Assalamu’alaikum.

Haaaaayyy…….. Sobat bikerz, HRD Motor adalah perusahaan sepeda motor yang didirikan di salah satu kotamadya Italia bernama Busto Arsizio dan Luciano Marabese sebagai perancang modelnya. Perusahaan ini membangun mesin 125cc 2 Tak yang berkualitas tinggi dalam jumlah terbatas yang dirancang untuk memenuhi selera para pemuda Italia untuk mendapatkan kendaraan dengan berkinerja tinggi. Pabrik ini mempekerjakan sebanyak 12 orang dan dapat memproduksi sekitar 30 sepeda seminggu. Pada tahun 1983 perusahaan mulai membangun model HRD seri WH125. Ini merupakan sepeda motor yang hampir secara keseluruhannya dibuat oleh tangan hanya beberapa bagian saja yang dikerjakan di Pabrik. HRD WH 125 lahir dengan kode 24HV TAU TVR30 Mixer bermotor, arti dari TVR adalah TAU Valvola Rotant model ini diproduksi perusahaan sejak tahun 1977 tanpa air pompa pendingin “thermosyphon”.

 Kemudian pada tahun 1985 26hv WH125 / SH125 dan juga memiliki versi “Formula” dengan performa mesin sampai 32hp dan diklaim mampu menembus kecepatan hingga 190 KM/Jam. bagi orang Italia sendiri HRD WH 125 ini memiliki beberapa kekurangan contohnya penempatan pedal starter disebelah kiri. Lonjakan yang agak tidak efektif meningkat menjadi kejutan gila pada 7.000RPM dan kemudian berlanjut hingga melesat cepat naik menembus hingga 11.000 RPM. Kemudian posisi Riding kurang nyaman bagi sebagian pengguna HRD WH 125. Persaingan ketat terjadi pada produk ini, disini HRD menjadi sepeda motor 2 Stroke dengan harga termahal diantara rivalnya. dilempar kepasaran dengan harga 4 juta Lire Turkey produk lainnya hanya menjual diangka 2,6 Juta sampai 3,5 juta Lire Turkey, ditambah lagi gempuran sepeda motor buatan Jepang di negeri Eropa membuat HRD kehilangan daya jualnya. HRD dengan terpaksa harus memberhentikan produksi sepeda motornya di tahun 1987 dan KRAM-IT berencana akan membeli sahamnya. Sayang ya….. karna harga yang mahal dan minat pada sepeda motor ini kurang, akhirnya gulung tikar. Berikut ini kami hadirkan spesifikasi singkat dari HRD WH 125 sobat bikerz:

Info Sepeda

CC: 125

WH 125 Road / Red Horse Parts dan aksesori

Rem

Depan: Cakram
Belakang: Drum I cakram (untuk versi Silver Horse)
Ukuran Cakram Depan: 260mm
Front-Piston-per-caliper: 1
Ukuran Drum Belakang: 160mm

Ukuran

Berat kering: 104kg
Panjangnya: 1995mm
Tinggi Kursi: 820mm
Jarak roda: 1350mm
Lebar: 620mm

Listrik

voltase: 12v
Pengapian: motoplat transistorised

Mesin

Tipe: Liquid Cooled 2 Stroke Single
Bore x Stroke: 56 x 50,6
Rasio kompresi: 14,5 – 1
Kapasitas: 124,6 cc
Starting: Kick starter

Lain-lain

Tempat pembuatan: HRD motor spa. 15, 20028.Vittore Olona Italia

Kekuasaan

Konsumsi bahan bakar: 6 liter / 100 km
Output Daya Maks: 26hp @ 9750 rpm
Kecepatan Tertinggi: 145 kmh

Ban

Depan: 3,00-18
Belakang: 120 / 90-16

Artikel menarik Lainnya Gaaeeezzz!!!!……..

Sebagaimana dengan sebagian besar rivalnya, mesin dari HRD ini berkapasitas 124 cc dengan silinder tunggal, berpendingin cairan dan menggunakan mesin milik Aprilia dua langkah. Sasisnya menggunakan rangka baja tubular yang dirancang oleh mantan insinyur Bimota, dimana jika kalian melihat akan ada kemiripan dalam penampilan dengan Bimotameskipun vendor mengklaim jika mesin yang dicangkokkan pada HRD WH 125 ini adalah mesin Kawasaki yang dipasang. Namun, pedal start berada di kiri, karena ini adalah mesin TAU dan tentu berbeda dengan mesin milik Kawasaki. Komponen yang disematkan pada HRD WH 125 Two Stroke ini sangat berkualitas, lihat saja velgnya menggunakan merk Grimeca yang sudah terbukti kuat dan ringan,kemudian perangkat pengereman dipercayakan pada merk Brembo yang sudah teruji mampu menghentikan laju roda depan dan belakang dengan baik. Sedikit sekali informasi yang bisa didapatkan dari sepeda motor ini sobat bikerz, namun jangan salah sobat bikerz. Harga jualnya terbilang tinggi. Tercatat di situs jual beli online harganya bertengger dikisaran 4.500 Euro atau setara dengan 78,6 juta rupiah. Harga yang sangata fantastis bukan untuk sebuah sepeda motor yang jumlahnya tak begitu banyak. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semioga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements