Assalamu’alaikum.

Haaaayyy…….. sobat bikerz, masih melanjutkan trilogy dari Suzuki RGV 250 Gamma Series 2 Tak dan kali ini kita akan bahas seri paling akhir yang tentunya menjadi penutup Suzuki di salah satu varian Race replica yang pernah mengaspal di jalanan dunia. Bila kalian belom sempat baca yang sebelumnya bisa mampir KESINI untuk chapter 1 dan DISINI untuk chapter keduanya. Suzuki RGV250 Gamma VJ23 2 Stroke ini diperkenalkan pertama kali di Pasar Roda 2 Jepang pada tahun 1996 hingga tahun 1998. seperti seri Suzuki sebelumnya awalnya Motor ini hanya diperjual-belikan untuk pasar domestik jepang saja, namun akhirnya diimport juga ke Beberapa Negara Eropa dan juga ke Benua Australia serta sempat juga Masuk secara “Black Market” ke Pasar Negeri paman Sam alias Amerika.

kehadiran Suzuki RGV 250 gamma VJ23 2 Langkah ini haruslah mempunyai kelebihan yang nyata dibanding Kompetitornya yaitu Honda dengan NSR 250 SP MC28 dan Yamaha dengan TZR 250 SP. Menilik kebagian desain ternyata Suzuki sungguh-sunguh dalam memberikan hasil yang mengejutkan  Desain yang menawan pada Zamannya dan beberapa Part motor yang memakai material High-Tech serta ditunjang dengan Mesin 250cc Beringas V twin 70° ditambah dengan Racing Kit yang mampu membuat kagok menelan ludah bagi siapapun yang berani melawannya. masuk ke sektor Frame & Chassis, disini Suzuki Menyematkan Special Alumunium Alloy Beam Twinspar Frame dan Swing-Arm Banana yang eksotis layaknya Honda NSR250 MC28 sobat bikerz. Suspensi denpan tentunya sudah menggunakan UpSide Down layaknya VJ22 namun dapat disetel secara penuh dan suspensi belakang yang dapat disetel sesuai kebutuhan pengendara.

Lanjuutt….. sekarang kita ubek-ubek bagian mesinnya nie sobat bikerz, Cukup banyak yang berubah dimana seri VJ sebelumnya masih menggunakan mesin V twin 90° dan untuk Seri Suzuki RGV 250 Gamma VJ23 ini berubah menjadi V twin 70°. Kemudian sektor kelistrikan juga mengalami beberapa perubahan, namun sayangnya tak lebih superior dari suzuki RGV 250 Gamma VJ22 akan tetapi tenaga yang dikail sudah mengisi di setiap putaran RPM terutama dikitiran tengah. Plus Ditambah perangkat eletronik AEC System yang cara kerjanya bisa dikatakan mirip dengan YPVS pada Yamaha dan RC Valve pada Honda. Untuk ukuran Bore X stroke masih tetap sama 56 x 50.6 mm berpendingin cairan dengan ukuran radiator yang tentunya lebih besar, Plus Tambahan Optional Race Kit RAM Air System yang bersinergi dengan 2 Karburator 32mm Spesial buatan Mikuni yang Memiliki Sensor Tekanan Udara, teknologi ini mirip dengan Honda CBR600RR Fireblade. Di Negara Jepangnya sendiri Suzuki RGV 250 Gamma VJ23 ini hanya mentok 45 Hp @ 10.500 RPM sedangkan Versi Eropa mampu menyentuh angka 61 hp @ 11000 rpm dan untuk negara Italia hanya mampu diangka 67 HP @ 11.000 Rpm masih kurang kencang??? tenang aja Suzuki sudah nyiapin paket unrestricted dan racekit nya yang apabila menggunakan paket ini mampu menghasilkan daya kuda sebesar 70 HP @ 11.000 Rpm. kemudian Seat Highnya sangat bersahabat untuk ukuran orang Asia Terutama Indonesia hanya 755 mm tentunya dengan tinggi badan 165 cm kaki masih bisa menapak dengan sempurna. Suzuki RGV 250 Gamma VJ23 2 Langkah ini sudah menganut kopling kering dan close ratio gearbox serta Electric Starter jadi cukup tekan tombol Stater saat kunci kontak dalam posisi ON maka mesin akan menayala dengan mudah tanpa perlu lagi menggunakan Kick Stater untuk menyalakannya, bahkan Di seri ini Kick Stater sudah ditiadakan tuch….. liat aja kagak ada engkol kick stater di bagian mesin sebelah kanannya. Berikut ini spesifikasi lengkap dari Suzuki RGV 250 Gamma VJ23 sobat bikerz :

Model.

Suzuki RGV 250 SP

Year

1996

Engine

Two stroke, 90° V- twin, reed valve

Capacity

249 cc / 15.2 cu in
Bore x Stroke 56 x 50.6 mm
Compression Ratio 7.3 :1
Cooling System Liquid cooled

Induction

2 x Mikuni TM34SS semi-flat carburetors

Ignition

Pointless Electrical Ignition

Spark Plug

NGK BR9ES

Battery

12V, 5Ah

Starting

Kick

Max Power

45.5 kW / 61 hp @ 11000 rpm (rear tyre: 43.3 kW / 58 hp @ 11000rpm)

Max Torque

40 Nm / 4.1 kgf-m / 29.5 lb-ft @ 8000 rpm

Clutch

Wet, multi-plate

Transmission

6 Speed, constant mesh

Primary Reduction

2.565 (59/23)

Gear Ratios

1st 2.454 (27/11) / 2nd 1.625 (26/16) / 3rd 1.235 (21/17) / 4th 1.045 (23/22) / 5th 0.916 (22/24) / 6th 0.840 (21/25)

Final Drive

Chain, DID520V2, 114 links

Front Suspension

USD telescopic fork, 5-way adjustable with anti-dive, oil dampened

Front Wheel Travel

120 mm / 4.7 in

Rear Suspension

Full Floater, mono-shock, gas/oil damped, 7-way adjustable

Rear Wheel Travel

140 mm / 5.5 in

Front Brakes

2 x 300 mm Discs ,4 piston calipers

Rear Brakes

Single 210 mm disc, 1 piston caliper

Front Tyre

110/70-17

Rear Tyre

140/60-18

Frame

Twin spar, aluminium

Rake

25o

Trail

94 mm / 3.7 in

Dimensions

Length: 2015 mm / 79.3 in
Width:    695 mm / 27.4 in
Height:  1065 mm / 41.9 in

Wheelbase

1375 mm / 54.1 in

Ground Clearance

120 mm / 4.7 in

Seat Height

755 mm / 29.7 in

Turning Radius

3.1 m / 10.2 ft

Lean Angle

58°

Wet Weight

161 kg / 355 lbs

Fuel Capacity 

16 Litres / 4.2 US gal / 3.5 Imp gal

Oil Capacity 

1.1 Litres / 12 US qt / 1.0 Imp qt

Consumption Average

8.0 L/100 km / 12.5 km/l / 29.4 US mpg / 35.3 Imp mpg

Braking 60 km/h – 0

12.4 m / 40.7 ft

Braking 100 km/h – 0

36.0 m / 118 ft

Standing ¼ Mile   

12.5 sec / 167.8 km/ / 104.3 mph

Top Speed

240.4 km/h / 150.6 mph

Ndak Kalah Hitzz Ini Sob!!!!

Jika di seri Suzuki sebelumnya RGV 250 Gamma VJ21 dan VJ22 juga hadir versi SP ( Sport Production ) dan Livery PEPSI, maka pada VJ23 ini Suzuki hanya mengeluarkan seri SP dan Livery Lucky Strike. Perbedaannya tak begitu banyak antara seri SP dan Lucky Strike hanya saja lonjakan power yang dihasilkan tentu lebih baik di seri VJ sebelumnya karna hadirnya beberapa Part yang tidak dimiliki. Penerimaan hadirnya Race Replica Suzuki di Pers Inggris terhadap sepeda motor ini mendapatkan tanggapan positif untuk seri Suzuki RGV 250 Gamma VJ21Namun, model Suzuki RGV 250 Gamma VJ22 diawal kehadirannya memiliki cacat desain di bagian ‘improved‘ 3 katupHal ini telah dikoreksi pada model berikutnya dari VJ22namun masih perlu diperiksa secara teratur. Sedangkan untuk VJ23 ini tidak diketahui memiliki masalah powervalve. Karena Basic Motor ini adalah Pure Balap, Maka jangan jika Heran Performa dari Suzuki RGV250 Gamma VJ23 terutama seri SP ini Masih sekelas diatas Performa Motor Produksi Massal 250cc Lainnya baik 2 Tak ataupun 4 Tak, bisa dikatana Rival terberat dari Suzuki RGV 250 Gamma VJ23 ini hanya Aprilia RS250 yang mampu menandingi. Itu pun kita tahu sendiri kalo Aprilia RS 250 Menggunakan Basic mesin yang sama dengan RGV 250 Gamma ini. Oke sobat bikerz, terima kasih sudah meluangkan waktunya mampir kemari dan bagi para sesepuh serta Suhu RGV mohon bimbingannya jika ada yang kurang. Semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements