Assalamu’alaikum.

Haaayyyy…….. Sobat bikerz, Yamaha termasuk pabrikan yang cukup banyak menelurkan motor 2Tak terutama kelas sport, Bagi mereka yang pernah merasakan kejayaan motor era 90-an pasti kenal dengan Yamaha RX-Z. Motor berkapasitas 135 cc yang menjadi saudara si ‘motor jambret’ RX-King ini memang menjadi raja dikelasnya pada masa itu. Motor ini pertama kali meluncur di Indonesia pada akhir tahun 80-an yang menargetkan pasar konsumen untuk pecinta motor sport. Mengusung mesin yang hampir sama dengan Yamaha RX-King, RXZ hanya berbeda dari segi konsep dengan RX-King yang lebih condong ke motor touring ala naked bike. Yamaha RXZ 135 merupakan sepeda motor legendaris yang tidak bisa dilupakan oleh biker Indonesia. Pada masanya motor ini menjadi salah satu motor populer, dan performanya sangat disegani. Saat itu saingannya adalah kawasaki AR 125 & Suzuki RGR 150 (era 1987-1994). Walaupun RXZ 135 mengusung teknologi mesin tahun 80-an, tapi kenyataannya motor ini sanggup bersanding dengan kawasaki ninja 150 yang notabene mengusung teknologi mesin mutakhir.

Lahir pada tahun 1985 di bekali dengan mesin 5 speed, pada tahun 1986 warna berubah di tambah cover engine dan bentuk knalpot yang baru. Pada tahun 1987 bentuk masih sama dengan yang 1986 namun ada perubahan warna, kemudian sekitar tahun 1990 Yamaha mengeluarkan RXZ dengan 6 speed, hampir bersamaan dengan keluarnya Yamaha RZR. Selanjutnya pada tahun 1993-1996 bentuk masih sama namun ada perbedaan di warna saja. Kemudian pada tahun 1998 bentuknya masih sama memasuki era milenium 2000 motor ini tampil dengan perpaduan warna yang semakin menarik. Naaah……pada tahun 2004 motor ini pertama kalinya memakai catalizer yakni untuk mengurangi emisi gas buangnya dipakai hingga tahun 2008 dan pada tahun 2009 memakai catalizer baru setelah itu tidak dilanjutkan lagi teknology 2 tak ini. Sedangkan di pasar Indonesia sendiri Yamaha RXZ 135 terhenti pada tahun 1999 yang kemudian diteruskan oleh Yamaha TZM 150 , tapi ada juga yang menyebutkan versi terakhir adalah tahun 2004 dan sudah dilengkapi Catalyzer untuk menekan emisi gas buang pada knalpot.

Secara desain motor RXZ, memang tampak sekali ciri motor sport yang tercermin dari bentuk batok headlamp, sirip cover bawah mesin, knalpot, serta buritan belakang yang tajam khas motor-motor kencang. Selain itu, Yamaha RXZ juga sudah menggunakan setang jepit yang membuat posisi berkendara menjadi agak merunduk, memberi kesan motor balap bagi pengendaranya, bisa dibilang sebagai versi naked dari Yamaha RZR 135.

Untuk sektor mesin, Yamaha RXZ mengusung mesin 2-tak 135cc. Perbedaan yang sebenarnya diantara kedua sepeda motor ini terletak pada bore dan stroke 56 & 54mm, sementara RX-King memakai diameter 58 dan 50mm. Jadi sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika RX-King dikenal bengis diputaan bawah, maka RX-Z didesain untuk melaju diputaran atas yang cocok untuk kondisi trek panjang sobat bikerz. Sektor dapur pacu Yamaha RXZ 135 ini mampu menghasilkan power hingga 21hp pada putaran 8.500rpm, ditunjang oleh pengabutan tipe karburator konvensional merk Mikuni VM26. Yamaha RXZ 135 tahun 2004 sudah dilengkapi Catalyzer sehingga berhasil mendapatkan sertifikat EURO 2 dan sayangya power turun jadi 20hp, namun nampaknya untuk versi Catalyzer apabila pernah hadir di Indonesia bisa jadi YMKI menyedikan atau mungkin yang memasukkan hanya importir umum saja???…. Masih soal dapur pacu, teknologi Yamaha Lubricant Computerized System alias YLCS merupakan teknologi muktahir Yamaha yang sematkan pada RXZ. Teknologi ini memungkinan pembakaran, pasokan udara, serta campuran oli samping menjadi lebih sempurna. Berikut ini Spesifikasi dari Yamaha RXZ 135 sobat bikerz:

