jump to navigation

Apa sich fungsi tabung induksi atau Intake Chamber pada motor 2 langkah???…… Mei 10, 2016

Posted by balimotorider in Ducati, honda, kawasaki, Motor, NSR Series, suzuki, Yamaha.
Tags: , , , , , , , , , , ,
trackback
image

Honda nsr 250 modif Honda RS GP

Assalamu’alaikum.
Kali ini blogger ekonomi lemah pengen ngebahas soal tabung induksi yang jamak ada pada sepeda motor 2 tak dan ternyata ada pula yang berinovasi menggunakan tabung induksi pada sepeda motor 4 tak dimana efeknya adalah memberikan akselerasi yang lebih baik bukan untuk menambah kecepatan lho yaa….
Bagi sobat bikers yang belum tahu pasti penasaran apa itu tabung induksi atau bahasa lainnya disebut Intake chamber, intake inlet, YEIS?? Dan apa sich fungsi sebenarnya.
Naaahh….sekarang saya coba bantu jelaskan berdasarkan beberapa sumber yang telah saya rangkum. Intake Chamber adalah suatu alat tambahan dalam sistem pemasukan yang sejatinya didesain untuk meningkatkan efisiensi pada mesin 2 langkah. Teknologi ini bukanlah sesuatu yang baru dan pernah jadi trend pada tahun 80an. Hampir semua produsen motor 2 langkah seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, Aprilia, KTM, Husqvarna, Polaris, dan Husaberg menjadikan sistem ini sebagai standar mereka. Namanya pun beragam tergantung produsen yang menggunakannya.

image

Seperti yang kita ketahui salah satu kekurangan dari mesin 2 tak adalah tidak ada pemisahan proses pembakaran dan pemasukan. Gas buang sisa pembakaran didorong keluar oleh desakan dari gas baru masuk dari crankcase. Dimana semakin efektif sistem pembilasan (scavenging) ini maka mutu pembakaran berikutnya akan semakin baik karena kemungkinan gas buang tercampur dengan gas baru akan berkurang. Namun jika gas datang dibilaskan sebanyak mungkin maka mereka semua akan terbuang percuma menuju ke knalpot tanpa berguna menghasilkan tenaga dan pada knalpot motor 2 langkah memegang peranan penting yang sekali.
Oleh karena itu para insinyur motor 2 tak menciptakan desain knalpot untuk mendapatkan tenaga yang semakin baik dan efisien. Tapi sayangnya kondisi ini masih ada kekurangannya. Knalpot yang dirancang untuk bekerja efisien di putaran tertentu cenderung membuat pengoperasian diputaran lainnya menjadi tidak efisien.
Dengan menggunakan intake
chamber maka memberikan keuntungan dengan mengurangi efek blowback di karburator. Hasilnya konsumsi bahan bakar yang lebih baik
pada putaran rendah. Namun demi mendapatkan mesin yang mampu beroperasi dengan efisien di putaran tertentu, produsen selama ini terpaksa berkompromi pada putaran mesin lainya. Jadi ada yang lincah sedari tarikan awal namun melempem diatas dan adapula yang lemot dibawah kemudian mencapai RPM tertentu baru keluar tenaganya.

image

Pada kondisi ini tenaga mesin mengalami penurunan, dimana konsumsi bahan bakar dan tingkat rideability motor pun ikut menurun. Penggunaan Intake Chamber atau YEIS ( Yamaha Energy Induction System ) ternyata mampu mengurangi kerugian dari desain knalpot. Dengan cara ini maka daerah pengoperasian efisien dari suatu mesin menjadi luas. Contohnya sebuah motor sebwlum dipasang Intake Chamber awalnya mulai berasa tenaganya pada putaran 5000rpm โ€“ 8000rpm, kemudian setelah dipasang Intake Chamber didapat tenaga mulai rentang 3000rpm โ€“ 8000rpm.
Cara termudah untuk mengetahui pada putaran mesin berapa mesin mengalami Through Of Torque atau Blowback adalah dengan membuka saringan udara dan melihat kapan karburator memuntahkan kabut tipis kearah luar. Kabut tipis inilah yang akan mengacaukan pembakaran karena mesin akan mendapatkan campuran bahan bakar yang terlalu kaya (kebanyakan bensin). Kabut bensin tipis ini terjadi karena pulsa gelombang knalpot yang kembali ke mesin sebelum waktunya, membuat bahan bakar yang masuk termuntahkan keluar lagi melalui karburator.
Pada saat pulsa gelombang ini melewati venturi karburator dia selalu mengangkat bensin dari dalam mangkuk karburator karena sifat venturi karburator itu sendiri. Jika kita mengurangi pasokan bensin pada putaran tersebut maka solusi masih belum terjawab karena saat kondisi beban penuh, mesin malah akan kekurangan bensin, sehingga peranan dari Intake Chamber ini menjadi sangat vital, campuran kabut udara dengan bahan bakar disalurkan ke tabung plastik.

image

Tabung ini biasanya berada di antara tangki dan backbone. Selang pembuangan tetap ada, tetapi berubah fungsi menjadi selang menuju tabung Intake Chamber. Saat terjadi langkah isap kedua, campuran bahan bakar di tabung Intake Chamber akan terhisap kembali ke ruang bakar.
Tentunya, masuk bersamaan dengan kabut campuran bahan bakar dan udara yang baru dari karburator. Otomatis, volume suplai kabut bensin ke ruang bakar menjadi lebih baik dan hasilnya, ledakan di ruang bakar lebih dahsyat. Akibatnya power akselerasi lebih baik. Selain itu, terjadi efisiensi bahan bakar tanpa ada bensin terbuang sia-sia. Dari penggunaan Intake Chamber ini para Insinyur masih merasa kurang puas dengan hasil yang didapatkan sehingga melahirkan teknologi canggih selanjut yang secara umum kita ketahui YPVS pada Yamaha kemudian KIPS pada kawasaki dan RC Valve pada Honda.
Bahkan pada kendaraan 4 langkah pun ada yang sengaja memasang Intake Chamber untuk efisiensi dan tentunya meningkatkan akselerasi motor, jadi fungsi Intake Chamber ini bukan untuk bikin motor jadi lebih kencang lho… bagi sobat bikers yang lebih paham tentang fungsi maupun berapa ukuran tabung dari Intake Chamber yang digunakan monggo silahkan dishare di kolom komentar, karna yang saya tahu beda kapasitas mesin beda pula ukuran Intake Chamber yang digunakan. Artikel ini saya sadur DARISINI, terima kasih sudah meluangkan waktu mampur kesini sobat bikers, semoga bermanfaat dan jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.

Iklan

Komentar»

1. andhi_125 - Mei 11, 2016

Spesialis eneser

balimotorider - Mei 11, 2016

Bukan om……saya nubie ada yg lbh lagi diatas saya
Selain itu bukankah hampir semua motor 2 langkah ada tabung induksinya……

ninja150ss - Agustus 17, 2016

Duh ket wingi tak goleki koq ning mtrku gk ono y? ๐Ÿ˜ต

balimotorider - Agustus 17, 2016

Saya ada om…..
50rb ambil dach ama manifoldnya harga blm termasuk ongkir hahahahahhaha

ninja150ss - Agustus 17, 2016

Wanjiirrr….lgsg disodorin dagangan. Emang bs dpsg di foging pistun?

balimotorider - Agustus 17, 2016

Bisa asal manifoldnya pas tinggal pasang aja
Dripada ngelubangi manifold buat naruh tabung induksi

ninja150ss - Agustus 17, 2016

Ooooooooooooooo….
Sik tak jogo lilin ben entuk duit om ๐Ÿ˜‚

balimotorider - Agustus 17, 2016

Foging piston motor canggih ndak perlu tabung induksi

2. mardiantoyudi - Mei 11, 2016

Nyimak leekk

balimotorider - Mei 12, 2016

Monggo kang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

WARUNG BIKER

Motorcycle Blog

Ninja150ss

Berbagi Informasi Otomotif dan Berita Lainnya

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyรถbaMรดtรถ

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblรฅkrรคck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

%d blogger menyukai ini: