Assalamu’alaikum.

Haaaaayyy………. Sobat bikers, Aprilia sebagai salah satu produsen sepeda motor eropa yang aktiv dalam peta persaingan bisnis sepeda motor, terutama di kelas mesin 2 langkah. setelah sebelumnya sukses dengan Aprilia AF1 50, kali ini tongkat esfaet dari Aprilia ini diteruskan kepada APrilia AF1 50 Futura. Aprilia AF1 Futura 50 disajikan pada bulan Maret 1990 pada saat yang sama dengan Aprilia AF1 125 Futura, yang menurut tradisi Aprilia hadirnya praktis identik dalam bentuk dan warna yang dipilih, jadi bisa dikatakan bagai pinang dibelah dua dan hanya besaran CC saja yang membedakan, selain itu bisa dikatak kalo Aprilia AF1 50 Futura ini merupakan motor 50CC yang sudah menggunakan single arm, eeedyaaaan…….. motor cc sekecil itu aja udah pake single arm gaeezz…. Oiya sedikit perbedaan dari segi tampilan antara Aprilia AF1 50 Futura dengan yang 125 adalah hadirnya Warna yang awalnya tersedia praktis identik dengan 125 dan yang membedakan hanya dalam warna merah yang berbeda (cenderung oranye). Sedangkan dari sektor kaki-kaki sobat bikerz bisa liat pada Suspensi depan masih menggunakan Teleskopik untuk Aprilia AF1 50 Futura, sedangkan untuk Aprilia AF1 125 Futura suspensi depan telah menggunakan Upside Down. Kemudian letak posisi MonoArm atau ProArmnya juga berbeda, dimana seri Aprilia AF1 50 Futura layaknya motor jepang berada disisi sebelah kiri, sedangkan Aprilia AF1 125 Futura berada disebelah kanan untuk gear penggerak roda belakang.

Menyinggung sisi fairing dari Aprilia AF1 50 Futura ini, tampak terlihat jelas guratan sisipan warna hijau dalam bayangan yang mengingatkan pada warna hijau yang digunakan untuk AF1 125 Sport Synthesis pada area lambung dan fairingnya bercorak tegas warna ungu. Selama tahun 1990an warna seri kedua jelas lebih hidup dan dicirikan dengan balutan sekujur tubuh berwarna ungu yang indah untuk semua superstruktur disertai dengan kuning cerah untuk kubah atau head fairingnya. Aprilia AF1 50 Futura dijual pada tahun 1990 dengan banderol harga 4.080.000 Lire.

Dibandingkan dengan seri Aprilia AF1 sebelumnya, Aprilia AF1 50 Futura mengadopsi perubahan sebagai berikut:

  • Rangka dengan kemiringan yang berbeda dan tidak seperti pada AF1 sebelumnya.
  • kemudi dan setang berbeda dari AF1 ’89 dengan yang terakhir berlabuh di bawah dan tidak di atas pelat atau Segitiga atas alias underyoke.
  • kalibrasi yang lebih kaku dan rigid.
  • Bagian ban meningkat dari 80/90 ke 90/90 depan dan 100/80 belakang untuk 110/80 yang berbalut roda 5-spoke baru dengan desain berbentuk bintang, yang juga mengalami peningkatan lebar velg dari 2,75 “menjadi 3” depan dan dari 3,25 “ke ukuran 3.5” di bagian belakang, sementara diameter yang sama seperti yang sebelumnya, yaitu ring 16 “depan dan 17” di bagian belakang.
  • mesin tetap dikenal dengan seri Minarelli RV3 seperti pada Aprilia AF1 sebelumnya.
  • Knalpotnya belum pernah terjadi sebelumnya dan mengadopsi silincer aluminium baru.
  • Transmisi akhir dipersingkat dengan mengadopsi ukuran gigi 43 menggantikan ukuran 40 dari seri replika AF1.

Aprilia AF1 50 Futura 2 Stroke edisi 1991 disajikan pada bulan Maret hadir dengan banyak pembaharuan, melanjutkan perubahan yasng diadopsi pada Aprilia AF1 125. Futura ’91 demikian sepeda motor ini praktis menawarkan sesuatu yang baru dari model sebelumnya dan masih terus mempertahankan kesamaan tertentu dalam garis desain, namun perbedaan tingkat teknis banyak terjadi. Aprilia AF1 50 Futura tetap diproduksi sampai kedatangan Aprilia RS Extrema 50 pada tahun 1993 yang hadir dengan variasi dari satu tahun ke tahun lainnya hanya dalam warna yang diusulkan.

Versi pertama dari Aprilia AF1 50 Futura 1991 memiliki grafis yang tenang dan, anggun seperti biasa ciri khas nya Aprilia menggabungkan warna-warna khusus seperti perak dan ungu ke biru dan hitam dari lingkaran. Pada awal musim panas ‘juga debut versi Reggiani Replica sebagai bahwa untuk 125 berpose dengan perak biru merah-ungu dan grafis pada tangki bergaris hitam dan putih (kemudian diulang pada beberapa Replica berturut-turut). Pada musim dingin tahun 1991 datang warna yang lebih memukau hadir dengan balutan warna putih-merah-oranye dan ungu, dan pada musim semi 1992 datang versi replika, sangat mirip dengan 1991 tetapi dengan putih bukan perak abu-abu dan sentuhan hijau, mungkin sebagai penghormatan kepada AF1 Replica 1989. Harga yang ditawarklan pada Aprilia AF1 50 Futura pada tahun 1992 adalah 4.250.000 Lire Turkey.

