Assalamu’alaikum.

Haaaaaayy……….. Sobat bikerz, kalo kmaren udah ngebahas Malaguti RST 50 dan arikelnya bisa baca DISINI, maka kali ini salah satu Rivalnya nie yang akan Kita bahas. Yaapzz…… Siapa lagi kalo bukan Aprilia AF1 50 yang rupanya sudah setahun lebih dulu mengaspal di jalanan dibandingkan dengan Malaguti RST 50. Aprilia AF1 50 hadir di tahun 1986, tipe AB, yang dicirikan dengan kode homologasi OM 52107 merupakan AF1 pertama yang diproduksi dan bahkan dijual setahun lebih awal dibandingkan dengan kakaknya Aprilia AF1 125 tahun 1987. Aprilia selalu menjadi yang paling memperhatikan trend mode sepeda motor saat itu dan yang paling aktif dalam menyajikan produk muda yang disukai anak-anak. Aprilia AF1 50 merupakan tonggak mutlak dalam pengertian ini. Selain Malaguti RST 50, ternyata ada juga lho pabrikan lain yang ikut meramaikan kelas 50 CC 2 Stroke ini, diantaranya ada Cagiva dengan Mito 50, kemudian Yamaha dengan TZR 50 dan Honda dengan NSR 50.

Mesinnya dikenal dengan kode RV4 Minarelli, transmisi empat percepatan dan berpendingin cairan, Suspensinya menggunakan garpu Aprilia berukuran 30 mm dan shock absorber belakang yang dikombinasikan dengan suspensi APS yang bekerja pada swingarm baja. Sistem pengereman menggunakan cakram depan berukuran 220 mm dan di belakang menggunakan cakram ukuran 220 mm (atau drum 118 mm). Roda lentikuler 16 “di depan dan 17” di belakang. Garis AF1 50 ini benar-benar indah yang hadir dalam balutan warna warna putih / biru / merah yang benar-benar menawarkan sesuatu yang baru kepada anak-anak berusia empat belas tahun pada saat itu. Selama tahun 1987 hadir juga  warna merah / hitam. Harga pada tahun 1986 adalah 3.280.000 Lire untuk versi opsional lengkap yang menawarkan rem cakram belakang dan starter elektrik. (Lire 2,980,000 untuk versi dasar dengan rem drum/tromol belakang dan start kick starter).

Dua tahun berikutnya tepatnya pada tahun 1988 Aprilia memperbarui sepenuhnya Aprilia AF1 50 menyerupai dalam segala hal dengan saudaranya yaitu Aprilia Sintesi 125. Anehnya, AF1 50 keluaran tahun 1988 ini mengadopsi nama AF1 125 ’87 atau Project 108. Salah satu alasannya mungkin dapat ditemukan dalam kehendak pemasaran Aprilia untuk menekankan penerapan lengan lengan ayun tunggal (disebut hanya “108 proyek) dan untuk pertama kali diadopsi pada sepeda motor 50 CC 2 Langkah. Hanya satu warna tersedia dan harganya Lire 3,350,000 dengan, tidak seperti versi sebelumnya, starter elektrik dan disk belakang sebagai standar penjualan mereka. Perubahan yang dibuat pada Aprilia AF1 50 tahun 1988 dengan seri sebelumnya adalah sebagai berikut sobat bikerz :

  • Bingkai / frame baru terbuat dari bahan baja yang ditandai dengan posisi kursi / sadel baru yang dilas ke struktur.
  • Skorsing penerapan garpu yang direvisi dalam pengoperasian kemudi baru. Di bagian belakang suspensi APS yang terkenal direvisi untuk dapat bekerja dengan swingarm baja satu-sisi yang baru alias monoarm.
  • Sistem pengereman mengadopsi master rem depan baru, kaliper rem, dan cakram depan. Juga di belakang master rem belakang baru, kaliper rem dan cakram belakang digunakan. Diameter kedua cakram tetap sama dengan versi sebelumnya, yaitu 220 mm.
  • Roda tetap mempertahankan diameter yang sebelumnya, yaitu 16 “di depan dan 17” di belakang.
  • Braket bracket pengemudi alias rider selalu terbuat dari baja dan dilas ke rangka, tetapi sekarang alas kaki atau footstep depan  terbuat dari aluminium yang lebih kecil dan lebih sporty.
  • setang dan kontrol kopling baru.
  • Knalpot mengadopsi ekspansi baru dan silincer yang baru.

Selanjutnya di tahun1989 Aprilia AF1 50 menerbitkan seri Replica, yang didedikasikan untuk Belgia De Radigues menggantikan Loris Reggiani untuk musim ’89. Replika warna yang diperkenalkan putih / merah melanjutkan apa yang kita lihat pada versi sebelumnya. Harga pada tahun 1989 adalah Lire 3,640,000. Dibandingkan dengan model sebelumnya perubahan lebih terkonsentrasi pada bagian instrumentasi baru yang tampil lebih sporty hasil garapan tangan dingin Veglia BORLETTI yang hampir identik dengan yang dipasang pada Aprilia AF1 125 dan rem cakram depan baru dengan diameter lebih besar. bagian mesin menyesuaikan dengan peraturan baru yang pada saat itu membatasi jumlah rasio roda gigi semual 4 percepatan menjadi hanya 3 percepatan. Mesin Minarelli kemudian diperbarui dan menggunakan nama RV3.
Jadi, mari kita lihat perubahan apa saja yang dilakukan pada Aprilia AF1 50 ini sobat bikerz :

  • Head Fairing memiliki lampu depan yang lebih kecil dan cembung, bukan datar seperti pada Project 108 sebelumnya dan memiliki asupan udara sentral yang membuat penampilan terlihat sporty. Tangki terbuat dari plastik dengan penutup tangki plastik pula.
  • Instrumentasi baru Veglia Borletti dengan tachometer berdiameter besar dan jumlah terpisah di sebelah kiri.
  • Rangkanya benar-benar mulus, alih-alih memiliki gelombang menurun yang bergelombang, apalagi bingkai itu memiliki corak pedal pilot yang dilas (tidak ada di Proyek 108).
  • Garpu atau suspensi depan direvisi dan pelat kemudi baru dengan logo “AF1” dicetak. Versi “B”, yaitu pembaruan produksi, dilengkapi dengan garpu atau suspensi depan jenis kedua hadir dengan penutup debu yang terangkat. Peredam kejut dan swingarm tetap tidak berubah, tetapi menggunakan warna abu-abu yang berbeda dari seri sebelumnya
  • Sistem pengereman pada umumnya tidak berubah, meskipun di depan piringan cakram baru dengan diameter 290 mm, dilayani oleh caliper baru dengan pengereman yang lebih pakem tentunya.
  • Mesin RV3 Minarelli mengadopsi gearbox baru terbatas hanya 3 roda gigi. Sebagai akibatnya Aprilia mendesain ulang ruang mesin yang ditingkatkan untuk mendukung torsi yang lebih besar dan karena itu mencoba untuk membatasi ketidaknyamanan yang diberikan oleh hanya tiga percepatan. Ini adalah modifikasi yang dirancang oleh Aprilia dan diadopsi di seluruh rentang 50 ’89. Selain itu, AF1 50 juga mengadopsi ekspansi baru dengan silincer yang berbeda.

Make Model

Aprilia AF1 50 / Aprilia AF1 Project 108 Replica

Year

1986 – 1992

Engine

Two stroke, single cylinder AM3

Capacity

49,7 CC
Bore x Stroke 40,3 x 39 mm
Compression Ratio 12:1
Cooling System Liquid cooled

Induction

Dell’Orto carburetor, SHA 14/12

Ignition

Electronic

Starting

Electric And Kick

Max Power

5.4kW / 7.3BHP pada 6500 rpm
Wheelbase 1310 mm

Transmission

4 Speed I 3 Speed ( 1988 )

Final Drive

Chain

Front Suspension

Telescopic fork, Ø 30 mm

Front Wheel Travel

120 mm / 4.7 in

Rear Suspension

Aprilia progressive mono shock system

Rear Wheel Travel

120 mm / 4.7 in

Front Brakes

Single Ø 290 mm disc, 4 piston caliper

Rear Brakes

Single Ø 220mm disc, 2 piston caliper

Front Tyre

90/90-16

Rear Tyre

100/80-17

Seat Height

780 mm

Dry Weight

89 kg

Spark Plugs

NGK B8ES

Fuel Capacity

12,2 Litre

Carburation Idle Jet

 50

Carburation Main Jet

 75

Two Stroke Oil

 10w40

Wet Weight

 121 kg

Top Speed

75 KM/H
Colours Red/Black/white

Baca Juga Gaeeezzz!!!!!!………

Berbekal Mesin RV3 Minarelli 49.7 CC 2 Tak Single Silinder dengan ukuran Bore X stroke 40,3 x 39 mm mampu memuntahkan daya kuda sebesar 5.4kW / 7.3BHP pada 6500 rpm dan rasio gigi 4 percepatan ( direvisi menjadi 3 percepatan di 2 tahun berikutnya ) mam[u memberikan Top speed mencapai 75 KM/Jam pada 6.500 RPM plus ditunjang bobot kosongnya yang hanya 89 KG saja, sudah sangat cukup bikin remaja 14 tahunan bergidig untuk memacu adrenaline. Di jaman Globalisasi yang serba canggih ini, ternyata Aprilia AF1 50 2 Stroke kembali menjadi incaran. Entah para collector sepeda motor dan juga mereka yang ingin bernostalgia dengan tunggangan mereka semasa remaja. Tercatat hasil berselancar di situs jual beli online internasional dan juga forum diskusi online, harga untuk sebuah sepeda motor bekas Aprlia AF1 50 ini adala 460 Euro hingga 1.900 Euro sobat bikerz. Oke sobat bikerz sekian dulu artikel kali ini, terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.