Fantic HP1 125cc

Assalamu’alaikum.

Haaayyy………. Sobat bikerz, salah satu pabrikan asal negeri Italia yang biasa menghasilkan motor-motor Enduro dan mini bike ternyata tertarik juga dalam membuat sepeda motor 2 Tak Sport kala itu, ialah Fantic adalah pabrikan sepeda motor asal negeri Italia. Perusahaan ini mulai pada tahun 1968, memproduksi dan mengekspor sepeda motor Enduro, sepedamini dan juga gokart. Fantic mulai mengekspor ke Inggris pada tahun 1972, sebagai bagian dari gelombang produsen yang mengambil keuntungan dari “hukum sixteener,” yang berlaku saat itu, merupakan undang-undang yang melarang pengendara sepeda motor berusia enam belas tahun untuk mengendarai sepeda motor hingga 250 cc, seperti yang biasa mereka lakukan pada saat itu. Fantic Motor pertama kali diimpor ke Inggris pada tahun 1972 oleh Barron Eurotrade Ltd yang markasnya berbasis di 51 High Street Hornchurch, Essex, dan ide awal datang untuk membentuk perusahaan dan mengimpor Fantic muncul karena salah satu pendiri melihat Model Chopper 50cc dipublikasikan di sebuah majalah sepeda motor Amerika yang dikirim oleh saudara iparnya dari Amerika Serikat. And…. Yang jadi fokus bahasan kita kali ini adalah Fantic HP1 yang merupakan sepeda motor 2 Stroke bergenre Sport Turing.

Fantic HP1 pertama kali diperkenalkan pada Musim Gugur 1984, Fantic HP1, di mana inisial HP berarti High Power, karena kesulitan keuangan yang melanda saat itu menjadikan fantic HP1, hanya dikomersilkan mulai dari Juli 1985 hingga tahun 1988. Harga yang ditawarkan pada tahun 1985 adalah Lire 3.737.390 Turkey dan warna yang tersedia adalah Gray / White / Red and White. Sayangnya Fantic tidak mampu menghadirkan sepeda motor yang seharusnya bisa memanfaatkan merek dari Fantic itu sendiri karna dimasa itu merk Fantic merupakan salah satu yang paling dicintai oleh orang-orang muda.

Seperti halnya kendaraan 125 cc 2 langkah jalanan lainnya yang disajikan pada saat itu, Fantic HP1 memiliki garis yang agak konvensional. Lampu depan sangat pas dengan tangki, penutup radiator dan ujungnya membentuk set yang agak agresif dan sangat ditekankan oleh warna yang indah. Di bawah sadel atau jok, terdapat nosel untuk tangki oli mixer alias oli samping, filter udara, baterai atau accu, unit kontrol, dan kompartemen alat kecil. Tangki ekspansi untuk sistem pendingin terletak di sisi kanan radiator dalam posisi yang mudah untuk pemantauan. Sangat bagus dengan sistem pembuangan yang terletak di sisi kiri dan drive rantai di sisi yang berlawanan jadi makin kental aura motor Italiano.

Chassis terdiri dari pipa ganda cradle berbentuk tabung dengan kerangka baja ya… layaknya motor taun 80an sobat bikerz, Di bagian depan mengadopsi suspensi teleskopik 32 mm dengan antidive dan di bagian belakang swingarm baja berbentuk kotak dipadukan dengan Shock tunggal yang tidak dapat disesuaikan. Sistem pengereman merupakan campuran disc dan drum, disini kita dapat melihat di bagian depan hadir dengan sepasang disk Grimeca 240 mm yang dilayani oleh caliper piston tunggal dan untuk menghentikan laju roda di belakang cukup dengan drum brake alias rem tromol 160 mm. sektor penopang karet bundar mempercayakan pada sepasang velg Grimeca berbahan alloy ringan enam-jari  dengan ukuran 100 / 90-16 untuk di depan dan 100 / 90-18 di bagian belakang. berikut ini spesifikasi dari Fantic HP1 sobat bikerz :

 

General information
Model: Fantic 125 Sport HP 1
Year: 1984-1988
Category: Allround
Rating: 66.7 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement: 124.00 ccm (7.57 cubic inches)
Engine type: Single cylinder, two-stroke
Power: 26.00 HP (19.0 kW)) @ 9000 RPM
Top speed: 140.0 km/h (87.0 mph)
Compression: 12.0:1
Bore x stroke: 55.2 x 52.0 mm (2.2 x 2.0 inches)
Fuel control: Port control
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type,
final drive:
Chain
Chassis, suspension, brakes and wheels
Front tyre: 3.25-16
Rear tyre: 3.25-18
Front brakes: Dual disc
Rear brakes: Expanding brake
Physical measures and capacities
Weight incl. oil, gas, etc: 110.0 kg (242.5 pounds)
Fuel capacity: 12.50 litres (3.30 gallons)
Other specifications
Further information
Insurance costs Get estimated US insurance cost with a quote from Allstate Motorcycle Insurance.
Parts finder Chaparral provides online schematics & OEM parts for the US. Motorcycle Superstore provides an easy-to-use parts finder. Ships to the US, Canada, UK and Australia. MotoSport.com ships motorcycle parts and accessories to most countries. Sixity.com has low prices and free shipping on ATV and motorcycle parts to the US.

baca Juga Gaaeezzzz!!!!

Jika diadu secara spesifikasi berdasarkan data diatas kertas, seharusnya Fantic HP1 ini mampu mengungguli rival lainnya di kelas kadet 125 cc sobat bikerz. Mesin fantic HP1, diproduksi oleh Fantic, berasal dari evolusi terbaru dan sudah berpendingin cairan yang mana basic mesinnya diambil dari Sport 125 Road. kelebihannya adalah adanya balancing countershaft dan electric starter, mesin HP1 memberikan sedikit teknologi dan mode terbaru saat itu. Mixer alias pompa oli otomatis dan gigi enam percepatan. Karburator mempercayakan pada Dell’Orto PHBH 26 dengan kompresi 12 : 1 dan mesin 124 cc 2 Strokenya mampu menghasilkan tenaga kuda maksimal sebesar 26 HP pada 9000 RPM dan kecepatan puncaknya hingga 140 KM/Jam.

Fantic HP1 kini kembali menjadi incaran para kolektor motor tua 2 Tak maupun mereka yang ingin bernostalgia dengan sepeda motor di masa mudanya, terdeteksi harga bekas untuk satu unit sepeda motor Fantic HP1 dengan harga terendah ialah sekitar 1000 Euro itu pun masih tergantung kondisi motornya juga sobat bikerz, makin mind condition tentu makin mahal. Yaappzzz………. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Exif_JPEG_PICTURE
Advertisements