Assalamu’alaikum.
Haaayyy…….. Sobat bikerz, abis blusukan di jagad dunia maya akhirnya nemu lagi nie pabrikan motor Dari negeri Pizza Italia yang ternyata juga punya varian sepeda motor dengan spesifikasi mumpuni di kelas 125 CC. Yapzz…. Laverda merupakan salah satu pabrikan sepeda motor asal negeri Italia yang sempat membuat beberapa motor Sport 2 Stroke eksotis. Sedikit ngebahas soal Pabrikan Laverda ini ya sobat bikerz, Ide membangun sepeda motor datang dari Francesco Laverda, seorang dokter fisika dan direktur teknis dari perusahaan keluarga yang selama hampir satu abad memproduksi mesin-mesin pertanian, munculnya ide ini setelah Perang Dunia II, pada tahun 1947 ditengarai oleh permintaan besar untuk kendaraan pribadi, yang membuat Francesco Laverda memutuskan untuk membangun sebuah sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan saat itu. Desain dan pengembangan dkerjakan pada waktu luang, dimana kala itu Francesco Laverda dan seorang teknisi bernama Luciano Zen, mampu membangun prototipe sepeda motor tersebut.
Seperti Biasa karena ini Perusahaan berbasis keluarga tentu ada saling silang pendapat diawal kemunculannya, Francesco Laverda harus mengatasi permusuhan dengan para saudara – saudaranya yang memiliki rasa ketidakpercayaan akan kemampuan perusahaan ini dalam bidang produksi sepeda motor karna mesin sepeda motor tentu berbeda dengan mesin pertanian. Selanjutnya pada tanggal 13 Oktober 1949 “SAS Dr Francis & Laverda Saudara “. Membuat model pertama mereka dengan nama Laverda 75 dan diperkenalkan pada tahun 1950. Namun yang akan dibahas di warung ini bukan laverda 75 sobat bikerz, tapi Laverda GS 125 Lesmo 2 Tak. Dipersembahkan di Milan Motor Show pada November 1985 dan dipasarkan sejak Maret 1986, GS 125 Lesmo 2 Langkah adalah evolusi dari LB Uno sebelumnya. Disajikan dengan roda lentikular asli, mengingatkan pada yang dipasang di Gilera Kz dan Kk, GS 125 Lesmo kemudian dimasukkan ke dalam produksi dengan menggunakan velg klasik untuk menghindari masalah homologasi.
Harga yang ditawarkan pada tahun 1986 adalah 488.000 Lire TURKEY dan warna yang tersedia adalah hitam / putih dengan profil merah / hijau, pelana hitam dan pelek hitam atau merah / hitam dengan profil emas, pelana hitam dan lingkaran hitam. Kemudian warna putih / merah ketiga disajikan dengan profil merah / hijau, pelana merah dan lingkaran putih dan alternatif, dalam skema warna yang sama, tetapi dengan profil merah / biru. Persaingan sangat ketat terjadi di Pada 1986, dimana kelas 125 CC 2 Tak banyak sekali Pabrikan yang berlomba lomba unuk memberikan spesifikasi terbaik, beberapa contohnya ada Gilera Kz kemudian Aprilia menawarkan seri As-R dimana dari sisi teknis menawarkan mesin Rotax baru dan kuat yang membuatnya sangat cepat, selanjutnya ada cagiva menyajikan Aletta Oro S2 yang menggabungkan garis indah dari S1 sebelumnya dengan kehadiran start elektrik, lalu ada Honda dengan Ns-F yang terkenal memadukan kualitas Jepang dengan gaya Italia. Sayangnya kehadiran Laverda GS 125 Lesmo kala itu terkendala oleh anggaran jadi nama Laverda pun menjadi redup saat itu.
Bagian suspensi mempertahankan garpu Teleskopik Marzocchi ramping 32 mm, tetapi sekarang dilengkapi dengan penyesuaian Baru. Selanjutnya swingarm belakang terbuat dari baja yang mengadopsi suspensi dengan shock absorber yang diperbarui dengan daya ungkit yang berbeda dari Lb Uno. Sistem pengereman pada bagian depan menggunakan sepasang cakram Brembo 240 mm dengan kaliper piston tunggal dan di sisi belakang menggunakan cakram tunggal 240 mm yang dipasang di bagian bawah cakram itu sendiri. Velg mengadopsi ban Pirelli dengan ukuran berikut: 100 / 90-16 di depan dan 110 / 80-18 di bagian belakang. Berat yang terdeteksi adalah 135kg. Lampu depan yang mengesankan menggabungkan sinyal belok. Kalo buat Kidz jaman NOW mah ndak bakal ngelirik ini motor heheheehehe…… 😀 😆 tampangnya jadul beudzz…..
