Assalamu’alaikum.

Haaayy….. sobat bikerz yang setia mantengin artikel-artikel 2 Tak di warung ini apa kabarnya???……. Semoga sehat selalu dan buat yang menjalankan ibadah puasa semoga berkah ibadah puasanya hari ini dan lancar sampe akhir bulan suci ramadhan. Bahasan kali ini adalah Trilogy dari Suzuki RGV 250 Gamma Series dan yang akan menjadi bahasan diawal adalah Suzuki RGV 250 Gamma VJ21. Merupakan sepeda  motor bermesin 2 Stroke bikinan Suzuki yang di Indonesia sendiri konon katanya seri VJ21 ini lebih Rare ( Langka ) dibanding seri VJ22 dan VJ23. Sebetulnya saya sendiri pun tau kalo di kota saya tinggal sekarang ada yang punya Suzuki RGV 250 Gamma VJ21, namun dengan kondisi yang memprihatinkan, namun untuk fairing masih utuh, speedometer perangkat kelistrikan juga masih ori semua,pokoknya masih banyak part originalnya yang nempel, bahkan kabel bodi aja masih utuh belom kemakan tikus hehehehehehe….. 😀 cman minusnya Karburator ilang sebiji ama Bak Magnet kagak ada heheheheehehe….. 😆 😀 btw…….. Tanpa bak magnet pun ndak masalah sich karna spulnya tidak berada pada calternya jadi satu dengan mangkok magnet.

Okeee….. Sobat bikerz, kita kembali kebahasan utama, Suzuki RGV 250 Gamma VJ 21 ini lahir di tahun 1988 sebagai penerus dari Suzuki RG 250 Gamma CMIIW……… Sepeda motor ini didaulat untuk bersaing dengan Motor 2 Langkah 250cc yang sangat superior kala itu seperti Yamaha TZR250 dan Honda NSR250SP serta Kawasaki KR1S. Sama seperti para Rivalnya, Suzuki RGV 250 Gamma ini hadir hanya untuk pasar domestik Jepang saja, namun lambat laun akhirnya diimport juga ke Beberapa Negara seperti Eropa, Australia dan juga Masuk secara “Black Market” ke Amerika Serikat kala itu. Dari sisi tampilan tentunya cukup berubah drastis dari seri Suzuki RG 250 Gamma, jok terpisah, Twinspar Frame Alloy yang biasa disebut dengan ‘DC ALBOX‘ paduan baru adalah bentuk klasik tetapi memiliki sentuhan akhir yang luar biasa dan lasan paduan yang indah mempertahankan reputasi Suzuki sebagai yang terbaik di bidang ini, Telescopic fork, 5-way adjustable with anti-dive, oil dampened plus Dual Disc Brake di bagian depannya nie sobat bikerz. Kemudian sisi handlingnya dengan pijakan kaki cukup panjang tetapi setangnya tidak terlalu rendah, sehingga posisi mengendarainya rileks dan kurang ekstrim dibandingkan Honda NSR250, namun memudahkan bagi rider yang baru saja mengendarai Suzuki RGV 250 Gamma VJ21 ini.

Next….. Kita masuk ke bagian dapur pacunya nie sobat bikerz, berbekal mesin Two stroke, 90° V- twin, reed valve dengan pendingin cairan dan kompresi mesin sebesar 7.5 : 1 plus disupport oleh 2 buah karburator Mikuni VM32SS semi-flat. Suzuki RGV 250 Gamma VJ21 ini mampu memuntahkan daya kuda sebesar 58 hp @ 11000rpm untuk Versi realnya sedangkan di Jepang sendiri Powernya dipangkas menjadi 45 HP saja, namun kecepatan puncak yang dapat diraih adalah 202 km/H dan mampu Berakselerasi dari 0-100 Km/h hanya dalam 3,67 Detik. Walaupun ini motor Jadul tapi jangan salah sobat bikerz, teknologi yang disematkan sudah canggih, bayangin aja untuk silinder blok nya atau biasa dibilang Buringnya sudah menggunakan Silinder all-alloy dipagari dengan SBC (Suzuki Boron Composite), lapisan gesekan rendah mirip dengan oposisi, meskipun formula berbeda untuk mengurangi berat dan gesekan. Piston itu datar-atasnya untuk panas-penyebaran yang lebih baik, menurut Suzuki. Kemudian Gearbox enam percepatan juga mendapat manfaat dari teknologi pelumasan terbaru dengan injeksi oli ke bearing, selain itu hadirnya teknologi AETC. Ini ‘Automatic Exhaust Timing Control’ yang telah muncul pada motorcrossers RM tampaknya sedikit rumit tetapi terbukti sangat efektif untuk menyalurkan pembuangan sisa pembakaran scara maksimal. Radiator yang sangat besar secara langsung berasal dari pembalap RGV 500 dan bentuknya yang cekung, yang disalurkan mengarahkan udara panas melalui sisi fairing. Menurut Suzuki itu mendingin 50 persen lebih efisien dengan cara ini. Berikut ini spesifikasi lengkapnya sobat bikerz :

Model.

Suzuki RGV 250 Gamma VJ21

Year

1988

Engine

Two stroke, 90° V- twin, reed valve

Capacity

249 cc / 15.2 cu in
Bore x Stroke 56 x 50.6 mm
Compression Ratio 7.5 :1
Cooling System Liquid cooled

Induction

2 x Mikuni VM32SS semi-flat carburetors

Ignition

Pointless Electrical Ignition

Spark Plug

NGK BR9ES

Battery

12V, 5Ah

Starting

Kick

Max Power

35.7 kW / 45 hp @ 9500 rpm I 58 hp @ 11000rpm

Max Torque

40 Nm / 4.1 kgf-m / 29.5 lb-ft @ 8000 rpm

Clutch

Wet, multi-plate

Transmission

6 Speed, constant mesh

Primary Reduction

2.565 (59/23)

Gear Ratios

1st 2.454 (27/11) / 2nd 1.625 (26/16) / 3rd 1.235 (21/17) / 4th 1.045 (23/22) / 5th 0.916 (22/24) / 6th 0.840 (21/25)

Final Drive

Chain, DID520V2, 114 links

Front Suspension

Telescopic fork, 5-way adjustable with anti-dive, oil dampened

Front Wheel Travel

120 mm / 4.7 in

Rear Suspension

Full Floater, mono-shock, gas/oil damped, 7-way adjustable

Rear Wheel Travel

140 mm / 5.5 in

Front Brakes

2 x 290 mm Discs ,4 piston calipers

Rear Brakes

Single 210 mm disc, 1 piston caliper

Front Tyre

110/70-17

Rear Tyre

140/60-18

Frame

Twin spar, aluminium

Rake

26o

Trail

110 mm / 4.3 in

Dimensions

Length: 2015 mm / 79.3 in
Width:    695 mm / 27.4 in
Height:  1065 mm / 41.9 in

Wheelbase

1375 mm / 54.1 in

Ground Clearance

120 mm / 4.7 in

Seat Height

755 mm / 29.7 in

Turning Radius

3.1 m / 10.2 ft

Lean Angle

58°

Dry Weight

128 kg / 282 lbs

Fuel Capacity 

17 Litres / 4.5 US gal / 3.7 Imp gal

Oil Capacity 

1.1 Litres / 12 US qt / 1.0 Imp qt

Consumption Average

7.8 L/100 km / 12.8 km/l / 30 US mpg / 36.0 Imp mpg

Standing ¼ Mile   

12.9 sec / 160 km/ / 100 mph

Top Speed

202 km/h / 125 mph

Artikel Hitzz Gaeesss……..

Kemudian di Tahun 1988 dan 1989 Suzuki menghadirkan versi Livery Pepsi nya Kevin Schwantz dan juga seri SP, Suzuki mencatat, tahun 1989 merupakan musim keemasan buat Schwantz, hanya saja crash yang menimpa akhirnya menghambat dia merengkuh titel juara. Selama musim itu, Schwantz selalu finis di urutan pertama atau kedua, dengan total 6 kemenangan dan 3 finis di posisi runner up. Tak banyak info yang saya dapatkan untuk seri Suzuki RGV 250 Gamma VJ21 SP dan livery Kevin Schwantz, karna sejauh yang saya baca seri tersebut hadir sebagai penghormatan bagi Kevin Schwantz, apalagi di tahun tersebut emang lagi happening banget pabrikan meluncurkan versi Race Replica dari idola Grand Prix 2 stroke saat itu. Mungkin kalo ada sesepuh atau suhunya Suzuki yang paham bisa bantu menambahkan??….. udah muter-muter Browsing masih sangat minim untuk Seri SP dan Pepsi nya Kevin Schwant. Untuk Indonesia ada kok yang punya mulai dari yang kumplit sehat siap buat Sunmori sampe yang kondisi bahan. Sssstttt……. Di bali ada sebiji nie Suzuki RGV250 gamma VJ21 cman perlu restorasi dulu biar kembali ciamik. Oke sobat bikerz, terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.