Tipe Mesin 2-stroke, air-cooled, forward-inclined single cylinder
Silinder 133cc
Diameter x Langkah 56 x 54 mm
Rasio Kompresi 7 : 1
Daya Maksimum 15 kW (20 PS) @ 8.500 rpm
Torsi Maksimum 18,1 Nm @ 7.500 rpm
Maksimum 150 km per jam
Transmisi 6-speed return
Tipe Rangka Underbone Steel Tube
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Dual Shock
Rem Depan Disc Brake, Single Piston
Rem Belakang Drum Brake
Berat Kosong 106 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 13 liter

Sedangkan untuk urusan sparepart Yamaha RXZ 135 ini sempat nemu di linimasa sosial media yaitu facebook kurang lebih segini harga sparepartnya sobat bikerz:

Berikut List Parts RX-Z RZR yang masih di Suplly oleh Yamaha Indonesia sampai sekarang…
1. Head Cylinder 55K Japan
2. Crankshaft assy (krug as komplit) 55K Japan
3. Cylinder Body (Block) 55G Y-1 sampai Y-4 Japan
4. Cover RXZ (alumunium peredam pada block) 55K Japan
5. Balancer Weight Gear Comp. (Gigi Balancer) 55K Japan
6. Piston Ring Sett (Ring Piston) 3BS Japan all oversize
7. Piston 3RS (IZUMI)
8. Connecting Rod Assy (setang seher) 55K japan
9. Oil Pump Assy (Pompa oli samping) 55K Japan
10. Shaft Worm (gigi nanas pompa oli samping) 55K Japan
11. Chamber, Air (Tabung Yeis) 55K Japan
12.Joint Carburetor (Karet manifold) 31K Japan
13. Pipe Intake Manifold (Pipa sambunga manifold ke tabung Yeis) 55K Japan
14. Reed Valve Assy (membran komplit) 3BS Japan RXZ,Y125Z
15. Reed Valve (Lidah membran) 3BS Japan RXZ,Y125Z
16. Stopper Reed Valve (Stop’an Lidah membran) Japan
17. Carburator Assy 55K Japan
18. Valve Throttle (Skep karbu) japan
19. Spring throttle Valve (Per skep) Japan
20. Throttle Screw set(Baut settingan Stasioner karbu) Japan
21. Air Screw set (Setelan udara) J.
22. Needle Valve (Rumah Jarum pelampung)
23. Case air cleaner (box filter) 55K J.
24. Cap, Cleaner Case (tutup box filter) 55K J.
25. Joint Air cleaner (Karet filter) 55K J
26. Needle set (Jarum skep) 55K
27. Protector Muffler (pelindung knalpot)
28. Gear Kick (gigi selah) 55K J.
29. Kick Axle assy (pedal slah) 55K J
30. Gear primary Drive (Gigi primer) J.
31. Primary Driven Gear Comp.(Gigi sekunder) J.
32. Plat Friction (Plat kpoling) 3XP
33. Kampas kopling
34. Rod, push (As stut kopling)
35. Axle drive (as gear depan) 55K J.
36. Housing tachometer gear (rumah gear rpm besi)
37. Shift Shaft assy (as vers.) 55K J. RXZ, TZM
38. Arm shift (pedal vers.only) 55K J.
39. Rod shift (as sambungan pedal vers.)
40. Tank Oil (tempat oli samping)
41. Body Cap (tutup oli samping)
42. Cover seat (sarung jok) 55K J.
43. Front footrest assy (step depan) 55K J. PL 285.000
44. Front footrest assy (R.H) PL 290.000 55K J.
45. Stopper kik Crank (Stopan pedal slah) 55 J.
