Assalamu’alaikum.
Haaayyy……. Sobat bikerz, tak hanya Aprilia, Laverda Dan Cagiva yang bermain di kelas Sport Turing 125 cc 2 Stroke. nampaknya Gilera pun juga tak ingin ketinggalan dengan ikut ambil bagian dalam kelas ini sobat bikerz, dan yang akan kita bahas adalah salah satu Sport Turing kelas kadet 125cc 2 Tak dari pabrikan Gilera. Hadir dengan Code name Gilera RV 125 Dipersembahkan di Milan Motor Show pada bulan November 1983 dan dipasarkan mulai dari bulan Mei 1984, Gilera RV 125, nama kode tipe 128, dan masih sepupu dari enduro RX. Kehadiran Gilera RV 125 merupakan jawaban dari para remaja 16 tahunan saat itu yang menginginkan lebih banyak sepeda motor jalanan, hal ini dikarenakan pada masa itu kendaraan berbasis enduro lebih banyak beredar dan remaja muda kala itu sudah mulai jenuh dengan sepeda motor enduro. Tercatat saat itu Cagiva SST, Laverda LZ dan Honda CBX 125 mulai digandrungi.
Berbicara soal harga yang ditawarkan pada motor 2 Tak Gilera RV 125 kala itu dibanderol dengan harga 3.138.210 Lire Turkey dengan biaya tambahan 177.000 lire Turkey untuk versi elektrik starter. Warna yang hadir diantaranya putih krem dengan pilihan jok pengendara berwarna hitam atau merah dengan decal atau striping berwarna merah. Kemudian pada tahun 1985 hadir dengan warna merah dan jok pengendara berwarna merah atau hitam serta dipermanis stiker warna perak. Pada tahun 1986 hadir dengan livery hitam dan merah yang baru dengan dengan jok kantilever warna merah. seri Gilera RV / RX ( versi Enduro ) ini merupakan keberhasilan yang sangat penting bagi rumah produksi mereka yang terletak di Arcore provinsi Milan Italia Utara yang pada tahun 1984 mengalami peningkatan produksi sebesar 376%, yaitu dari 2590 sepeda motor yang terdaftar pada tahun 1983 menjadi 12294 sepeda motor yang terdaftar pada tahun 1984. Pada tahun 1985, produksi meningkat lebih jauh ke angka 19518 unit sepeda motor. Gilera RV 125 2 Langkah ini hanya mengalami perubahan kecil, diantaranya mengadopsi suspensi depan Paioli dimana sebelumnya menggunakan suspensi Marzocchi dan adopsi warna berbeda yang menjadi ciri pada model tahun 1985 dan 1986.

Dirancang oleh desainer terkenal internasional Paolo Martin, garis Gilera RV 125 yang modern dan mengesankan tampaknya mengingatkan pada Honda VF 400 F dan Yamaha RD 350 (sadel / tank cut). Panel kontrol pada setang dan instrumen dipercayakan pada CEV, yang membuat hal-hal besar untuk Gilera RV 125. menawarkan desain modern dan fungsional di samping termometer air radiator, memungkinkan Anda untuk memeriksa segala sesuatu yang terhubung ke Speedometer dengan jelas dan mudah terbaca. Suspensi Teleskopik depan mempercayakan pada Marzocchi 32mm dan dilengkapi dengan anti dive kemudian roda depan dan desain pengereman dipercayakan pada grimeca, selanjutnya suspensi monoshock belakang atau Gilera menyebutnya dengan Monodrive Marzocchi, adjustable spring preload. Berikut ini spesifikasi lengkap dari Gilera RV 125 sobat bikerz :
Make Model |
Gilera RV125 |
Year |
1984 – |
Engine |
Two stroke, single cylinder |
Capacity |
124 cc / 7.6 cu-in |
Bore x Stroke | 56 x 50 mm |
Cooling System | Liquid cooled, |
Compression Ratio | |
Induction |
Dell’Orto premix carburetor |
Ignition |
Electronic |
Starting | Kick |
Max Power |
18.74 HP @ 8250 rpm |
Transmission |
6 Speed |
Final Drive | Chain |
Front Suspension |
Marzocchi telscopic forks |
Rear Suspension |
Single Marzocchi shock |
Front Brakes |
Single 260mm disc |
Rear Brakes |
Drum |
Front Tyre |
2.15 -16 |
Rear Tyre |
2.15 -18 |
Wet Weight |
134 kg / 295 lbs |
Fuel Capacity |
Baca Juga Gaeezzz!!!!
- Sejarah Dan Spesifikasi Naked Sport Yamaha RXZ 135 Di Indonesia
- Honda Raider 135 Supersprint Idola Kawula Muda Negeri Tetangga
- Aprilia STX 125 Sport Turing Yang Terlampau Sejenak Mengaspal Di Era 80an
- Cagiva Aletta Oro S1 125 Jawaban Dari Persaingan Kelas Kadet 125 CC 2 Stroke Dekade 80an
- Sejarah Singkat Hadirnya Laverda GS 125 Lesmo Sport 2 Stroke Asal Italia
- Aprilia ST125 Sport Turing Idola Remaja Eropa Dekade 80an Sob!!!……
Next…. Kita sekarang masuk bagian mesin sebagai penggerak utama mempercayakan mesin 124 cc 2 Tak dengan pendingin cairan dan pengabutan disuplay oleh sebuah karburator Dell’Orto PHBH 26 BS serta bobot seberat 134 KG mampu memuntahkan daya kuda sebesar 18.74 hp pada 8.250 RPM dan kecepatan puncaknya 131KM/Jam. Silinder bloknya sudah menganut Light alloy cylinder Treaty jadi lebih tahan terhadap gesekan saat suhu ruang bakar mencapai terpratur tinggi, Mesin dari Gilera RV 125 dan RX enduro adalah pembaharuan yang mutlak bagi Gilera, menjadikannya nenek moyang dalam keluarga mesin 125 cc 2 langkah, baik itu nantinya untuk kelas jalan raya dan juga kelas enduro yang diproduksi oleh Gilera pada tahun 80an. Sedangkan harga jual dari Gilera RV 125 di masa sekarang ini cukup terjangkau bagi mereka yang ini nostalgia ataupun pengen merasakan sensasi berkendara dengan salah satu sepeda motor 2 Stroke bikinan Gilera ini. Tercatat melalui situs jual beli online berkisar direntang harga mulai dari 500 EURO sampe dengan 1.500 EURO. Okee…. Sobat bikerz terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.
Bull…..treng teng teng….
https://zonamotor.net/2018/06/27/10-faktor-yang-mempengaruhi-pilihan-konsumen-dalam-memilih-merk-motor-versi-zonamotordotnet/
lhaaa kok kyk vespa Cak
Muantep eeeeee…
matursuwun sdh mampir mas
Kalo dari samping kok kayak Honda win, Yen dari belakang kayak GL pro Yo
https://www.kabarngetren.com/2018/06/ternyata-ini-perbedaanya-antara-single.html
nggih