Assalamu’alaikum.
Haayyyy…….. Sobat bikerz, Gilera tak hanya menghadirkan seri MX1 saja, namun sebagai penerusnya hadir pula Gilera MXR 125. Hadir pada bulan Februari tahun 1989 dan segera dipasarkan setelahnya, Gilera MXR 125, tipe 147, adalah evolusi dari Gilera MX1 sebelumnya yang membedakannya terutama pada bagian fairing baru dengan lampu bundar ganda dan fairing baru yang menyembunyikan rangka dibaliknya. Seri Gilera MXR ini hadir sebagai penerus dari seri sebelumnya. Sayangnya bagi Gilera, strategi ini tidak dihargai oleh pasar yang pernah ada untuk kelas 125CC 2 Tak, ditambah lagi pada saat itu, pabrikan Gilera sedang mengalami krisis keuangan yang pada akhirnya diakuisisi oleh pabrikan Piaggio pada tahun 1991 dan penutupan definitif pabrik Gilera di Arcore pada tahun 1992. Mengingat pada saat itu Gilera lebih fokus pada sport 125CC 2 Stroke sport SP / Crono / GFR dan CX futuristik.
Hampir sama dengan Gilera MX1, pada Gilera MXR Tangki tersebut merupakan kompartemen penyimpanan dengan kualitas pembuatan yang sangat baik mampu menampung helm FullFace didalam bagasi penyimpanan, instrumentasi dan kontrol listrik tetap tidak berubah. Gilera MXR 125, tipe 147, adalah evolusi MX1, Gilera MXR tipe 147 dikenal dengan DGM 52713 dan untuk penomoran chasisnya dimulai dengan 147 *. Oleh karena itu, meskipun model kode tipe 147, identik dengan MX1, MXR memiliki DGM yang berbeda dan spesifik untuk MXR. Harga pada tahun 1989 adalah Lire 5.600.000 dan warna yang tersedia adalah hitam atau merah atau putih.
Chassis pada Gilera MXR 125 ini sama dengan chasis Twinbox milik Gilera MX1 ddan sudah barang tentu geometrinya pun sama, meskipun ada beberapa variasi pada Gilera MXR 125. Sedangkan untuk mesinnya sedikit mengalami perubahan yaitu Silinder baru dan Sistem pembuangan baru serta karburator berbeda. Gilera MXR 125 Endurance lebih menekankan pada keselarasan akselerasi dari putaran bawah, tengah hingga atas, dibandingkan mengejar kekuatan maksimal. Dengan ukuran Bore X Stroke 56 x 50,5 mm dan kompresi 13.0: 1 serta pengabutan menggunakan sebuah karburator Dell’Orto PHBH ukuran 28 mampu memuntahkan daya kuda sebesar 29,3 hp / 21,8 kW @ 9900 RPM dan Torsi maksimal sebesar 18 Nm / 13,2 lb-ft @ 10250 RPM. kecepatan puncak klaim pabrikan mampu hingga menyentuh angka 158.8 km/h. Sedangkan berdasarkan data yang diukur secara independen menunjukkan kekuatan maksimum pada roda adalah 26,48 hp pada 9750 rpm dan kecepatan tertinggi 156,5 km / jam sedangkan pada Gilera MX1 meraih tenaga 26,01 hp dan 156,600 km / jam. Dalam tes shooting, mesin dari Gilera MXR 125 menunjukkan sedikit perbaikan dibandingkan dengan MX1 dan menegaskan keabsahan perubahan yang dibuat bermunculan dimulai 400 meter dari 50 km / h 20,259 detik pada waktu 93,75 km kecepatan / jam ( 20,587 detik dan 91,370 km / jam pada MX1). Bagian pembuangan terletak disisi kolong buritan dengan satu silincer namun bagian ujung silincernya bercabang dan menyebul disamping kiri kana stoplamp. Berikut ini spesifikasi lengkap dari Gilera MXR 125 sobat bikerz :
Make Model |
Gilera MX-R 125 Endurance |
Year |
1989-91 |
Engine |
Two stroke, single cylinder, reed valve |
Capacity |
124 ccc / 7.6 cu-in |
Bore x Stroke | 56 x 50.5 mm |
Cooling System | Liquid cooled |
Compression Ratio | 13.0;1 |
Induction |
28 Dell’Orto PHBH carburetors |
Ignition |
Electric ignition with capacitive output |
Starting | Electric |
Max Power |
29.3 hp / 21.8 kW @ 9900 rpm |
Max Torque |
18 Nm / 13.2 lb-ft @ 10250 rpm |
Clutch | Multi-disc oil bath |
Transmission |
6 Speed |
Final Drive | Chain |
Front Suspension |
Marzocchi telescopic-hydraulic forks |
Rear Suspension |
Fork in die cast aluminium, Boge single shock absorber fork in die cast aluminium, Boge single shock absorber |
Front Brakes |
Single disc |
Rear Brakes |
Single disc |
Front Tyre |
100/90-16 |
Rear Tyre |
120/80-16 |
Wet Weight |
132 kg / 291 lbs |
Fuel Capacity |
17 Litres / 4.5 US gal |
Consumption Average |
21.3 km/lit |
Braking 60 – 0 / 100 – 0 |
14.0 m / 40.0 m |
Standing ¼ Mile |
15.2 sec / 136.6 km/h |
Top Speed |
158.8 km/h |
Artikel Menarik Lainnya Gaeezz!!!!…..
- Suzuki Rg 150 GAMMA II Salah Satu RareBike 2 Stroke di Indonesia
- Sejarah Dan Spesifikasi Naked Sport Yamaha RXZ 135 Di Indonesia
- Yukzz…. Mengenal Lebih Dekat Carbon Fiber dan Kevlar Atau Aramid
- Sepak Terjang Gilera MX1 Sebagai Salah Satu pesaing Di Kelas Sport 2 Stroke Italia
- Rekam Jejak HRD WH 125 Sebagai Salah Satu Sport 2 Stroke Di Pasar Sepeda Motor Italia
- Aprilia RS 125 2Tak Eropa Tenaga Menggila Idaman Para Speed Junkie
- Generasi Yamaha Alfa Yang Digandrungi Kawula Muda Indonesia Tahun 90an
Motor sport khususnya 2 Langkah, tentu memiliki tempat tersendiri bagi para pecintanya. Terbukti, walau sudah berumur namun masih saja menjadi buruan para kolektor dan penikmat kecepatan serta mereka yang ingin bernostalgia masa muda atau malah sekedar menebus impian yang dulu belum pernah diraih. Harga Jual Gilera MXR 125 pada masa sekarang dalam kondisi utuh sebuah sepeda motor dipatok pada rentang harga terendah $792 Dollar sampai dengan $2264 Dollar. Jika dikonversikan dalam mata uang Rupiah dikisaran harga 11 jutaan hingga 33 jutaan sobat bikerz, tentu tergantung kondisi juga. Kalo di Indonesia sendiri, saya pribadi malah belum pernah lihat tuch….. Entah unitnya ada tapi diumpetin atau memang bisa jadi para Sultan 2 Tak nggak minat sama motor ini??….. Oke Sobat bikerz, terima kasih sudah meluangkan waktunya mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat Jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.