Assalamu’alaikum.

Haaayyy……….. Sobat bikerz, bahasan kali ini ke geng ijo alias Kawasaki…Kawasaki merupakan satu dari sekian banyak pionner yang telah meluncurkan sport 2tak. salah satunya adalah Kawasaki Ninja 80 R, whaaat???….. beneran ada Kawasaki Ninja 80 R???? di Indonesia apakah ada ya??… hmm mari kita bahas bersama-sama sobat bikerz. Sejak beberapa tahun kebelakangan ini, ramai peminat 2Tak, bahkan banyak pula yang berburu sampe ke desa-desa buat mencari motor 2tak yang diincar. Salah satu model yang saya kira pasti akan mendapat perhatian ramai apabila berada di jalan raya ialah Kawasaki Ninja 80RR atau nama lainnya Kawasaki AR80K. setelah obrolan singkat dengan salah seorang suhu 2Tak yaitu om Anggi Josep ternyata unit nya tidak pernah masuk Indonesia sobat bikerz. Jadi kalo mau berburu ini motor kudu ke Malaysia yang paling dekat dari Indonesia.  Ternyata motor yang bernama Kawasaki Ninja 80RR itu adalah Kawasaki AR80K, alias Micro Magnum alias AR80 dengan desain Half-Fairing. Motor ini khusus dipasarkan di regional Asia Pasifik aja sobat bikerz. Berbagai nama sebutan untuk KAwasaki AR80 ini, disebut Kawasaki AR80K di Filipina, Micro Magnum di Thailand, serta Kawasaki Ninja 80RR di Malaysia.Pembahasan kita mulai dulu dari sosok Aslinya ya sobat bikerz, Kawasaki AR80, merupakan motor pertama diperkenalkan tahun 1981 silam, hingga akhirnya berakhir tahun 2003 lantaran masalah mainstream dunia saat itu biasa emisi 2Tak tidak ramah lingkungan. Namun ternyata Kawasaki AR80 ini ndak sendirian juga sobat bikerz, ada beberapa saudara beda kubikasinya seperti kawasaki AR50 untuk Pasar Eropa dan Jepang, kemudian Kawasaki AR80 dilempar ke pasar Global tapi Indonesia nggak masuk, kawasaki AE50 mengusung tema Dual-Sport 50cc, ada juga AE80 mengusung tema Dual-Sport 80cc, serta Kawasaki  AR125 yang juga kita kenal pernah wara-wiri di Jalanan Indonesia ini.

Kawasaki AR80 sendiri diperkenalkan pertama kali dalam wujud Naked-Bike mungil yang Advanced. Hingga akhirnya ada juga versi Half-Fairing nya bernama AR80K. Meskipun keluaran tahun 1980-an dan berkubikasi yang mungil, Tapi jangan pernah meragukan spesifikasinya. Tuh lihat aja, Motor ini sudah dibekali dengan  Velg Cast-Wheel (Racing), Swing arm plus Stabilizer, Disc Brake depan, Monoshock Uni-Trak. Motor dengan cc segini tapi speknya seperti motor 150cc keatas. Kemudian dari sektor mesin, walaupun hanya 80cc tapi jangan pernah meremehkan tenaganya sobat biker. Hanya dengan 80cc saja dengan berbekal Bore x Stroke : 47 x 45,8 mm bisa memuntahkan daya sebesar 20 HP @ 8.500 RPM,bagian pengabutan bahan bakar diprcayakan oleh Karburator Mikuni VM18SS, Transmisi 6-Speed dan Pendingin Cairan untuk yang ini hanya ada di seri Kawasaki AR80K. Berikut ini saya jabarkan spesifikasinya sobat bikerz :

Manufaktur : Kawasaki Heavy Industries

Model : AR80K (Micro Magnum LC, Ninja 80RR)

Tahun Pembuatan : 1994 – 2003

 

Engine : 2-Tak, Liquid-Cooled, Silinder Tunggal, Reed Valve, Superlube Oil-Injection

Bore x Stroke : 47 x 45,8 mm

Kapasitas Silinder : 79, 4 cc

Rasio Kompresi : 7,5 : 1

Transmisi : 6-Speed

Sistem Penyuplai BBM : Karburator Mikuni VM18SS

Sistem Starter : Kick Starter

Max Power : 20 HP @ 8.500 RPM

Max Torsi : –

 

Dimensi P x L x T : 1.815 x 610 x 1.055 mm

Jarak Sumbu Roda : 1.196 mm

Jarak Terendah ke Tanah : 170 mm

Berat Kosong : 115 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 8 Liter

 

Rangka : Steel – Cradle Frame

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Swing Arm, Monoshock with Uni-Trak

Rem Depan : Cakram Hidrolik, Disc 230 mm, Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Drum Brake (Tromol)

Ban Depan : 2.75 – 17

Ban Belakang : 2.75 – 18

Di negara tetangga pun sepeda motor ini sekarang menjadi incaran para kolektor 2Tak, wajar karna produ ini sudah discontinue… Tapi jangan salah sobat bikerz di thailand sepeda motor ini masih dijual dengan kondisi new alias baru bukan second atau bekas. Harga barunya Kawasaki AR80 atau biasa disebut Micro Magnum ini di Thailad dijual seharga kisaran 47000baht, penasaran???…. Monggo di rupiahkan saja berapa harga barunya hehehehehehe…. 😆 yang pasti bikin ngiler kalo harganya dirupiahkan, oke sobat bikerz terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.