Sekarang masuk ke dapur pacu Laverda GS 125 Lesmo 2 Stroke sobat bikerz, mempercayakan mesin 124 CC 2 Tak berpendingin cairan dengan konfigurasi Bore X Stroke 54 x 54 mm dan sisi pengabutan bahan bakar dipercayakan oleh sebuah Dell’Orto premix carburetor disokong kompresi tinggi 14 : 1 mampu memuntahkan Tenaga sebesar 23 hp 16.8 kW @ 9200 rpm dan Kekuatan maksimum pada roda yang terdeteksi adalah 18,63 hp pada 9500 rpm (17,05 hp pada 8250 rpm LB Uno) dan kecepatan maksimum 136,520 km / jam, jauh meningkat dibandingkan dengan 129,496 km / jam yang terdeteksi oleh LB Uno. Seri terakhir hadir dengan sistem pendinginan yang ditingkatkan dan menawarkan pompa listrik baru untuk sirkulasi pendinginan air radiator dan gearbox pada seri akhir sudah menerapkan 6 percepatan. Berikut ini spesifikasi Laverda GS 125 Lesmo sobat bikerz :
Make Model |
Laverda GS 125 Lesmo |
Year |
1986 – 1988 |
Engine |
Two stroke, single cylinder |
Capacity |
124 cc / 7.6 cu-in |
Bore x Stroke | 54 x 54 mm |
Cooling System | Liquid cooled |
Compression Ratio | 14.0:1 |
Induction |
Dell’Orto premix carburetor |
Ignition |
CDI |
Starting | Kick |
Max Power |
23 hp 16.8 kW @ 9200 rpm |
Transmission / Drive |
5 Speed I 6 Speed |
Final Drive | Chain |
Front Suspension |
Telescopic forks |
Rear Suspension |
Alloy swing arm, single shock with adjustable damping. |
Front Brakes |
2x 260mm discs 2 piston calipers |
Rear Brakes |
Single 160mm drum |
Front Tyre |
100/90-16 |
Rear Tyre |
110/80-18 |
Dry Weight |
115 kg / 258 lbs |
Fuel Capacity |
14 Litres / 3.7 US gal |
Artikel Yang ndak Kalah Seru Gaeezzz!!!!
- Ayoo…… Yang Mau Mudik Lebaran Grup Astra Hadirkan Astra Holiday Campaign 2018 Sob!!!!…..
- Aprilia ST125 Sport Turing Idola Remaja Eropa Dekade 80an Sob!!!……
- Suzuki GSX-S150 Kini Hadir Dengan Pilihan Warna Baru di Tahun 2018
- Sepak Terjang Kehadiran Yamaha RD350LC Di Kelas Sport 2 Stroke Global
- Yamaha RZR 135 Pionner Sport Fairing Yang Kini Makin Dicari Penghobi 2Tak
- Sejarah Dan Spesifikasi Naked Sport Yamaha RXZ 135 Di Indonesia
Sangat disayangkan seperti yang disinggung diatas tadi hadirnya GS 125 Lesmo ini pada saat masa suram pabrikan Laverda plus Anggaran yang besar untuk membuat sebuah sepeda motor GS 125 Lesmo 2 Langkah, btw…. kalo diliat-liat kok sekilas malah mirip dengan sepeda motor buatan pebrikan jepang ya??….. hadirnya pun kurang lebih hanya 2 tahun saja. Harga secondnya di situs jual beli online internasional dan forum jual beli internasional sekitar 1.600 Euro sobat bikerz. Kalo Indonesia gimana om??…. Ada yang punya ndak???…… Saat ini ndak ada yang punya malah adanya Lavenda tuch Lotion buat pengusir nyamuk Ngoahahahahahaha…… 😆 😀 just kiding gaeezz…… Oke sekian dulu ya sobat bikerz, terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dn ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.
Sak pantaran karo AR125..
sakjane sich sak pantaranne AF125 Pak made