Assalamu’alaikum.

Haaaaayyy…… Sobat bikerz, Tahukah kalian pada saat masa kejayaan Kenny Roberts Sr. Bersama Yamaha YZR500, Pabrikan berlogo Garputala ini pernah memiliki ide yang fantastis yaitu dengan mengangkat tema Racing 2 Stroke pada Motor Versi Jalanannya. Setelah melalui beberapa tahapan agar sesuai dengan peruntukannya, Akhirnya Pihak Yamaha memutuskan untuk membuat secara massal beberapa Motor yang sekarang kita kenal dengan nama Yamaha RD500 (RZ500dan Yamaha RZV500R. Seri Yamaha RZV500R merupakan seri tertinggi pabrikan Yamaha yang sengaja diciptakan untuk memenuhi hasrat para speed junkie dan juga pencinta balapan GP500 kala itu. Massa edarnya pun hanya dari tahun 1984 sampe dengan tahun 1986, Namun sayangnya seri Yamaha RZV500R 2 Tak ini hanya beredar di pasar Domestik jepang saja alias JDM. Padahal seri ini merupakan penyempurna dari Yamaha RD500/RZ500.

Okee…. Lanjut dari sisi desain nie sobat bikerz, kalo sampean lhat amati dn resapi maka cinta yang bertepuk sebelah tangan itu perih kawan akan terlihat sekali kalo Yamaha RZV500R 2 Langkah ini kental banget aura sepeda motor balap tahun 80an yan pernah mengantarkan Giacomo Agostini, Kenny Roberts Sr. , Eddie Lawson dan Wayne Rainey menggapai Juara Dunia kelas Premier saat itu yaitu GP500. Apalagi Yamaha RZV500R 2 Langkah ini hadir pula dengan balutan warna yang identik dengan Motor balap Yamaha tersebut. masuk ke bagian kaki depan, sepasang suspensi teleskopik yang sudah dibekali Peredam Udara yang nama kerennya Air-Assisted, mengawal Dual Hydraulic Disc Brake plus ban Berukuran Gambot yang ternyata memiliki diameter 16 inchi. kemudian pada sisi belakang sebuah suspensi Monoshock, spring preload and rebound damping dipadukan karet bundar ukuran 18 inchi plus seperangkat pengereman cakram Single 245mm disc  2 piston calliper menjadi penghenti laju ban belakang.

Bagaimana dengan bagian mesinnya??….. Oke saat melongok ke bagian dalam fairingnya, Maka kita akan menemui sosok Mesin 2 Tak, berpendingin cairan dengan konfigurasi V-4 Engine yang unik nie sob. Karna ternyata mesin dari Yamaha RZV500R ini memiliki 2 Kruk-As (Crankshaft) yang digabungkan menggunakan Gear-Train, jadi tidak menggunakan 1 kruk As layaknya motor balap lainnya jadi mirip ama mesinnya Suzuki RG500 nie jadinya. Dengan ukuran Bore X Stroke 56.4 x 50 mm yang tentunya masih dikalikan 4 harusnya mampu menghasilkan Daya kuda lebih besar dari 88 HP @ 9.500 RPM namun lagi-lagi sangat disayangkan Restricted power emang jadi momok tersendiri nie sob. bayangin aja yang dibatasi bukan hanya Otak pengapiannya saja alias CDI, Tapi juga menyeluruh hingga melakukan redesain ulang Knalpot, kemudian Jetting Karburator, bahkan hingga ke Setting ulang YPVS yang akhirnya pun hanya menghasilkan output power sebesar 64 HP @ 8.500 RPM, jangan salah walaupun powernya cuman segitu tapi masih bisa tembus 240an KM/jam untuk kecepatan puncaknya. Berikut ini spesifikasi lengkapnya sobat bikerz :

Make Model

Yamaha RD 500LC / RZV500 / RZ 500

Year

1984

Engine

Two stroke, 50°-V4 cylinder, reed valve.

Capacity

499 cc / 30.3 cu-in
Bore x Stroke 56.4 x 50 mm
Cooling System Liquid cooled
Compression Ratio 6.6 :1

Induction

4x 26mm Mikuni carburetors
Ignition Digital CDI
Spark Plug NGK, BR9HS

Starting

Kick

Max Power

88 hp / 63.9 kW @ 9500 rpm

Max Torque

6.57 Nm / 6.9 kgf-m @ 8500 rpm
Clutch Wet, multiple discs, cable operated

Transmission 

6 Speed 
Final Drive Chain
Gear Ratio 1st 2.250 2nd 1.685 3rd 1.363 4th 1.166 5th 1.043 6th 0.960
Frame Steel twin downtube

Front Suspension

37mm Air assisted telescopic forks, 4-way spring preload adjustable and anti-dive variable.
Front Wheel Travel 140 mm / 5.5 in

Rear Suspension

Monoshock, spring preload and rebound damping,
Rear Wheel Travel 120 mm / 4.7 in

Front Brakes

2x 267mm discs 2 piston calipers

Rear Brakes

Single 245mm disc  2 piston calliper

Front Tyre

120/80 V16 +

Rear Tyre

130/80 V18
Dimensions Length 2085 mm / 82.1 in
Width 705 mm /27.7 in
Height 1145 mm /45.0 in
Wheelbase 1375 mm / 54.1 in
Seat Height 780 mm /  30.7 in

Dry Weight

180 kg /  437.8 lbs
Wet Weight 198.6 kg / 436.5 lbs

Fuel Capacity

22 Litres / 5.8 gal

Consumption Average

27.5 mpg

Standing ¼ Mile  

11.7 sec / 117.7 mph

Top Speed

148 mph / 238 km/h

Baca Juga :

Walaupun Yamaha RZV500R ini hadir hanya untuk pasar domestik Jepang, tetap aja banyak banget peminat dari luar negara tersebut yang memasukkan motor tersebut ke negara mereka, padahal kalo lihat dari sisi ouput power maka Yamaha RZV500R ini masih kalah jauh dengan Suzuki RG500 yang tembus 95 HP @ 9500 RPM. kalo buat maniak motor apalagi udah kesengsem banget mah ndak mikirin segala kekurangan yang ada yang penting dipikirannya harus ada nie motor di Garasi. Well…. Kira-kira di Indonesia ada yang punya ndak ya??…… heheheheehe…. 😀 😀 oke sobat bikerz, terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements