Assalamu’alaikum.

Haaaayy……… Sobat bikerz, setelah kemarin ngebahas tentang standarisasi oli samping untuk motor 2 Tak kesayangan kalian. Kini giliran kita bahas ten tang bagaimana memilih oli samping yang tepat dan juga beberapa daftar merk oli samping sesuai dengan standarisasinya. Memilih Oli samping Terbaik Untuk Mesin Motor 2 Tak Sebenarnya Cukup Mudah karena kita hanya perlu mengamati Beberapa Faktor dan Standar kualitas Oli itu Sendiri. Langkah Paling mudah adalah Menyamakan Standard oli samping Dengan Standard yang diberikan Oleh Pabrik Sepeda Motor Kita. Pemilihan oli samping yg tepat dengan kondisi motor dan cuaca akan sangat mempengaruhi usia dan kondisi mesin. Nah Kalau Pengin Mendapatkan Handling dan Tarikan Yang Baik Silakan Ikuti Panduan Bagaimana Cara Memilih Oli samping yang baik Untuk Motor anda berikut ini sobat bikerz :

  1. Pastikan Anda tahu Standard Kualitas Minimal Oli dari Pabrik Untuk Motor anda
  2. Pahami Spesifikasi Oli Samping Terbaik Untuk Motor anda. Silakan Baca Lagi Di Halaman Awal Tentang Spesifikasi Oli dari Seluruh Dunia
  3. Sesuaikan Dengan Pemakaian Anda. Kalau Misalkan MOtor anda Harian Silakan Pakai oli motor yang memang diperuntukkan memang untuk pemakaian Harian. Kalau Untuk Balapan Silakan Pakai Oli samping Motor 2 Tak Yang racing.
  4. Jangan Mencampur 2 Atau Lebih Oli samping dalam 1 Motor. Mengapa kita tidak Disarankan Untuk Mencampur 2 merk Oli samping ?  Hal ini dikarenakan tiak Produsen memiliki standard berbeda dan Memiliki lapisan Film yang berbeda beda.
  5. Untuk Pemakaian harian Lebih Baik Pakai Oli samping Sintetik karena Kalau Pakai Yang Full Sintetik Maka Akan berpengaruh Pada Kualitas Mesin Dalam Jangka Panjang
  6. Perhatikan Bahan Pembuatan dasar Oli Samping Motor 2 tak anda. Ada 3 jenis Bahan untuk membuat Oli ini yaitu Bahan air, Bahan Semi sintetik dan Bahan Full sintetik. Untuk Pemakaian Normal Oli samping berbahan Semi sintetik sudah Cukup Baik Namun Kalau misalkan Anda Pecinta Kualitas dan Ingin mendapatkan Tarikan Yang Mantap Untuk racing silakan Pakai Oli Yang Full Sintetik

Selain itu, sobat bikerz juga harus perhatikan pula jenis sepeda motor 2 Stroke kalian perlunya oli samping jenis apa??…. Secara ada 3 Jenis oli samping untuk motor 2 Stroke kalian dan berikut ini saya coba jabarkan untuk kalian :

  1. Mineral Oil, yaitu oli motor atau pun oli samping yang dihasilkan dari pengolahan minyak bumi / alam.
  2. Semi synthetic oil (synthetic blends) yaitu oli yang dihasilkan berdasarkan pada campuran antara mineral oil dan tidak lebih dari 30% synthetic oil.
  3. Fully synthetic oil, yaitu suatu jenis oli buatan (dikembangkan oleh Insinyur Jerman pada tahun 1940-an), dimana oli ini sanggup melindungi mesin pada suhu yang extrem baik dingin ataupun panas!!!!….. Proses pembuatannya sendiri menggunakan Fischer-Tropsch Process, yaitu melakukan katalisasi reaksi kimia, dimana merubah dari carbon monoksida dan hydrogen menjadi liquid hydrocarbons.

Melihat dari ketiga jenis oli samping tersebut ada baiknya memilih yang Full Sintetik karna usia mesin jadi lebih panjang atau dapat pula minimal menggunakan oli samping yang berjenis semi sintetik. Kemudian hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah cara mengetahui kualitas oli samping apakah bagus atau tidak??…. Cara Pertama bisa dengan menuangkan oli samping tersebut ke sendok makan dan kemudian dipanasi dengan api pada bagian bawah sendoknya hingga semua oli yang berada di sendok habis terbakar. Nanti akan terlihat seberapa banyak deposit kerak yang tersisa. Makin sedikit deposit kerak yang tersisa maka, makin baik pula pembakarannya diruang bakar.

Cara berikutnya adalah Siapkan botol berukuran cukup besar yang bening (ukuran 1 liter atau lebih). Campurlah oli samping dengan bensin dalam botol tersebut. Perbandingannya 1:40 (satu liter bensin dengan 40 cc oli samping). Tapi, kalau tidak ada botol yang besar, bisa juga mengurangi perbandingannya. Misalnya setengah liter bensin dengan 20 cc oli. Kemudian kocoklah sampai oli dan bensin tercampur sempurna. Setelah itu, simpanlah di tempat yang aman selama 24 jam. Jauhkan dari jangkauan anak. Besoknya, kalau campuran tersebut berubah warna menjadi orange juice, berarti kualitas oli tersebut tidak bagus. Oli yang bagus akan tetap tercampur sempurna dengan bensin. Yang hijau tetap hijau, begitu pun yang berwarna merah. Sebaliknya, kalau campuran oli dan bensin warnanya berubah, itu menandakan oli tak bisa bercampur dengan baik dan hanya mengendap di dasar botol. Jika tes membuktikan oli berkualitas jelek, sebaiknya jangan dipakai. Karena selain daya lumasnya kurang, juga bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin motor.

