Assalamu’alaikum.

Haaaaayyy…….. Sobat bikerz, Selain Aprilia… Sepak terjang Gilera tak kalah dalam membuat sebuah sepeda motor yang eksotis. Dipresentasikan pada ajang  Milan Motor Show 1987 dan mulai dipasarkan pada bulan April tahun 1988. Dimana perancangnya adalah Luciano Marabese yang juga merancang HRD Motor. Tahun 1988 adalah tahun yang sangat penting bagi pasar sepeda motor 2 Stroke 125 cc, pasar ini sejatinya diperuntukan bagi anak-anak usia 16 tahun yang dalam banyak kasus harus meminta kepada orang tua mereka untuk membeli sepeda motor 125 cc impian mereka. Gilera MX-1 adalah salah satu sepeda motor 2 Tak yang berbagi mesin denganseri  KZ sebelumnya / seri KK. Dengan persaingan sengit yang terjadi kala itu, Gilera dengan seri MX1 nya ditempatkan di tengah. Bahkan, Gilera MX1 bukan yang paling kuat, tercepat, paling maju secara teknologi, dan bukan pula yang paling ringan bobotnya.

Aprilia menghadirkan seri Aprilia AF1 Sintesi, sepeda motor yang paling canggih dan berbakat secara teknis yang pernah disajikan hingga saat itu. kemudian Cagiva menyajikan C10R yang paling konservatif yang merupakan pembaruan dari C9, dilengkapi dengan garis yang lebih terinspirasi oleh Ducati Paso yang luar biasa. Honda tak kalah pula menghadirkan NSR-F, dilengkapi dengan Frame die-cast aluminium yang luar biasa, dan secara total berlawanan dengan trend di negara Eropa Kala itu, tanpa embel-embel aerodinamis apa pun. Benelli’s Jarno tidak memiliki keberhasilan yang diharapkan dan kurang kompetitif dibandingkan dengan Yamaha TZR 125 yang diproduksi di Spanyol dan dipasarkan di Italia oleh Belgarda. Harga yang ditawarkan pada tahun 1988 adalah 4.955.000 lira dengan tambahan sebesar 295.000 lira turkey jika menginginkan versi elektrik starter. Warna yang tersedia adalah dua: putih / merah dan putih / biru.

Luciano Marabese merancang Gilera MX1 2 Langkah ini dengan memberikan garis yang sangat khusus dan asli yang membedakannya dari kompetitor. Fairing memiliki deflektor kecil di ujung atas untuk mengurangi tekanan udara pada pengemudi, sementara mudguard membawa arus udara optimal ke power dan cooling socket pada bagian lambung untuk keuntungan efisiensi. Uniknya, tangki yang tersematkan di belakang kokpit bukanlah tangki asli sobat bikerz. Tangki tersebut merupakan kompartemen penyimpanan dengan kualitas pembuatan yang sangat baik mampu menampung helm FullFace didalam bagasi penyimpanan. Nosel pengisian bahan bakar yang sebenarnya, dilindungi oleh kunci, kemudian ditempatkan di sisi kanan di dalam fairing dan untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke karburator menggunakan sebuah pompa listrik jadi sudah tidak menggunakan kran bensin. hanya ada tangki 17 liter yang ditempatkan di bawah mesin dan jelas dilindungi oleh perisai panas, tentu memiliki beberap keuntungan dan salah satunya adalah menurunkan pusat graviatsi sepeda motor sehingga lebih lincah untuk diajak bermanuver. Tangki oli samping ditempatkan di dalam fairing di sisi kiri yang merupakan sisi lain dari nosel bahan bakar. Instrumentasi CEV terlihat baru dan lengkap juga dilengkapi dengan jam digital serta kontrol listrik yang indah.

Sasis dari Gilera MX1 ini menggunakan tipe modern Deltabox double side box-beam dengan bebahan dasar baja murni, Teknisi Gilera belum memikirkan aluminium yang paling Ringan dan kuat untuk sasisnya. malah penggunaan alumunium digunakan untuk swingarm dan rak kursi belakang. eeittzz…. jangan salah walaupun sasisnya masih menggunakan baja murni berkekuatan tinggi ternyata ada keuntungannya juga sobat bikerz. Deltabox cukup besar, sehingga dapat dengan mudah mengakomodasi mesin 4-silinder di dalamnya, jadi kalo mau ganti pake mesin 4 silinder masih kuat menahan beban mesin dan juga getarannya.

