Assalamu’alaikum.

Haaay…………. Sobat bikerz, masih seputar dunia 2tak dan semoga kagak bosen nie mampir kemari hehehehehehe………….. 😆 kali ini ngebahasa produk 2tak Yamaha sobat bikerz. Yamaha Tiara S 120 merupakan sepeda motor yang masuk secara CBU melalui YMKI pada periode awal tahun 200an. Sepeda motor ini walaupun di Thailand ada tapi didatangkan  bukan dari negeri gajah putih Thailand tapi didatangkan YMKI dari negeri seberang yaitu Malaysia. Selain di Indonesia sepeda motor ini juga diproduksi di Thailand, Malaysia, Singapore, dan Yunani. Di negara tetangga motor ini dikenal dengan nama lain YAMAHA JR 120 dan YAMAHA Speed MX 120. Diperkenalkan pada tahun 1999 di pasar Thailand hadir sebagai suksesor edisi sebelumnya yaitu Yamaha JR120S, Yamaha Tiara ternyata juga sukses masuk ke Indonesia pada awal tahun 2000an. Motor yang diimpor dari negara Malaysia oleh YMKI ini memiliki desain Ayago yang saat itu lagi booming di Indonesia sobat bikerz. Bahkan dari sisi desain enggak kalah sama Honda Nova Sonic ataupun Satria FU yang hadir pada tahun itu. Sobat Bikerz bisa tengok penggunaan Stang Clip-On nya yang mantap, Desain sayap samping yang eksotis plus Desain buritan yang sporty menjadikan Ayago ini idola di masanya.

Masuk ke sektor mesin Yamaha Tiara S 125 dipersenjatai dengan mesin 2Tak 120 cc namun masih mengadopsi Air-Cooled alias Pendingin Udara dengan Bore & Stroke 54 x 52 mm plus rasio kompresi sedang 6,8 : 1 sobat bikerz.  Pada bagian sistem pengabutan bahan bakar Yamaha Tiara 120 S dipersenjatai menggunakan Karburator buatan Mikuni yang diberi label VM22SS yang mampu mengawal kinerja mesin Tiara 120 S. Sejatinya misi Yamaha Tiara S 120 ini adalah menghancurkan dominasi SUZUKI RG-SPORT di kancah roadrace nazional pada saat itu, tepatnya di kelas underbone tune up seeded 2 stroke 115 cc, semua pada masa itu tau bahwasanya SUZUKI RG-SPORT yang bertanding di sirkuit dadakan adalah SUZUKI RG-SPORT jadi-jadian daripada motor suzuki 120cc lokal, sapa lagi kalo bukan satria 120 hehehehehe…… 😆 Kehebatan sepeda motor ini ada pada akselerasinya. Konon akselerasi dari 0-100km/h hanya ditempuh dalam waktu 7,5 detik. Performa mesinnya sudah semi racing. Selain itu motor ini juga diperlengkapi dengan double disc brake, transmisi 6 speed dan mesin tegak.

Yamaha Tiara 120 S mampu memuntahkan output power hingga 17 PS dan torsi maksimum 15,5 N.m Sebuah angka yang cukup besar untuk ukuran motor ayago pada masa itu. Suspensi belakang monshock kemudian perangkat pengereman depan belakang sudah dilengkapi discbrake menjadi daya tarik tersendiri pada sat itu. Berikut ini saya lampirkna spesifikasi sang ayago sport Yamaha Tiara S 120 sobat bikerz:

ENGINE TYPE : 2 STROKE CRANKCASE REED VALVE AIR-COOLED 119.0 CC.
BORE AND STROKE : 54.0 X 52.0 MM.
COMPRESSION RATIO : 6.8:1
HORSE POWER : 17.0 PS/7,500 RPM
TORQUE : 1.55 KPM./7,000 RPM
CARBURATOR : MIKUNI VM22 S.S.
TRANSMISSION : 6 SPEED
SPARK PLUG : C7HSA (NGK)
IGNITION : CDI. DC.
CLUTCH SYSTEM : AUTOMATIC DOUBLE CLUTCH
START SYSTEM : KICK START
FUEL CAPACITY : 6.5 L.
AUTOLUBE CAPACITY : 0.95 L.
DIMENSIONS : 630 X 1,864 X 968 MM.
WHEELBASE : 1,230 MM.
FLOOR HEIGHT : 139 MM.
SEAT HEIGHT : 765 MM.
DRY WEIGHT : 100 KG.
FRONT SUSPENSION : TELECOSPIC
REAR SUSPENSION : MONOSHOCK
FRONT BRAKE : DISC BRAKE
REAR BRAKE : DISC BRAKE
FRONT TIRE : DUNLOP TT900 2.25-17
REAR TIRE : DUNLOP TT900 2.50-17

Karna sepeda motor ini kembali naik daun alias ngehits….. tentu banyak yang memburunya sekedar untuk koleksi atau meminang ayago ini untuk mengenang masa muda. Naaahh….. Tentu saja karna sepeda motor ini sudah mengalami discontinue lama otomatis kendala ketersedian sparepart menjadi masalah utama, berikut saya coba berikan beberapa sparepart motor lain yang bisa disubtitusi untuk Yamaha tiara S 120 ini sobat bikerz:

– Untuk gear rantai depan bisa pakai punya suzuki a100/rgr/trs oem

– Rante pakai Indoparts 124 potong 3 mata (jadi 21)

– Paking atas pakai punya rX king

– Seal Master rem belakang pakai kawasaki Ninja 150

– Disc belakang punya 125z

– seher = seher rxs

– stang seher = rxs

– kampas kopling = tiger/gl125

– kampas rem dpn = F1zr

– kabel kopling 1set = tiger

– laher roda dpn = fizr

– laher roda blkg = fizr

– reed valve/membran = satria R

– paking cyk head = rxs,rx-king

– master cilynder kit : F1zr

– per kopling = jupiter mx, yz 125

– knalpot standar racing ahm stria 120 malaysia

– KICK STATER/Engkol bisa pakai Yamaha Scorpio Z 2005