Assalamu’alaikum.

Haaayy………. Sobat bikerz, Artikelnya balik lagi mbahas 2 Stroke dan yang akan kita bahas masih versi 50 CC. Dimana speeda motor ini hadir untuk para pembalap pemula alias kelas karting diluar negeri sana yang ingin belajar membalap. Honda NSR 50 2 Tak yang akan jadi bahasan kali sobat bikerz, menilik dibeberapa laman situs luar ternyata cukup banyak juga perbedaan NSR 50 cc 2 Langkah ini, namun minim informasi jadi perlu bantuannya nie jikalau pembaca yang mampir ke warung ini ada yang lebih paham. Maklum ane masih newbie sobat bikerz, jadi mohon bantuannnya. Honda Racing Corporation atau biasa disebut dengan HRC dibentuk pada tahun 1982 sebagai anak perusahaan Honda Motor Company, dengan biaya untuk berpartisipasi dalam balap sepeda motor untuk terus mengembangkan teknologi baru untuk diterapkan pada sepeda produksinya. Honda NSR 50 adalah sepeda motor balap 49-sentimeter kubik yang diproduksi sebagai bagian dari lini produk Honda NSR racing. Ini adalah salah satu dari beberapa sepeda yang dirancang sebagai replika dari sepeda motor seri Grand Prix yang dibangun oleh Honda Racing Corporation. Replika ini dilengkapi dengan mesin berpendingin air berkapasitas 49 liter kubik, mesin dua tak dan kopling manual dengan enam kecepatan. Ditujukan terutama untuk penggunaan jalan di pasar Jepang, mereka sering diekspor ke pasar negara lain.

Meskipun Honda NSR 50 tidak legal di jalan di Amerika Serikat, akan tetapi Honda NSR 50 dengan cepat menjadi motor yang populer di sirkuit balap Mini GP, karena banyak negara bagian AS menawarkan sirkuit balap yang aman dan legal. Honda NSR50 diproduksi selama lebih dari 1 dekade, debutnya dimulai dari tahun 1987 hingga berakhir saat memasuki era millenium. Berbicara masalah spesifikasi, karna ini diperuntukkan bagi para pemula usia 13 taunan maka penggunaan material baja untuk sasis, bukan alumunium pada umumnya, kemudian penghenti laju ban ring 12 inch nya dpercayakan pada single disc depan, serta swingarm yang model kotak standar. Bobot dari Honda NSR 50 2 Langkah ini pun termasuk ringan hanya 79 KG saja, beberapa detail menggoda seperti hadirnya velg cast-wheel, sasis twinspar, full fairing dengan single headlamp, hingga decal warna yang identik. Bahkan ada juga yang versi Rothmans Honda juga sobat bikerz. Dimensinya lebih pendek 30cm dari motor sport 150 CC 2 langkah lainnya, ditambah lagi seat highnya yang sangat bersahabat hanya 665mm alias 66cm aja.

Berbekal mesin racikan divisi Honda Racing Corporation 49 CC 2 Stroke, single silinder, reed valve, berpendingin cairan dengan Bore x Stroke : 39 x 41,4 mm mampu memuntahkan daya kuda sebesar 7,1 HP @ 10.000 RPM dan Torsi sebesar 6,4 N.m @ 7.500 RPM, dipadukan transmisi 6 percepatan, kecepatan puncak dari Honda NSR 50 ini mampu tembus diangka 90 KM/Jam, jika tidak dibatasi bahkan bisa menyentuh angka diatas 100 KM/Jam lebih dikit. Berikut ini spesifikasi dari Honda NSR 50 ini sobat bikerz :

Model type A-AC10
Length in Meters 1.580
Width ( m ) 0.590
Height ( m ) 0.935
Wheel base 1.085
Ground clearance ( m ) 0.105
Seat height 0.670
Weight ( kg ) 87
Dry Weight ( kg ) 76 Kg
Rider capacity 1 ( No passengers )
Fuel consumption ( km/liter ) 59.2 at 30 km/h cruising speed
Engine type AC08E Liquid cooled two stroke single cylinder reed valve
Displacement 49 c.c.
Bore x stoke 39.0 x 41.4
Compression 7.2
Maximum power ( PS/rpm ) 7.2 / 10,000
Maximum torque ( kgm/rpm ) 0.65 / 7,500
Carburetor PF 70
Starter Kick starter
Ignition CDI type magnetic points
Oil capacity ( liter ) 1.1
Fuel capacity ( liter ) 7.5
Clutch type Wet type coil spring
Transmission 6 speed return
Gear ratio 1st: 3.166 , 2nd: 2.062 , 3rd: 1.500 , 4th: 1.173 , 5th: 1.000 , 6th: 0.884
Caster degree 24.5 degrees
Trail ( mm ) 70
Tire size Front: 100/90-12 , Rear 120/80-12
Brakes Front: Hydraulic disc with dual-piston caliper 220mm, Rear: Hydraulic disc 160mm
Suspension Front: Telescopic , Rear: Single shock swingarm
Frame Twin tube diamond type frame

Baca Juga Gaaaeezzzzz!!!!!……….

Honda NSR 50 / NSR 75 Versi Inggris

Di Beberapa negara Lainnya contohnya United Kingdom alias Inggris Versi Honda NSR 50 malah dibuat serupa dengan seri Honda NSR 75, penggunaan Velg Ban ring 17 Inch, jok Tandem menyatu dan bentuk Fairing yang sedikit berbeda dari seri lainnya yang sudah beredar sebelumnya……. CMIIW…….. Untuk Harga barunya kala itu dibanderol dengan harga 219 Ribu Yen, namun jangan salah harga secondnya di Jepang sana sekarang termurah diangka 89 ribu Yen sampe diatas 500 ribu Yen sobat bikerz, Sedangkan di Indonesia gimana???…… ada tuch, sempat liat di forum jual beli buka harga diatas 25 Juta Rupiah itupun harga 5 taun yang lalu yang jelas kalo sekarang jelas naiklah harganya hehehehehe…… 😆 😀 KaLo untuk seri ini Sultan di Indonesia ada yang punya lho…… Okeee…… sekian dulu artikel kali ini sobat bikerz, mohon jika ada kesalahan dan kekurangan untuk membantu menambahkan ya, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Advertisements