Suspensi depan menggunakan Marzocchi dengan diameter 35 mm dan dapat diatur dalam tiga posisi. Suspensi belakang mempercayakan pada Power Drive Gilera yang terkenal dengan peredam kejut tunggal yang hanya dapat disesuaikan dengan mode semi preload. Sistem pengereman diproduksi oleh Grimeca dan di bagian depan terdapat piringan cakram berukuran 260 mm yang dilayani oleh kaliper model baru dengan empat piston terdiferensiasi, sementara di bagian belakang terdapat piringan 240 mm yang dilayani oleh dua piston. bagian kaki-kaki keduanya berukuran 16 “dan menggunakan ban Pirelli MT 75 dalam dimensi berikut: 100 / 80-16 di depan dan 120 / 80-16 di belakang. susah-susah dach nyari bannya ini kalo di Indonesia hahahahahaha…….. 😀

Mesin Gilera MX1 ini adalah generasi ketiga dari mesin Gilera yang lahir dengan nama Gilera RV pada tahun 1984 dan mempertahankan struktur yang sama, meskipun dibandingkan dengan mesin yang dipasang di Gilera KK tentunya akan ada perbedaan, diantaranya adalah:

New exhaust valve APTS 2 dengan pengaturan yang berbeda dan kontrol baru unit (juga sentrifugal mekanik) untuk meningkatkan keandalan
-Sistem pembuangan baru lebih preformante
-Kalibrasi ulang karburator (Dell’Orto selalu PHBH 28)
-Carter mendesain ulang
-Gearbox eksternal dan drive primer ditinjau ulang

Berbekal mesin 2 Langkah 124 cc, berpendingin cairan, memiliki ukuran Bore x Stroke 56 x 50,5 mm plus sebuah pengabutan bahan bakar  Dell’Orto 28PHBH dengan kompresi 13:1 mampu memberikan muntahan daya sebesar 29.3 hp / 21.8 kW @ 9900 rpm dan torsi sebesar 18 Nm / 13.2 lb-ft @ 10250  rpm dipadukan dengan transmisi 6 percepatan mampu meraih kecepatan puncak hingga 157.3 km/h. masih kurang sobat bikerz??? nie saya kasih spesifikasi lengkapnya:

Make Model

Gilera MX-1 125

Year

1988

Engine

Two stroke, single cylinder, reed valve

Capacity

124 ccc / 7.6 cu-in
Bore x Stroke 56 x 50.5 mm
Cooling System Liquid cooled
Compression Ratio 13.0;1

Induction

28 Dell’Orto PHBH carburetors

Ignition 

Electric ignition with capacitive output
Starting Electric

Max Power

29.3 hp / 21.8 kW @ 9900 rpm

Max Torque

18 Nm / 13.2 lb-ft @ 10250  rpm
Clutch Multi-disc oil bath

Transmission 

6 Speed 
Final Drive Chain

Front Suspension

35mm Marzocchi telescopic-hydraulic forks
Front Wheel Travel 130 mm / 5.1 in

Rear Suspension

Fork in die cast aluminium, Boge single shock absorber fork in die cast aluminium, Boge single shock absorber

Front Brakes

Single 260mm disc

Rear Brakes

Single 240mm disc

Front Tyre

100/90-16

Rear Tyre

120/80-16

Wet Weight

 132 kg / 291 lbs

Fuel Capacity 

17 Litres / 4.5 US gal

Consumption Average

22.3 km/lit

Braking 60 – 0 / 100 – 0

14.0 m / 40. m

Standing ¼ Mile  

15.7 sec / 132.9 km/h

Top Speed

157.3 km/h

Artikelnya Ndak Kalah Menarik Lho Gaeezz!!!!

Dengan rekor penjualan yan memuaskan Gilera MX1 cukup banyak diliniki oleh muda-mudi usia 16 tahunan di akhir dekade 80an. kini Gilera MX1 kembali menjadi incaran para kolektor penghobi motor 2 tak maupun mereka yang ingin bernostalgia dengan masa mudanya dulu. setelah ubek-ubek situs jual beli online internasional, akhirnya nemu juga kisaran harga dari Gilera MX1 ini sobat bikerz. banderol harga untuk sekarang ini dikisaran angka 950 Euro atau kalo di rupuahkan berkisar diangka 16.4 juta rupiah. bagaimana?? sobat bikerz ada yang  tertarikkah?? atau mungkin para Sultan 2Stroke di Indonesia mau masukin kemari??? Terima kasih sudah meluangkan waktunya mampir kemari sobat biker, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamui’alaikum.

 

Advertisements