Jika sobat bikerz masih pada bingung, untuk standard minimal motor harian Sebaiknya Pakai Oli samping yang berstandard JASO : FC , ISO – L- EGC Atau API – TC namun Kalau sobaty bikerz punya uang lebig ya monggo silakan pakai yang berstandard : JASO : FC, ISO – L- EGD Atau pakai Oli berstandard API-TD. berikut ini saya akan urutkan daftar oli samping sesuai dengan jenis dan standarisasinya, jika ada yang kurang. Mohon bantuannya untuk menambahkan di kolom komentar :

1. Oli Samping Motor 2 Tak berbahan Mineral

  • AGIP 2T JASO FB
  • Castrol GO! 2T JASO FB
  • Evalube 2T API TB
  • Shell Advance SX JASO FB
  • Total 2T Special API TC JASO FB

2. Oli samping Motor 2 Tak Berbahan Semi Synthetic

  • Oli Idemitsu Extreme Semi Synthetic JASO FC
  • Oli Kawasaki Genuine Oil 2T Semi Sinthetic JASO FC
  • Oli Motul 510 Technosynthese JASO FD
  • Oli Nixol 2TRX Semi Synthetic JASO FC
  • Oli Petronas Sprinta 2T 4000 Synthetic Blend JASO FC
  • Oli Scorpion Biker 2T Smokless Perfumed Semi Synt API TC
  • Oli Shell Advance VSX JASO FC
  • Oli SPC 2T Special Super Perfumed API TC
  • Oli SPC 2T Alpha Super Perfumed JASO FC
  • Oli SPC 2T-S Perfumed JASO FC
  • Oli Total 2T Grandprix API TC
  • Oli Total 2T Racing API TC
  • Oli Valvoline 2T API TC
  • Oli AGIP City 2T JASO FC
  • Oli AGIP 2T F1 Semi Synthetic JASO FC
  • Oli ARAL 2T Basic Energy JASO FC
  • Oli Castrol Activ 2T Low Smoke JASO FC
  • Oli ELF IndoOil CX800 2T Smokeless Perfumed Semi Synt JASO FC
  • Oli ELF 2T Moto Sport SP Semi Synthetic JASO FC
  • Oli Eneos 2T City Semi Synt JASO FC
  • Oli Fuchs Comp-2 Injector JASO FC
  • Oli Gulf Power Trac 2T JASO FC
  • Oli Idemitsu Racing 2T Semi Synthetic JASO FC

3. Jenis Oli samping berbahan Synthetic

  • AGIP 2T Speed Full Synthetic JASO FC
  • Bardahl 2T Synthetic JASO FC
  • Castrol Power 1 JASO FD
  • Gasoli 2T Super Sporty G1000 API TC
  • Motul 710 100% Synthese JASO FD
  • Motul 800 Offroad Factory Line Ester 100% Synthese
  • Petronas Sprinta 2T 5000 100% Synthetic JASO FC
  • RedMax ProBlend 2 Cycle Engine Oil JASO FD
  • Repsol 2T Syntetico API TC JASO FC
  • STP 2T Low Smoke Perfumed Synt JASO FC
  • TOP 1 2T Synthetic Low Smoke
  • Total 2T Hi-Perf Full Synthetic JASO FD
  • Vistra 2T 500 Full Synthetic JASO FC
  • Oli Samping IPONE R2000RS Synthetic Plus dengan sertifikat API TC / JASO FD

1. Oli Samping Terbaik Dari Bahan Synthetic – Racing Only

  • Oli Silkolene 2T PRO2Electrosyntec 100% Synthetic Ester
  • Oli Silkolene 2T Comp Plus Electrosyntec Sythentic Ester JASO FD
  • Oli Shell Racing X 2T
  • Oli Castrol A747 Castor
  • Oli Castrol TTS 2T Full Synthetic Racing
  • Oli IP Sintiax Max Competition 2T
  • Oli Motul 800 Road Racing Factory Line Double Ester 100% Synthese
  • Oli Samping IPONE STROKE 2R Racing 2T 100% Synthetic
  • Oli Samping IPONE SAMOURAI Racing 2T 100% Synthetic dengan sertifikat API TC

Artikel Menarik Gaaeezzz!!!……

Semoga penjelasan diatas dapat membantu sobat bikerz memilih oli samping yang tepat untuk kuda besi 2 Langkah kesayangan. Selain dari daftar diatas, tentunya masih banyak lagi oli samping yang bertebaran di pasaran. Bagi sobat bikerz yang lebih paham, mohon urun untuk membantu kekurangannya di kolom komentar blog ini. Terima kasih sudah meluangkan waktunya mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat, jangan lupa bahagia.

Wasalamu’alaikum.