Assalamu’alaikum.

Haaaayy…….. Sobat bikerz, dibeberapa artikel sebelumnya warung ini sempat bahas salah satu pabrikan asal Italia yang juga ikut bermain dikancah 125 CC 2 Stroke, pabrikan itu bernama Laverda. Ingat namanya Laverda ini pabrikan sepeda motor bukan body lotion buat ngusir nyamuk nakal ya hehehehehehehe…….. ūüėÄ ūüėÜ . Jauh sebelum hadirnya Laverda GS 125 Lesmo, pabrikan Laverda terlebih dulu sudah menciptakan Laverda LZ 125. LZ ini merupakan hasil kolaborasi antara Laverda dan Zundapp yang merupakan penggabungan desain Italia dengan mesin Jerman. Pertama kali tampil pada ajang¬†di Milan Show pada tahun 1977 merupakan suatu gebrakan yang dihadirkan oleh duet Laverda dan Zundapp menghasilkan sebuah sepeda motor yang ciamik kala itu, tengok saja…. mesinnya sudah dipersenjatai dengan pendingin cairan aga lebih mumpuni dalam mendinginkan suhu mesin.¬†Oleh karena itu, Laverda LZ 125 menjadi jawaban yang tepat antara kehandalan, kinerja dan kualitas konstruksi, sehingga mendapatkan tempat terhormat di pasar 125 cc 2 Tak saat itu.

Jika saat itu Laverda menjajah pasar sepeda motor Italia dengan seri LZ 125 maka Zundapp mempersenjatai dengan seri KS 125 yang notabene mulai¬†garis desain yang sama, peralatan serupa, sasis yang sama dan mesin yang sama yang antara kedua versi persis sama, jadi ya cuman beda nama doang sob!!……. Ibarat jaman sekarang kayak Xenia ama Avanza gitu dech. Akan tetapi Laverda memiliki harga jual yang lebih rendah kala itu dibandingkan dengan Zundapp Contohnya seri Laverda LZ 125 Sport dengan Zundapp KS 125, harga yang ditawarkan adalah¬†1.720.000 lire Turkey untu Laverda LZ 125 Sport tahun 1981 sedangkan Zundapp membanderol dengan harga¬† 2.100.000 Lire Turkey untuk Zundapp KS 125. Selain itu banyaknya jaringan¬†dealer Laverda di wilayah Italia, tentu membuat LZ 125 ini memperoleh keberhasilan penjualan bersih yang lebih baik dibandingkan dengan Zundapp KS 125. Namun jangan salah Zundapp sengaja memasang harga lebih mahal dibanding Laverda karna kaum muda expatriat di Jerman lebih memilih kendaraan sebagai simbol status sosial dan Zundapp berhasil memberikan apa yang mereka inginkan.

Laverda LZ 125 ini hadir dalam 4 varian sobat bikerz, versi standar, elegant, custom dan soprt. Selain itu ada beberapa kekurangan dari Laverda LZ 125 ini daeri segi estetika knalpot dinilai terlalu panjang sampe melebihi roda berlakang jadi tidak nyaman buat wheelie, maklum saat itu lagi happening sepeda motor dipake atraksi wheelie dikalangan muda mudi sana, selain itu ketika mesin ini dimatikan selalu harus berhati-hati untuk menutup keran tangki , karna dapat memenuhi ruang mesin yang mengakibatkan banjir bensin. Chassis dari LZ 125 2 Langkah adalah girder atas klasik dengan dua dudukan pipa baja tubular. Bagian suspensi memiliki garpu non-adjustable berukuran 32 mm mempercayakn pada Marzocchi di bagian depan dan dua peredam kejut Sebac di bagian belakang yang dapat disesuaikan kemudian dikombinasikan dengan swingarm baja. Rem depan menggunakan piringan cakram ukuran 260 mm fixed-disk Brembo dengan caliper piston tunggal, sementara di belakang masih mengandalkan drum brake 160 mm. Hadirnya Velg alloy yang memiliki 7 jari-jari dan kedua lingkarnya masih memakai ukuran 18 inch. Berikut ini saya kasih spesifikasi lengkapnya sobat bikerz :

Make Model

Laverda LZ 125

Year

1977 – 79

Engine

Two stroke, single cylinder,

Capacity

124 cc / 7.6 cu-in
Bore x Stroke 54 x 54 mm
Cooling System Liquid cooled

Induction

Mikuni VM28 carburetor

Ignition 

Bosch MHKZ 
Starting Kick

Max Power

17 hp / 12.5 kW @ 7600 RPM

Max Torque

15.5 Nm / 11.5 lb-ft @ 7400 RPM

Transmission 

5 Speed
Final Drive Chain

Front Suspension

32 mm Marzocchi forks

Rear Suspension

Dual shocks

Front Brakes

Single 260 mm disc

Rear Brakes

160mm Drum

Front Tyre

2,50-18

Rear Tyre

3,00-18

Dry Weight

108 kg / 238 lbs

Fuel Capacity 

13 Litres / 3.4 US gal

Artikel Menarik lainnya Sob!!!!…………

Mesin Laverda LZ 125 menggunakan mesin yang sama dengan Zundapp KS 125 berkubikasi 124 CC silinder tunggal 2 Tak berpendingin cairan¬†dengan sirkulasi “termosiphon“, yaitu dengan sirkulasi alami tanpa pompa air, jadi belom memakai elektrik waterpump saat itu, tapi jangan salah sob…. mesinnya diklaim paling halus diantara sepeda motor 2 Langkah yang beredar saat itu. Ruang bakarnya memiliki ukuran Bore X Stroke¬†54 x 54 mm mampu menghasilkan tenaga sebesar¬†17 hp / 12,5 kW @ 7600 RPM dan mencapai Torsi puncak sebesar¬†15,5 Nm / 11,5 lb-ft @ 7400 RPM, dipadukan dengan transmisi 5 percepatan dan bobotnya yang hanya 108 KG serta disokong oleh karburator tunggal berlabel Mikuni VM28 mampu meraih kecepatan puncak hingga diatas¬†120 km per jam. Kencang juga nie sobat bikerz untuk ukuran motor keluaran tahun segitu, tapi dibalik semua kekurangan dan juga sejarah dari Laverda LZ 125 ini nyatanya tetap memiliki peminat yang fanatik. Terbukti pasarannya pun masih banyak peminatnya. ya maklumlah motor ini dulunya laris manis di negaranya sampe laku terjual lebih dari 20 ribu unit diawal kemunculannya. Harga Pasaran untuk Laverda LZ 125 ini berkisar dari harga termurah 990 Euro sampe diatas 3000 ribu Euro, ya kalo dikonversikan dalam rupiah dikisaran harga 17 jutaan sampe dengan diatas 50 juta sobat bikerz…… :mgreen: ūüėÜ tinggi juga ya pasaran sepeda motor ini ternyata. Okee………sekian dulu sobat bikerz, terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements