Assalamu’alaikum.
Haaaaaaayyyy……… Sobat bikerz, ini adalah bagian akhir dari Trilogy Honda NSR 250 Series. Seri yang ini di Indonesia merupakan salah satu sepeda motor impian, loe… belom bisa dibilang Sultannya motor 2 Stroke kalo belom ada salah satu piaraan 2 Tak 250 CC sport fairing di garasi dan salah satu yang sangat menjadi incaran ya honda NSR 250 MC28 sobat bikerz. Gimana ndak menjadi Legend???…. liat aja Honda NSR 250 MC28 ini nongol di film Full Throttle dan The Legend Of Speed. Bagi kalian yang belum sempat baca bisa mampir untuk baca BAGIAN 1 dan BAGIAN 2 nya sobat bikerz. Honda NSR 250 MC28 ini merupakan seri terakhir dari Klan NSR 250 dan merupakan yang paling mahal harganya diantara Honda NSR 250 lainnya. Varian apa sajakah yang kira-kira tersedia di Honda NSR 250 MC28??… kemudian apa saja pembaharuan dari MC28 ini ya??….
Honda NSR 250 MC28 ini mulai dijual di jepang pada tahun 1994 dan berakhir pada tahun 1999, sama dengan seri Honda NSR 250 MC21 yang terbagi dalam 3 varian. Seri terakhir ini sudah mengaplikasin ProArm sebagai lengan ayun belakang dan tambahan Smart Card untuk menyalakan yaitu sudah tidak menggunakan kunci konvensional namun peran kunci tersebut berganti dengan sebuah kartu untuk menyalakannya. Bisa Dibilang Honda NSR 250 MC28 merupakan sepeda motor 2 Langkah 250 CC pertama dan satu-satunya yang menggunakan Smart Card untuk menyalakan motor yaitu suatu alat yang digunakan untuk mengimprove engine management. Tujuan Honda Mengganti dengan Smart Card adalah untuk mudah membatasi output power dari MC28 ini dan juga memudahkan rider untuk mengganti setingan motor, jadi tinggal ganti Smart Cared maka setingan dan tenaga motor pun berubah… namun kenyataan justru jadi menyulitkan bagi mereka yang senang oprek mesin, disamping itu biaya yang dikeluarkan jadi lebih mahal bila mengoprrek mesin dan pengapainnya. Honda NSR 250R MC28 bisa dikatakan sebagai varian termurah dan dijual dengan kopling tipe basah biasa serta suspensi non-adjustable, Honda NSR 250R MC28 diawal kemunculannya dihargai dengan banderol 680.000 Yen.
Masuk ke bagian mesin, masih menggunakan mesin Two stroke, 90°V-twin cylinder dengan ukuran Bore X Stroke 54 x 54.5 mm, berpendingin cairan dengan kompresi mesin 7.4 : 1 mampu memuntahkan daya kuda sebesar 40hp @ 9000 rpm dan Torsi sebesar 3.3 kgf-m @ 8000 rpm. Konon top speed dalam keadaan standar hanya tembus 180an KM/Jam saja. Berdasarkan referensi Media Online Luar seri MC28 ini mengalami penurunan daya kuda dibanding seri Honda NSR 250 sebelumnya, nampaknya pabrikan Honda Jepang kembali menurunkan batas tenaga maksimal dari Honda NSR 250 MC28. Peningkatan di sektor elektrikal dan pengapian dapat dilihat pada penggunaan CDI ECU PGM IV dan Smart Card serta speedometer sudah menggunakan Digital. Berikut ini spesifikasi Lengkap dari Honda NSR 250R MC28 sobat bikerz :
Make Model |
Honda NSR 250R / SE / SP MC28 |
Year |
1994-1999 |
Engine |
Two stroke, 90°V-twin cylinder, reed valve/exhaust valve |
Capacity |
249 c / 15.2 cu-in |
Bore x Stroke | 54 x 54.5 mm |
Cooling System | Liquid cooled |
Compression Ratio | 7.4 : 1 |
Induction |
KEIHIN TB10 Carburetor Type |
Lubrication | Seperate Pump (engine) splash type (transmission) |
Ignition |
PGM-CDI |
Starting | Kick |
Max Power |
40hp @ 9000 rpm |
Max Torque |
3.3 kgf-m @ 8000 rpm |
Clutch | Multi-plate, coil spring |
Transmission |
Constant Mesh 6-speed |
Final Drive | Chain |
Frame | Aluminum tube type frame |
Front Suspension |
41mm Telescopic air valve semi-adjustable |
Rear Suspension |
Rear: Pro-Link Single shock swingarm non-adjustable |
Front Brakes |
2x discs 2 piston calipers |
Rear Brakes |
Single disc 1 piston caliper |
Front Tyre |
110/70-17 54 H |
Rear Tyre |
150/60-R17 66 H |
Rake | 23°15’ |
Trail | 85 mm / 3.3 in |
Dimensions | Length 1970 mm / 77.5 in Width 650 mm / 25.5 in Height 1045 mm / 41.1 in |
Wheelbase | 1340 mm / 52.7 in |
Seat Height | 770 mm / 30.3 in |
Ground Clearance | 130 mm / 5.1 in |
Dry Weight |
138 kg / 304.2 lbs |
Wet Weight | 157 kg / 346 lbs |
Fuel Capacity |
16 Litres / 4.2 US gal |
Review | Type I / Type II / Technical |
Selain Seri Honda NSR 250R MC28 tipe kopling basah, ternyata hadir juga seri Honda NSR 250 SE MC28 yang hadir pada tahun 1994 pula, perbedaannya adalah seri SE ini sudah menggunakan Kopling Kering, dilengkapi dengan suspensi depan yang dapat disetel sepenuhnya dan bagian belakang yang dibuat oleh Showa, Honda NSR 250 SE MC28 ini dijual dengan banderol harga 720.000 Yen, dimana seri R dan SE hadir dengan grafis yang sama dan yang membedakan seri R dengan SE adalah pada seri SE ditandai dengan Tulisan SE berwarna putih dan logo NSR berwarna kuning cerah terletak pas dibawah sein depan tulisan SE nya sobat bikerz. Warna putih dan ungu dengan aksen kuning yang merupakan warna terbalik dari warna SE lainnya. Untuk Spesifikasi mesin motor tidak ada perbedaan antara seri R, SE dan SP yang membedakan adalah pengunaan kopling kering pada seri SE dan SP.
