Assalamu’alaikum.

Haaaayyy……. Sobat Bikerz, kali ini mau bahas motor 2Tak sobat bikerz. Tapi sayangnya produk ini cumna ada di negara tetangga yaitu malaysia, Honda raider 135 hadir di negara tersebut untuk berjibaku dengan Yamaha RZR 135 dan Yamaha RXZ 135. kalo liat dari tampangnya sich emang mirip-mirip dengan Yamaha RXZ 135, bisa jadi karna pasar disana saat itu lagi gurih=gurihnya desain naked sport seperti itu. Oke langsung saja sobat bikerz berikut ini ulasan singkat tentang Honda Raider 13 Supersprint, ingat ini Honda 2tak ntar ingat-ingat kata Raider malah dikiranya produk berlogo S hehehehehehe….. 😆Sepeda motor ini lahir tahun 1985 dan berakhir sampe tahun 90an di malaysia sana sobat bikerz. Sepeda motor ini pun kini jadi incaran para kolektor disana. Honda Raider 135 ini terbagi menjadi 2 model pertama seri Honda raider HX 135 RS bertransmisi 5 percepatan sedangkan Honda Raider HX 135 SS sudah bertransmisi 6 percepatan. Kemudian perbedaan selanjutnya ada pada saluran gas buang alias knalpot, lampu sein, mesin dan rangka ada sedikit perbedaan.

Dari segi desain modelnya mengacu pada GP500 masanya Freddie Spencer, sisi buritan terlihat ada persamaan dengan Honda NS400R yang beredar di negara jepang dan beberapa negara asia. sisi headlamp seiklas mirip ya dengan Yamaha RXZ 135, suspensi depan masih memakai teleskopik dan suspensi belakang memakai dual shock. makin menyiratkan bahwa naked sport Honda ini lebih beraura turing.

beralih ke sektor dapur pacu sobat bikerz, mengandalkan mesin 135 cc berpendingin udara ditambah komposisi Bore x stroke: 56.0 x 54.0 mm plus dipadu dengan Sistem ATAC yaitu Auto Torque Amplification Chamber, merupakan turunan dari teknologi dari GP500. sistem ini merupakan mbah buyutnya RC Valve pada NSR Series sobat bikerz. Sangat susah mencari Informasi sepeda motor ini di mbah google, beruntung banget ada Salah satu suhu dan juga Sultan spesialis 2Tak yang selalu baik hati membantu saya dalam menggarap artikel ini yaitu om Anggi Josep, matursuwun atas bimbingannya om Suhu hehehehehehe….. 😆

berikut ini spesifikasi Honda Raider 135 yang bertenaga mencapai 19.5 hp@9.500RPM dan memuntahkan torsi sebesar 1.591kg/nm@8.500RPM dan berat kosongnya hanya 98.5kg pasti njengat-njengat nie jambakannya saat dibetot sobat bikerz plus kompresi 7.0:1 tentu untuk ukuran sepeda motor @tak sudah termasuk tinggi walaupun masih halal untuk nenggak bahan bakar RON 88 cuman kalo mau lebih afdol mending pake bahan bakarnya yang RON diatas 92 pasti lebih ngacir nie motor, mohon maaf bahasanya Malaysia nie hehehehehehe….. 😆

Dengan tenaga yang beda tipis dengan Yamaha RXZ 135 , tentu sepeda motor ini langsung head to head dipasaran Malaysia. Apalagi kapasitas CC nya pun serupa, namun saat itu honda Sudah membenamkan fitur ATAC alias Auto Torque Amplification Chamber yang merupakan turunan dari teknologi dari GP500. Sedangkan pada Yamaha RXZ 135 dan Yamaha RZR 135 membenamkan fitur teknologi Yamaha Lubricant Computerized System alias YLCS merupakan teknologi muktahir Yamaha yang sematkan pada RXZ.

Akhir kata terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz dan tak lupa saya ucapkan banyak terima kasih juga untuk om Suhu Anggi Josep yang sudah banyak membantu saya dalam beberapa artikel 2Tak yang saya buat termasuk diberi ijin mengunduh foto-foto dari galery sosial media beliau, eiiittzzzz…… satu lagi sobat bikerz kudu ingat, jangan lupa bahagia.

Wasaalamu’alaikum.