Assalamu’alaikum.

Haaaayyy………. Sobat bikerz, Dari kemarin bahas moped 2 Stroke Eropa mulu ya. kali ini mau bahas pabrikan Sepeda motor asal negeri sakura Jepang yang juga ikut meramaikan kelas 50 CC 2 Tak. Salah satu yang akan kita bahas hari ini adalah Yamaha TZR 50 sobat bikerz, moped bikinan Yamaha yang bahkan dibeberapa negara bagian sampe sekarang masih diproduksi dan dijual CMIIW….. Yamaha TZR adalah salah satu yang terbesar dan paling mahal moped di pasar. Desain TZR adalah saudara yang lebih kecil dari Yamaha R1 dan R6, yang dapat ditemukan pada garis desain sepeda motor tersebut. Varian TZR identik dengan mesin 2 langkah. Di luar negeri banyak sekali sepeda motor berkapasitas mesin hanya 50 cc yang sengaja dibuat untuk mereka yang baru belajar motor (pemula). Motor-motor ber-cc imut ini rata2 juga mempunyai ukuran diameter roda yang imut juga antara 10 hingga 12 inch seperti pada Honda NSR50 atau Yamaha TZM50, kecuali Aprilia RS90 dan Yamaha TZR 50 yang menggunakan lingkar roda roda berdiameter 17 inch.

Pabrikan motor Jepang Yamaha dikenal masyarakat umum karena mesin balapnya yang cepat dan sporty. Namun, hanya sedikit orang yang tahu bahwa moped Yamaha juga dapat ditemukan di pasar. bahasan hari ini adalah Yamaha TZR 50 yang secara resmi telah ditawarkan sejak tahun 2003 untuk pasar global sebagai alternatif penuh untuk mesin olahraga kelas R, sedangkan di jepang sana hadir juga versi Race track use only dan JDM (Japan domestic Market) yang sering disebut dengan Yamaha TZR 50 Super fifty, merupakan versi khusus yang hanya mengaspal di jalanan kota Jepang pada tahun 1989 sampe tahun 1995 dan karna banyak nya permintaan di negara lain kala itu maka banyak yang masuk secara abu-abu. Dalam hal desain dan gaya, para insinyur di Yamaha menciptakan mesin ini dengan sempurna untuk orang yang menginginkan tampilan motor balap yang tangguh, tetapi belum memiliki lisensi sepeda motor. Bingkai alias Frame Yamaha TZR 50 sama dengan saudara besarnya, TZR 125 dan TZR 250. Juga dalam hal kekuatan dan stabilitas, jadi dapat dipastikan kalo Yamaha TZR 50 pasti tidak kalah dengan mesin motor jepang lainnya di kelas yang sama. Secara Desain Yamaha TZR 50 ini mengambil garis besar R series, bahkan jika diperhatikan malah mirip Yamaha R1 atau yamaha R6 versi mini dan yang membedakan sadel atau joknya belom Split Seat alias terpisah layaknya motorpsort, namun masih tandem alias menyatu, Sasis deltabox dipadu suspensi depan telescopic dan monoshock di roda belakang. Peleknya sudah tapak lebar dengan desain palang serupa Yamaha YZF R125. Ukuran bannya pun istimewa, depan 110/80-17 dan belakang 130/70-17. Berikut ini spesifikasi dari Yamaha TZR 50 2 Tak sobat bikerz :

Model: Yamaha TZR50
Category: Sport
Engine and transmission
Displacement: 49.00 ccm (2.99 cubic inches)
Engine type: Single cylinder, two stroke
Power: 1.74 HP (1.3 kW)) @ 5500 RPM
Torque: 2.58 Nm (0.3 kgf-m or 1.9 ft.lbs) @ 5500 RPM
Compression: 11.5:1
Bore x stroke: 40.3 x 39.0 mm (1.6 x 1.5 inches)
Fuel system: Carburettor
Fuel control:
Ignition: Electronic (CDI)
Lubrication system: Separate lubrication
Cooling system: Liquid
Gearbox: 5-speed I 6-speed
Transmission type,
final drive: Chain
Chassis, suspension, brakes and wheels
Front suspension: Telescopic fork
Rear suspension: Swingarm
Front tyre dimensions: 100/80-H17
Rear tyre dimensions: 130/70-H17
Front brakes: Single disc
Front brakes diameter: 280 mm (11.0 inches)
Rear brakes: Single disc
Rear brakes diameter: 220 mm (8.7 inches)
Physical measures and capacities
Dry weight: 113.0 kg (249.1 pounds)
Power/weight ratio: 0.0154 HP/kg
Overall height: 1,105 mm (43.5 inches)
Overall length: 2,202 mm (86.7 inches)
Wheelbase: 1,341 mm (52.8 inches)
Fuel capacity: 13.80 litres (3.65 gallons)

baca Juga Gaeezzzz!!!!!……..

Berbekal mesin silinder tunggal 49 CC  2 langkah berpendingin cairan, umumnya Gilardoni 2 yang terpasang langsung dari pabrikan dengan ukuran Bore X Stroke: 40.3 x 39.0 mm hanya mampu berlari hingga 45 Km/Jam saja. Why???…… Maklum sobat bikerz, pembatasan daya dan kecepatan bagi mereka yang baru turun di kelas moped merupakan salah satu aturan yang berlaku di beberapa negara bagian terutama Benua Eropa. Yamaha TZR50 dilengkapi dengan salah satu panel instrumen LCD paling canggih yang terlihat pada sepeda motor 50 cc. Layar backlight yang komprehensif termasuk speedometer digital dengan tachometer jenis analog, dan desain canggih juga termasuk data pada tingkat bahan bakar dan konsumsi bahan bakar, serta jarak dan jarak tempuh meter merupakan salah satu keunggulan sepeda motor ini saat sobat bikerz duduk diatas joknya dan menatap kearah kokpit kemudi. oiyaaa…. paket Bore Up untuk Yamaha TZR 50 ini banyak tersedia di situs jual beli online Internasional plus perangkat pembuang emisi alias knalpot bikinan dari Giannelli Race dan Yasuni R1 atau HEBO Racing mampu memudahkan si pemilik kendaraan mencapai kecepatan 90 hingga 140 Km/Jam. Kalo Di Indonesia kira-kira ada ndak om yamaha TZR 50 ini???……… Menurut penerawang saya kemungkinan besar ada Sultan yang punya hehehehehe…… 😆 😀 Oke sobat bikerz terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, sekian dulu artikel ringan kali ini, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements