 kgf-m @ 8000 rpm
Clutch Multi-disc oil bath

Transmission 

6 Speed 
Final Drive Chain
Frame Tubular duplex cradle

Front Suspension

Telescopic Marzocchi 35mm 3 step pre load

Rear Suspension

Alloy single Marzocchi  shock soft damp

Front Brakes

2x 220mm discs

Rear Brakes

Single 220mm disc

Front Tyre

90/90 -16

Rear Tyre

100/90 -18
Dimensions Length 2055 mm / 80.9 in
Width  695 mm / 27.3 in
Wheelbase 1380 mm / 54.3 in
Seat Height 795 mm / 31.2 in

Dry Weight

124 kg / 271 lbs

Fuel Capacity 

18 Litres / 4.7 US gal

 

TOP Artikel Gaeezzz!!!……

Yapzzz…… terlepas dari beberapa minus yang ditimbulkan pada Cagiva Aletta Oro S1, dimana diatas 7000rpm getaran mesin akan sangat terasa dan berpengaruh pada handling berkendara apalagi saat digeber dalam kecepatan tinggi, kemudian tidak memiliki katup buang, anti-getaran dan poros starter listrik. tetap saja bagi para kolektor diluar sana Cagiva Aletta Oro S1 2 Langkah ini masih menjadi incaran, baik itu sekedar nostalgia maupun koleksi garasi, posisi turingnya pun masih masuk kategori nyaman untuk berkendara jarak jauh. Harga bekasnya saat ini termurahnya malah cuman 800 Euro sampe dengan 1200 Euro saja sobat bikerz. Okee…. Sekian dulu sobat bikerz, terima kasih sudah meluangkan waktunya mampir kemari, seomga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Advertisements