46. Coil lighting (Spul lampu) 295.000
47. Spedometer assy (RXZ, RZR 94) 780.000 3XL Y-1
48. Lens taillight (mika stop) 95.000
49. Coil Charge (spul pengisian) 37A 320.000
50. Rotor assy (magnet) 55K J. 776.000
51. Rotor assy Y125Z 1.250.000
52. Base assy (spull assy) 55K J. 1.450.000
53. Coil pulser 55K J. 225.000
54. Sender unit assy (Pelampung Tangki ) 55K J. 450.000
55. Gasket cylinder head 15.000
56. Kick crank assy (pedal slah) 3RS 245.000
57.pedal shift assy (pedal vers. Complit) 3RS 320.000
58. Cover shift pedal (karet pedal vers) 15.000
59. Frame comp. Rangka komplit (RXZ 3RSA 95) 1.950.000
60. Cover side 1 polos RZR,RXZ (cover body kiri) 3RS 95.000
61. Cover side 2 Polos (C.B Kanan) 95.000
62. Front Fork Rx-king th. 2000 (shock depan comp. Tanpa segitiga atas) 1.750.000
63. Inner tube comp. (sulingan shock depan comp.) 350.000
64. Seal dust (seal pelindung debu shock depan) 30.000
65. Seat lock assy (kunci jok komplit) 250.000
66. Hub. Rear (Tromol belakang) 250.000
67. Grip R/L (handpad) 15.000
68, Rear view mirror assy RZR (spion RZR) 120.000
69. Cable clutch 60.000
70. Shaft main stand (as standar tengah) 80.000
71. Pedal brake (pedal rem) 140.000
72. Rear footrest assy (step blkg komp.) 3RS 95.000
73. Band batterry (karet pengikat aki) 15.000
74. Main switch steering lock (k. kontak) 250.000
75. Tachometer cable assy (40.000)
76. Front stop switch assy (switch rem dpn) 30. 000
77. Bulb Headlihgt (bohlam depan) 30.000
78.CDI Unit Assy 195.000
79. Front fender comp. (spakbor depan) 120.000
80. Rear fender (spakbor blk) 90.000
81. Guard Mud RXZ (spakbor kolong) 55K J. 370.000
82. Box Battery (tempat aki) 95.000
83. Element air cleaner (busa filter) 60.000
84. Bosh clutch (boss kopling) J. 300.000
85. Plate pressure (tutup rumah kopling) 225.000
86. Gear drive (gigi rpm plastik) 90.000
87. Shaft pivot (as arm) 60.000
88. Case chain (tutup rante) 70.000
89. Bearing cylindercal (Laher bambu swing arm kiri) 120.000
90. Bearing Cylindercal (laher bambu swing arm kanan) 90.000
91. Seal Guard (karet bantalan rante) 55K J. 250.000

Naaahhh…… Sedangkan untuk urusan sparepart, saya sudah ngubek-ubek mbah google belom nemu nie untuk subtitusi sparepartnya sobat bikerz, tapi terlihat untuk sparepart orinya masih cukup berlimpah di pasar Indonesia. Jadi nampaknya bagi yang pengen meninang dan restorasi sang RXZ 135 masih lebih mudah dibandingkan 2Tak lainnya. Kali aja ada sobat bikerz yang lebih paham dengan subtitusi sparepart Yamaha RXZ 135 ini mohon kerjasamanya ya…. Harga pasarannya pun masih terbilang tinggi sobat bikerz berkisar antara 4 juta hingga 18 jutaan bahkan bisa lebih tergantung dari kondisi motor itu sendiri. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.