Okee….. Sobat bikerz, sekarang lanjut ke Seri terakhir dan paling tinggi nie yaitu Honda NSR 250 SP MC28 dan dibanderol dengan harga 800.000 Yen kala itu. Velg menggunakan MagTek buatan Enkei dibalut dengan ban Michelin TX11B untuk bagian depan dan TX23B untuk roda belakang. Sama seperti seri SE yang sudah menggunakan Kopling Kering atau Dry Clutch kemudian bagian suspensi depan dan belakang yang dapat disetel sepenuhnya. Honda NSR 250 MC28 Livery Rothmans dilempar ke pasaran internasional hanya 1.500 unit dan Livery HRC untuk NSR 250 SP MC28 tahun 1995 pun hanya di produksi 1.500 unit saja untuk pasar Internasional, livery ini hadir untuk merayakn kemenangan pertama Mick Doohan di kelas GP500. Sedangkan di tahun 1996 MC28 Livery Repsol hanya diproduksi sebanyak 1000 unit saja yang mana Livery Repsol hadir untuk merayakan ulang tahun ke-2 Mick Doohan di kelas GP 500 dan merupakan tahun terakhir bagi Honda NSR 250 SP untuk dijual di dunia, jadi karna diawal kemunculan MC28 ini diproduksi dalam jumlah yang dapat dikatakan banyak, maka pada tahun 1996 munculnya Undang-Undang baru di Jepang yang mana membatasi emisi mesin dua langkah saat itu menyebabkan Honda akhirnya mengurangi produksinya membuat motor-motor 2 Tak karena sudah mulai susah untuk terjual terutama di pasar domestik Jepang, jadi pada tahun-tahun berikutnya Honda hanya menghabiskan sisa stok Honda NSr 250 SP saja, disamping itu popularitas motor balap replika menurun plus munculnya trend sepeda motor penjelajah ala Amerika dan Cafe racer Jepang.
Ndak Kalah Hits Sob!!!….
- Sejarah Dan Spesifikasi Honda NSR 250 Series ( Bagian 2 )
- Yamaha RZR 135 Pionner Sport Fairing Yang Kini Makin Dicari Penghobi 2Tak
- Suzuki RK Cool 110 Salah Satu Ayago 2Tak Andalan Suzuki
- Cagiva Planet 125 Naked Sport Seksi Asal Negeri Pizza Italiano
- Eksotisme Yamaha R1-Z Naked Sport 250CC 2Tak Yang Siap Mengintimidasi Lawan
Bagaimana dengan di Indonesia Sendiri??…. bisa dibilang lumayan banyak juga para Sultan yang piara Honda NSR 250 baik dari seri Mc16 sampe seri MC28 juga ada, bahkan yang punya lebih dari satu unit Honda NSR 250 di garasinya juga ada, kalo untuk harga pasaran???…… Jangan tanya dech, jangankan Anda yang kantongnya kurang tebal (apalagi mimin yang ekonomi lemah 😦 ), Dilan aja ndak bakal sanggup piara Honda NSR250 hahahahahaha…… 😀 😆 cukup Para Sultan atau juragan Tajir melintir aja 😛 selain harga yang tinggi. Kesiapan mental untuk merawatnya pun juga kudu extra sobat bikerz, urusan sparepart dan Unrestricted Kit bisa dibeli di situs jual beli online nasional serta internasional, tapi ya gitu barang biasanya lama sampe plus harganya yang tinggi. kalo kayak mimin gini yang piara Honda NSR 250 sich bisa-bisa tiap hari makan nasi ama garam aja hahahahahaha…… 😀 😀 oke sobat bikerz, berakhir sudah Trilogy Honda NSR 250 Series ini. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.
Wuich, mastah 2-tak 😉
saya tasih nubie Pap