Pada tingkat teknis perbedaan dengan seri Aprilia AF1 50 Futura sebelumnya banyak terjadi perubahan, namun beberapa akan kita bahas disini. Pertama-tama, sasis memiliki jarak sumbu roda yang lebih pendek 2 cm dibandingkan dengan versi sebelumnya untuk memberikan kemampuan manuver yang lebih besar berkat tabung kemudi dengan kemiringan yang berbeda. Tempat duduk baru dan sekarang memiliki penutup kompartemen alat yang lebih panjang dan lebih ramping serta tambahan dua lagi intake udara samping dan desain yang lebih agresif terletak di grille belakang berfungsi mensimulasikan ventilasi udara dari soket samping yang diposisikan pada lampu belakang layaknya pada Honda NR Piston Oval disajikan hanya tahun itu. Berkat modifikasi ini, sepeda motor ini jadi lebih pendek 5 cm dan bahkan pelana atau joknya lebih rendah dari 1 cm dari seri sebelumnya.

Hal baru yang nyata dan menjadi ciri dari Aprilia AF1 50 Futura ’91 adalah mesin Minarelli AM 3/4/5 yang baru dan ringkas (selalu hadir dengan tiga rasio untuk pasar Italia). Seperti kita ketahui  mesin RV3 milik Aprilia AF1 50 Futura tahun 1991 sayangnya masih disertai oleh getaran tinggi saat putaran tinggi, cacat yang hadir sejak 1990. Namun mesin Minarelli AM 3/4/5 adalah mesin 50 cc dengan penggerak anti-getaran sehingga tenaga yang dihasilkan oleh mesin menjadi lebih baik pada semua kecepatan. Aspek yang terakhir tidak boleh dianggap remeh di awal 90-an ketika konverter katalitik dua langkah pertama akan memulai debut mereka di pasar (Aprilia Pegaso 125 adalah yang pertama dalam pengertian ini). Mesin Minarelli AM3 pada saat itu dapat diubah menjadi AM5 hanya membeli kit khusus dari Pertunjukan Top yang baru saja mengubah gearbox menjadi 5 rasio. Namun, tidak mungkin untuk mengubah AM3 menjadi AM6, karena untuk memasang roda gigi keenam ( diubah menjadi transmisi 6 percepatan) perlu bekerja secara internal. Sebuah opsi yang selalu memungkinkan, tetapi pasti mahal. Berikut ini spesifikasinya sobat bikerz :

Make Model

Aprilia AF1 50 Futura

Year

1990 – 1991

Engine

Two stroke, single cylinder AM3

Capacity

49,7 CC
Bore x Stroke 40,3 x 39 mm
Compression Ratio 12:1
Cooling System Liquid cooled

Induction

Dell’Orto carburetor, SHA 14/12

Ignition

Electronic

Starting

Electric

Max Power

5.4kW / 7.3BHP pada 6500 rpm
Wheelbase 1310 mm

Transmission

4 Speed I 3 Speed

Final Drive

Chain

Front Suspension

Telescopic fork, Ø 30 mm

Front Wheel Travel

120 mm / 4.7 in

Rear Suspension

Aprilia progressive mono shock system

Rear Wheel Travel

120 mm / 4.7 in

Front Brakes

Single Ø 290 mm disc, 4 piston caliper

Rear Brakes

Single Ø 220mm disc, 2 piston caliper

Front Tyre

90/90-16

Rear Tyre

100/80-17

Seat Height

680 mm

Dry Weight

89 kg

Spark Plugs

NGK B8ES

Fuel Capacity

12,2 Litre

Carburation Idle Jet

 50

Carburation Main Jet

 75

Two Stroke Oil

 10w40

Wet Weight

 121 kg

Top Speed

90 KM/H
Colours Red/Black/white

Yang Lagi Trending Gaaaeezzzz!!!!!……

Di masa sekarang ini untuk mencari sparepart Aprilia AF1 50 Futura 2 Stroke baik itu dalam kondisi baru maupun bekasnya bisa dikatakan cukup mudah, hanya perlu mengunjungi situs jual beli online Internasional maka kalian akan menemukannya. Bahkan tak sedikit pula yang jual Unitnya secara utuh dan dalam Mint Condition, tentu hal ini juga berimbas pada harga jual yang ditawarkan. Kisaran Rata-rata terendah untuk Aprilia AF1 50 Futura ini dibanderol dengan harga 1.400 Euro bahkan bisa diatas itu tergantung pada kondisi motornya, terutama bagian mesin dan lainnya. Semoga aja ada Sultan 2 Stroke di Indonesia yang mau boyong ini motor hehehehehehe……. 😀 😆 bayangin aja 50 CC 2 Tak tapi sudah monoarm alias Proarm, emang dach pabrikan sekelas Aprilia ini selalu menghadirkan sepeda motor yang tak hanya kencang akan tapi juga fashionable. Okeee…… Sobat bikerz, terims kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements