Assalamu’alaikum

Haaayyy…………. Sobat bikerz, kalo kemaren sudah ngebahas Yamaha RXZ 135 sekarang giliran sodara kembarnya yang pengen saya bahs nie sobat bikerz. Motor ini merupakan produk yang dibuat Yamaha Indonesia pada rentang tahun 80an hingga dekade 90an. Yamaha RZR 135 lahir 1 tahun lebih tua dari sang kakak yakni Yamaha RXZ 135. Dengan menyandang kapasitas mesin serta jeroan yang hampir sama, kedua motor ini terbilang sangat lumayan laku pada jamannya untuk kalangan pecinta sport bike dari pabrikan berlogo garputala. Kala itu, motor sport full fairing menjadi idaman bagi kawula muda saat itu, Yamaha RZR 135 bisa disebut sebagai produk pioneer Yamaha Indonesia untuk urusan motor sport full fairing versi lokal. Diawal kemunculannya, desain motor ini sempat membuat gonjang-ganjing mindset para pencinta sport bike buatan Suzuki, yaitu RGR 150, yang masih menggunakan semi telanjang. Perbedaan antaraYamaha RZR 135 dan Yamaha RXZ 135 hanya terletak pada tampilan depan full fairing dengan breketnya sedangkan Yamaha RXZ dengan tampilan depan cover lampu depan dan under engine spoiler.

Baik Yamaha RZR maupun RXZ penjualannya bersaing dengan Suzuki RGR yang juga masih 1 jenis. Di arena Drag race sendiri Yamaha RX-Z masih menjadi primadona dan merupakan salah satu juara dikelas motor 2 tak 140cc. Tidak heran motor ini sering langganan juara karena memang basis mesin yang lebih mumpuni, kopling yang lebih mumpuni. gearbox yang sudah 6 speed, posisi membran yang langsung ke karter, dan porting blok silinder RX-Z yang memiliki jumlah lubang porting yang lebih banyak dibanding RX-King. Motor ini berhenti diproduksi pada tahun 1998 karena minimnya minat dan selera masyarakat Indonesia lebih memilih Yamaha RX-King pada saat itu.

Dari segi desain terlihat sekali modelnya jadul banget eiitzzz….. jangan salah pada masa itu ngtrend lho sport berfairing seperti ini sobat bikerz, bahkan saya masih ingat kalo liat motor ini lewat saya bilang motornya Kotaro minami hahahahahaha…….. 😆 dengan bentuk yang masih serba mengkotak termasuk lampu depan berbentuk kotak kental banget aura 90an, suspensi depan masih memakai teleskopik sedangkan untuk suspensi belakang masih stereo alias dual shock dengan sistem pengontrol rebound gas bertabung., bobot Yamaha RZR 135 ini tergolong ringan. Berat kosongnya mencapai 106 kg. Menurut informasi motor Yamaha ini bisa dipacu hingga kecepatan 145 km/jam dalam keadaan standar bawaan pabrik. Jika sobat bikerz melirik kebagian sasis. Pada tahun 1990an RZR sudah mumpuni. Walau masih kalah dengan Suzuki RGR 150 tapi rangka double cradle besutan Yamaha sangat stabil. Mau rebah…mau geber kecepatan tinggi, RZR anteng aja tanpa ada gejala melayang. Hal ini ditengarai pula suspensi mumpuni dari KYB plus desain full fairing yang disandangnya.

Sektor mesin, Yamaha RZR 135 mengusung mesin 2Tak 135cc dengan bore dan stroke 56 & 54mm sepeda motor ini sengaja didesain untuk melaju diputaran atas yang cocok untuk kondisi trek panjang sobat bikerz. Sektor dapur pacu Yamaha RZR 135 ini mampu menghasilkan power hingga 21hp pada putaran 8.500rpm, kemudian pengabutan bahan bakar memakai karburator konvensional merk Mikuni VM26. Sama seperti Yamaha RXZ 135 pada Yamaha RZR 135 ini juga membenamkan teknologi Yamaha Lubricant Computerized System alias YLCS merupakan teknologi muktahir Yamaha yang sematkan pada RZR 135. Teknologi ini memungkinan pembakaran, pasokan udara, serta campuran oli samping menjadi lebih sempurna. Kemampuan mesin Yamaha RZR / RXZ seperti cetakan master motor balap murni Yamaha YZR 500, hal ini dibuktikan dengan trophy yang tidak asing diraih dalam ajang balap Drag Bike dan Road Race, rekor top speed hingga mencapai kecepatan 230KM/H dengan mesin Yamaha RZR / RXZ yang sudah diupgrade full racing. Berikut ini Spesifikasi dari Yamaha RZR 135 sobat bikerz:

Tipe Mesin 2-stroke, air-cooled, forward-inclined single cylinder
Silinder 133cc
Diameter x Langkah 56 x 54 mm
Rasio Kompresi 7 : 1
Daya Maksimum 15 kW (20 PS) @ 8.500 rpm
Torsi Maksimum 18,1 Nm @ 7.500 rpm
Maksimum 150 km per jam
Transmisi 6-speed return
Tipe Rangka Underbone Steel Tube
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Dual Shock
Rem Depan Disc Brake, Single Piston
Rem Belakang Drum Brake
Berat Kosong 106 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 13 liter

Sedangkan untuk urusan sparepart Yamaha RZR 135 bisa berbagi part alias common part dengan Yamaha RXZ 135dan kebetulan sempat nemu di linimasa sosial media yaitu facebook kurang lebih segini harga sparepartnya sobat bikerz:

Berikut List Parts RX-Z RZR yang masih di Suplly oleh Yamaha Indonesia sampai sekarang…
1. Head Cylinder 55K Japan
2. Crankshaft assy (krug as komplit) 55K Japan
3. Cylinder Body (Block) 55G Y-1 sampai Y-4 Japan
4. Cover RXZ (alumunium peredam pada block) 55K Japan
5. Balancer Weight Gear Comp. (Gigi Balancer) 55K Japan
6. Piston Ring Sett (Ring Piston) 3BS Japan all oversize
7. Piston 3RS (IZUMI)
8. Connecting Rod Assy (setang seher) 55K japan
9. Oil Pump Assy (Pompa oli samping) 55K Japan
10. Shaft Worm (gigi nanas pompa oli samping) 55K Japan
11. Chamber, Air (Tabung Yeis) 55K Japan
12.Joint Carburetor (Karet manifold) 31K Japan
13. Pipe Intake Manifold (Pipa sambunga manifold ke tabung Yeis) 55K Japan
14. Reed Valve Assy (membran komplit) 3BS Japan RXZ,Y125Z
15. Reed Valve (Lidah membran) 3BS Japan RXZ,Y125Z
16. Stopper Reed Valve (Stop’an Lidah membran) Japan
17. Carburator Assy 55K Japan
18. Valve Throttle (Skep karbu) japan
19. Spring throttle Valve (Per skep) Japan
20. Throttle Screw set(Baut settingan Stasioner karbu) Japan
21. Air Screw set (Setelan udara) J.
22. Needle Valve (Rumah Jarum pelampung)
23. Case air cleaner (box filter) 55K J.
24. Cap, Cleaner Case (tutup box filter) 55K J.
25. Joint Air cleaner (Karet filter) 55K J
26. Needle set (Jarum skep) 55K
27. Protector Muffler (pelindung knalpot)
28. Gear Kick (gigi selah) 55K J.
29. Kick Axle assy (pedal slah) 55K J
30. Gear primary Drive (Gigi primer) J.
31. Primary Driven Gear Comp.(Gigi sekunder) J.
32. Plat Friction (Plat kpoling) 3XP
33. Kampas kopling
34. Rod, push (As stut kopling)
35. Axle drive (as gear depan) 55K J.
36. Housing tachometer gear (rumah gear rpm besi)
37. Shift Shaft assy (as vers.) 55K J. RXZ, TZM
38. Arm shift (pedal vers.only) 55K J.
39. Rod shift (as sambungan pedal vers.)
40. Tank Oil (tempat oli samping)
41. Body Cap (tutup oli samping)
42. Cover seat (sarung jok) 55K J.
43. Front footrest assy (step depan) 55K J. PL 285.000
44. Front footrest assy (R.H) PL 290.000 55K J.
45. Stopper kik Crank (Stopan pedal slah) 55 J.
46. Coil lighting (Spul lampu) 295.000
47. Spedometer assy (RXZ, RZR 94) 780.000 3XL Y-1
48. Lens taillight (mika stop) 95.000
49. Coil Charge (spul pengisian) 37A 320.000
50. Rotor assy (magnet) 55K J. 776.000
51. Rotor assy Y125Z 1.250.000
52. Base assy (spull assy) 55K J. 1.450.000
53. Coil pulser 55K J. 225.000
54. Sender unit assy (Pelampung Tangki ) 55K J. 450.000
55. Gasket cylinder head 15.000
56. Kick crank assy (pedal slah) 3RS 245.000
57.pedal shift assy (pedal vers. Complit) 3RS 320.000
58. Cover shift pedal (karet pedal vers) 15.000
59. Frame comp. Rangka komplit (RXZ 3RSA 95) 1.950.000
60. Cover side 1 polos RZR,RXZ (cover body kiri) 3RS 95.000
61. Cover side 2 Polos (C.B Kanan) 95.000
62. Front Fork Rx-king th. 2000 (shock depan comp. Tanpa segitiga atas) 1.750.000
63. Inner tube comp. (sulingan shock depan comp.) 350.000
64. Seal dust (seal pelindung debu shock depan) 30.000
65. Seat lock assy (kunci jok komplit) 250.000
66. Hub. Rear (Tromol belakang) 250.000
67. Grip R/L (handpad) 15.000
68, Rear view mirror assy RZR (spion RZR) 120.000
69. Cable clutch 60.000
70. Shaft main stand (as standar tengah) 80.000
71. Pedal brake (pedal rem) 140.000
72. Rear footrest assy (step blkg komp.) 3RS 95.000
73. Band batterry (karet pengikat aki) 15.000
74. Main switch steering lock (k. kontak) 250.000
75. Tachometer cable assy (40.000)
76. Front stop switch assy (switch rem dpn) 30. 000
77. Bulb Headlihgt (bohlam depan) 30.000
78.CDI Unit Assy 195.000
79. Front fender comp. (spakbor depan) 120.000
80. Rear fender (spakbor blk) 90.000
81. Guard Mud RXZ (spakbor kolong) 55K J. 370.000
82. Box Battery (tempat aki) 95.000
83. Element air cleaner (busa filter) 60.000
84. Bosh clutch (boss kopling) J. 300.000
85. Plate pressure (tutup rumah kopling) 225.000
86. Gear drive (gigi rpm plastik) 90.000
87. Shaft pivot (as arm) 60.000
88. Case chain (tutup rante) 70.000
89. Bearing cylindercal (Laher bambu swing arm kiri) 120.000
90. Bearing Cylindercal (laher bambu swing arm kanan) 90.000
91. Seal Guard (karet bantalan rante) 55K J. 250.000

kisaran harga Yamaha RZR 135 pada saat sekarang ini hampir sama dengan sang adik Yamaha RXZ 135 sobat bikerz, berkisar direntang harga 4 jutaan sampe diatas 20 juta. Tergantung dari kondisi motor itu sendiri sobat bikerz, jik dalam mint condition wajar tembus segitu, tapi kalo butuh banyak repair ya bisa dibawah 4 jutaan pula harga bekasnya, padahal diawal kemunculannya seharga 7 jutaan. monggo bagi sobat bikerz yang lebih paham dengan sepeda motor ini bisa urun membantu saya untuk melengkapi isi artikel blog ini. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements