Assalamu’alaikum.

Haaaayy……… Sobat bikerz, kali ini kita akan bahas salah satu sepeda motor 2 Tak yang tentunya sangat asing di telinga orang Indonesia, Malanca nama pabrikan itu. Malanca didirikan oleh Mario Malanca yang memulai petualangan wirausaha di dunia permesinan, berlokasi di Bologna Italia dengan pangsa pasar di benua Amerika dan Asia. melihat pasar 125 cc 2 Stroke kala itu yang sedang digemari, maka Mario Malanca memperkenalkan untuk pertama kalinya di ajang Paris Motorshow menampilkan sepeda motor dengan mesin tiwn silinder 125 cc 2 langkah. ini merupakan awal dari lahirnya 125cc 2 silinder 2 Langkah dari pabrikan Malanca hingga pabrikan tersebut tutup, tentunya dengan banyak inovasi yang telah dihadirkan selama Pabrikan Malanca berkiprah dalam bisnis otomotif roda dua dan yang jadi bahasan warung ini salah satunya akan ngebahas Moped bikinan pabrikan Malanca dengan nama OB One 125 CC 2 Stroke sobat bikerz.

Dipresentasikan pada bulan Desember 1981 di pameran Milan yang kemudian pada tahun 1882 Malanca OB One 125 cc dan OB One 125 Racing mulai di pasarkan, kode atau singkatan OB sendiri mengacu pada nama pembalap Otello Buscherini yang menjuarai balapan nasional akal itu, sayangnya, pada tahun 1976 setelah kecelakaan fatal Otello Buscherini, Malanca mundur dari kompetisi.. Seri pertama OB ditandai dengan kode homologasi DGM 19841 OM, seri Malanca OB One 125 pertama ini masih berbagi komponen dengan pendahulunya, malah bisa dikatakan Malanca OB one 125 hanya berganti mesin, dimana mesin yang digunakan benar-benar baru dan sudah mengadopsi pendingin cairan akan tetapi sasis dan lainnya masih tetap memakai yang sebelumnya. Sesuai tradisi Malanca juga memasarkan versi ekonomis alias murah meriah yang merakit mesin berpendingin udara dari GT 80 pada sasis OB One, akan tetapi respon pasar saat itu sangat buruk sehingga berimbas pada kurang lakunya seri murah meriah dari OB One 125 ini.

Seri Malanca OB One 125 pertama ini sayangnya masih menggunakan sistem operasi “termosiphon“, yang sama yang digunakan pada saat itu oleh mesin Zundapp yang dipasang pada Laverda 125, dan karena itu tanpa pompa serta mulai dipasarkan pada kuartal pertama tahun 1982 dengan harga 3.077.400 lire Turkey kala itu. Suspensi depan teleskopik dengan Anti Dive System dan sepasang piringan cakram serta kaliper untuk menghentikan laju ban depan yang berukuran 18 Inch. Panel Instrumen pada speedometer cukup baik, dimana sisi sebelah kiri menampilkan RPM dan di sebelah kanan menampilkan speedometer serta bagian bawah untuk pengukur suhu mesin. Suspensi belakang masih menggunakan Dual Shockbreaker sama seperti seri Malanca sebelumnya, penghenti laju ban ukuran 18 Inch bagian belakang dipercayakan pada single cakram dan lengan ayunnya pun masi berbentuk besi bulat.

Seri kedua Hadir pada tahun 1984 hadir Malanca OB One 125 dengan dua versi yang pertama beraliran sport dengan fairing yang tertutup penuh dan juga stang kemudi balap biasa disebut dengan Malanca OB One 125 Racing, sedangkan seri berikutnya menggunakan Half fairing dengan setang kemudi ala motor turing atau biasa disebut dengan Malanca OB One 125. Perbaikan pada area mesin dilakukan dengan ditambahkannya pompa air Bosch tentunya lebih cepat menstabilkan panas mesin. Suspensi depan tidak ada perubahan masih tetap menggunakan teleskopik, namun lingkar roda depan beruabh ukuran menjadi 16 Inch. sedangkan suspensi belakang berubah total karna telah menggunakan swingarm model besi kota dan suspensi monoshock. Harga yang ditawarkan untuk Malanca OB One 125 seri kedua ini adalah  3.290.000 Lire Turkey. Malanca OB One 125 dengan kode “6M”, hadir dengan gearbox 6-speed dan dijual kala itu dengan harga 3,625,000 Lire Turkey pada tahun 1985.

