Assalamu’alaikum.
Haaaaayyy……….. Sobat bikerz, kmaren udah bahas soal Yamaha DT 100, giliran kali ini produk berlogo S alias Suzuki dengan motor enduro/Trail 2Tak nya yang kali ini akan kita bahas. Motor Trail/enduro Suzuki TS 100 2 Langkah hadir di Indonesia pada tahun 1974, Suzuki TS 100 sendiri keluar dalam beberapa versi, yaitu Suzuki TS 100A, Suzuki TS 100B, dan Suzuki TS 100C, Suzuki TS 100 ER, sampe seri TS 100 N sobat bikerz. Suzuki TS 100 N mungkin motor Trail terakhir 100 cc yang pernah dikeluarkan Suzuki di Indonesia, Suzuki TS 100 N sempat keluar dalam beberapa tahun kalau tidak salah sekitar tahun 1984 sampai tahun 1990, baru kemudian keluar yang versi 125cc. Akan tetapi di tahun 1976, Suzuki kembali mengeluarkan varian terbaru dengan kubikasi mesin yang lebih besar. Adalah Suzuki TS 125 series yang diferensiasinya sama dengan TS100. Untuk varian TS125 sudah dilengkapi dengan teknologi mutakhir seperti Red Valve System (RVS) dan transmisi 6 percepatan. Motor ini cukup menjadi incarang di kalangan penggil enduro bike. Untuk kali ini bahasan akan kita fokuskan pada motor Trail/Enduro Suzuki TS 100 ya sobat bikerz.
Sebagai motor trail, Suzuki TS 100 memiliki desain tampilan khas dan berkesan jangkung. Setangnya dibuat lebar dengan posisi cukup tinggi dari bodinya, memberikan posisi berkendara ‘tegap’.Motor yang melejit dan beberapa kali tampil dalam film Bang Haji Rhoma Irama, Barry Prima, George Rudy ini menjadi idola kawula muda kala itu, diaman pada saat itu jalanan Indonesia tentu tak sebagus sekarang dan tak semua orang mampu beli motor apalagi motor laki sobat bikerz. Kala itu motor trail yang dipasarkan di Indonesia berkisar mulai dari Suzuki TS (100 – 125), Yamaha DT 100, Honda XL (100 – 125) dan Kawasaki Binter KE 125.
Menariknya lagi, Suzuki Ts 100 Series 2 Stroke sudah menggunakan rangka berbahan pipa yang menjadikannya memiliki bobot ringan, yakni hanya seberat 92 kg. Frame ini juga memberikan kelebihan motor semakin lincah digunakan untuk melibas berbagai medan. Kaki-kakinya menggunakan sepasang suspensi depan teleskopik dan untuk belakangnya masih menggunakan dual shock. Kemudian untuk rodanya dengan postur khas motor trail, roda depan lebih besar dari belakang. Untuk depan dipercayakan ban dengan lingkar 19 inci dan belakangnya 18 inci. Bagian tangkinya mampu menampung bahan bakar hingga 6,5 liter bensin. Tangki terbuat dari bahan dasar plat khas motor tempo dulu juga berfungsi sebagai body motor yang kemudian dipadu dengan jok panjang, maklum motor jaman baheula mah minim bodi plastik ya sobat bikerz, kemudian joknya berbahan berbusa tebal yang memberikan kenyamanan berkendara tersendiri.
Baca Juga :
- Roda-Roda Gila Yamaha DT 100 Ali Topannya Era 70an Broo!!!…..
- Sejarah Dan Spesifikasi Naked Sport Yamaha RXZ 135 Di Indonesia
- Harley Malaria SX 125 2 Tak Sang Pembasmi Wabah Malaria Di Indonesia
- Sejarah Suzuki Satria 120 Bebek Kencang Yang Jadi idola Remaja Awal Milenium
- Kawasaki Binter AR125 Teknologi Yang Jauh Melampaui Jaman Pada Masanya
- Fungsi Reed Valve Pada Motor 2 Tak
Untuk sumber tenaga yang dihasilkan, Suzuki TS100 masih mengusung mesin dengan teknologi dua langkah berkapasitas 97cc, berpendingin udara dengan ukuran Bore X Stroke sebesar 49 X 51.8mm. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga sampai 10,8 Hp di putaran mesin 7000 RPM dan Torsi puncak diraih 1,17 kg.m pada 6000 rpm, transmisi 5 percepatan, Mengandalkan kelistrikan 6 volt dengan pengapian platina, untuk menyalakan mesin motor masih menggunakan kick stater dan perangkat pengereman masih menggunakan Drum Brake untuk menghentikan laju ban depan dan belakang. Berikut ini spesifikasi dari Suzuki TS 100 Series ini sobat bikerz :
Spesifikasi TS 100
Mesin | 2-stroke |
Kapasitas Mesin | 97cc |
Tenaga Maksimal | 10.8 hp @ 7,000 rpm |
Torsi Maksimal | 1.17 kg.m @ 6,000 rpm |
Pendingin | Udara |
Sistem Bahan Bakar | Karburator |
Pengapian | Platina |
Transmisi | 5-speed (1-N-2-3-4-5), constant mesh |
Lubrikasi | Suzuki CCI |
Starter | Kick |
Panjang x Lebar x Tinggi | 2000 x 850 x 1060 mm |
Jarak ke tanah | 195 mm |
Tangki Bahan Bakar | 6.5 liter |
Bobot | 92 Kg |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Swingarm, double shock |
Depan | 2.75 – 19″ – 4PR |
Belakang | 3.00 – 18″ – 4PR |
Depan | Tromol |
Belakang | Tromol |
Varian Suzuki TS 100 Series ini banyak juga ya sobat bikerz, sampe pusing ngeliatnya, yang mana seri A, B, C, ER dan seri N nya hehehehehe….. 😆 maklum belum paham sob. kalo ada yang mau bantu nambahin ya monggo wae sobat bikerz. Sedangkan untuk Harga pasaran Suzuki TS 100 Series dimasa sekarang ini berkisar dari rentang harga 3.5 juta hingga 17 juta sobat bikerz. Wuuuiiiihhh…. :O masih tinggi juga ya, apalagi sekarang pasar Trail/enduro kembali bergeliat plus pasar 2Tak juga naik daun lagi, tentu berimbas pada kenaikan harga motor dan yang jelas ini sekarang jadi motor hobi jadi suka-suka yang beli ama yang jual ya ndak hehehehehe…. 😆 Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.
WOW…mastah 2-tak 😉
http://potretbikers.com/2018/03/02/hoka-suka-menu-terbaru-persembahan-hokben-untuk-pecinta-sambelan/
wow…. diparani mastah traveling
Gan mo nanya nih..ukuran ruji tromol belakang berapa ya??soalnya kan tinggi bibir nya beda..ngga sama