image

Assalamu’alaikum.
Haaiii…..sobat bikers selamat berakhir pekan, waaah. . . . Pada berlibur kemana aja nie??. . . . Teliti dalam membeli mungkin itu suatu ungkapan yang pas. Contohnya saat membeli barang di mini market tentunya sobat biker ngecek tanggal kadaluwarsanya dong. Naah. . . . Begitu pula dengan kendaraan bermotor sobat bikers harusnya lebih teliti dalam membeli terutama dalam hal surat menyuratnya alias kelengkapan STNK & BPKB.

Terima kasih sebelumnya buat Om Fuad yang sudah mengijinkan untuk berbagi informasi. Pernahkah sobat bikers mengecek STNK & BPKB pada kendaraan???. . . . Hati-hati jangan sampe terjadi salah ketik bisa runyam urusannya. Berikut merupakan contoh salah ketik dari kantor SAMSAT dimana seharusnya Honda NSR150 RR Astra tertulis NS 150 RR malah jadi Honda NSR/GLP5. Selain itu sudah jelas ini Honda NSR 150 FSX tapi nyatanya di STNK dan BPKB tidak tertulis FSX 150 seperti di faktur aslinya malah tertulis NSR 150/SP, kalo pun tertulis NSR 150/SP menurut BMR pribadi juga salah karena tidak ada di faktur tipe seperti itu seharusnya tertulis NS 150 SP atau NS 150 RR seperti difakturnya yang bertuliskan NSR 150 hanya NSR single R th 94 -99.

image
Contoh salah entry/ketik

image

image

Weleh. . . . Weleeh. . . . Kalo udah kayak gini mau nggak mau kudu cetak ulang dan masalahnya ada biaya lagi, belum tentu karna kesalahan pihak SAMSAT yang salah cetak dapat penggantian gratis. Untungnya bukan No. Rangka atau No. Mesin yang salah ketik, bayangkan salah satu huruf aja ngurusnya bikin mumet. Pengalaman seorang kawan membeli mobil merk suzuki Katana pas beli kurang teliti ngecek No. Mesin pada STNK BPKB dan baru ketahuan saat akan dijual kembali ternyata ada satu huruf yang salah ketik, piye. . . . Opo nggak mumet sobat bikers??? Untungnya kawan BMR jual santai akhirnya ngurus lagi tuch.
Sekedar share pengalaman saja, sepatutnya sebagai pembeli kudu lebih teliti dalam membeli suatu produk terutama kendaraan bermotor. Terima kasih sobat bikers sudah meluangkan waktu mampir kemari.
Wassalamualaikum.

Iklan