Mesinnya sendiri menggunakan mesin 124 cc 2 silinder segaris 2 langkah berpendingin cairan dengan ukuran Bore X Stroke 43.0 x 43.0 mm dan kompresinya 11:1 mampu memuntahkan daya kuda sebesar 26.00 HP (19.0 kW) @ 10800 RPM dan mampu meraih kecepatan puncak hingga 136.0 km/h (84.5 mph). Namun sayangnya seri Malanca OB One 125 dan Malanca OB One 125 racing seri kedua sedikit mengalami penurunan daya menjadi 25.00 HP (18.2 kW) @ 11000 RPM akan tetapi terjadi sedikit kenaikan pada puncak kecepatan, tercatat untuk seri kedua ini malah mampu melesat diatas 140.0 km/h (87.0 mph). Pada tahun 1984 Malanca OB One 125 dan OB One Racing 125 adalah sepeda motor jalanan yang paling kuat dan tercepat di pasar dengan keuntungan sekitar 10 km / jam lebih cepat di antara pesaing 125 cc lainnya. Berikut ini spesifikasi lengkap dari Malanca OB One 125 Racing sobat bikerz :

Category: Sport
Year: 1982-1985
Model: Malanca 125 E 2 CS ob one 5 N

Engine and Transmission Specifications

Transmission typefinal drive: Chain
Gearbox: 5-speed
Cooling system: Liquid
Fuel control: Port control
Bore x stroke: 43.0 x 43.0 mm (1.7 x 1.7 inches) Twin cylinder
Compression: 11.0:1
Power: 26.00 HP (19.0 kW) @ 10800 RPM I 25.00 HP (18.2 kW) @ 11000 RPM ( seri tahun 84)
Stroke: 2
Engine type: Twin
Capacity: 125.00 ccm (7.63 cubic inches) Two Stroke

Physical measures and capacities

Weight incl. oil, gas, etc: 107.0 kg (235.9 pounds)

Malanca 125 E 2 CS ob one 5 N dimensions and frame

Rear brakes: Single disc
Front brakes: Dual disc
Rear tyre dimensions: 80/90-18
Front tyre dimensions: 80/90-18

Speed and acceleration

Top speed: 136.0 km/h (84.5 mph) I 140.0 km/h (87.0 mph) ( versi tahun 84 )

Other specs

Fuel capacity: 13.00 litres (3.43 gallons)

BACA JUGA YA GAAEEZZZZ!!!!!!!!!………….

Sebenarnya di tahun 1985 Malanca sudah mempersiapkan OB One 125 dan OB One 125 Racing seri ketiga dengan tampilan yang lebih segar tak hanya itu, sektor mesin kembali mengalami perbaikan dengan meningkatnya tenaga kuda menjadi 30 HP tentunya ini suatu yang fantastis mengingat kubikasi mesinnya yang hanya 125 cc 2 Langkah, katup buang pun sudah menggunakan eletkronik macam Honda dengan RC-Valve atau Yamaha dengan YPVS nya, tak hanya mesin sektor sasis juga mengalami perombakan total sobat bikerz, lihat saja sudah menggunakan frame jenis besi kotak dengan sudut kekakuan yang lebih baik. Sayangnya Malanca pada saat itu akhirnya enggan untuk melempar ke pasaran Internasional seri ketiganya malah menarik diri dari kompetisi yang sebentar lagi akan terjadi, sungguh sangat disayangkan sekali hanya berakhir sebagai produk purwarupa alias prototype saja.

Dengan Kembalinya Trend sepeda motor Dua Tak di seluruh Dunia, maka berimbas pula pada Malanca OB one 125 dan OB One racing yang kini mulai dilirik kembali oleh penyuka motor klasik maupun kolektor. Harga pasarannya pun cukup stabil ternyata Untuk Malanca OB One 125 Racing seri kedua rata-rata direntang harga 3.600 Euro ya yang  jelas tergantung kondisi motor juga sobat bikerz, tapi hasil berselancar di dunia maya untuk Malanca OB One 125 dan Malanca OB One Racing cukup stabil terutama di negara asalnya Italia sana, bahkan kondisinya pun masih sangat terawat. Okeee……… Sobat bikers, sekian dulu ya, terima kasih sudah meluangkan waktunya mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Advertisements