Haaaayyy…….. sobat bikerz, masih melanjutkan trilogy dari Suzuki RGV 250 Gamma Series 2 Tak dan kali ini kita akan bahas seri paling akhir yang tentunya menjadi penutup Suzuki di salah satu varian Race replica yang pernah mengaspal di jalanan dunia. Bila kalian belom sempat baca yang sebelumnya bisa mampir KESINI untuk chapter 1 dan DISINI untuk chapter keduanya. Suzuki RGV250 Gamma VJ23 2 Stroke ini diperkenalkan pertama kali di Pasar Roda 2 Jepang pada tahun 1996 hingga tahun 1998. seperti seri Suzuki sebelumnya awalnya Motor ini hanya diperjual-belikan untuk pasar domestik jepang saja, namun akhirnya diimport juga ke Beberapa Negara Eropa dan juga ke Benua Australia serta sempat juga Masuk secara “Black Market” ke Pasar Negeri paman Sam alias Amerika.
kehadiran Suzuki RGV 250 gamma VJ23 2 Langkah ini haruslah mempunyai kelebihan yang nyata dibanding Kompetitornya yaitu Honda dengan NSR 250 SP MC28 dan Yamaha dengan TZR 250 SP. Menilik kebagian desain ternyata Suzuki sungguh-sunguh dalam memberikan hasil yang mengejutkan Desain yang menawan pada Zamannya dan beberapa Part motor yang memakai material High-Tech serta ditunjang dengan Mesin 250cc Beringas V twin 70° ditambah dengan Racing Kit yang mampu membuat kagok menelan ludah bagi siapapun yang berani melawannya. masuk ke sektor Frame & Chassis, disini Suzuki Menyematkan Special Alumunium Alloy Beam Twinspar Frame dan Swing-Arm Banana yang eksotis layaknya Honda NSR250 MC28 sobat bikerz. Suspensi denpan tentunya sudah menggunakan UpSide Down layaknya VJ22 namun dapat disetel secara penuh dan suspensi belakang yang dapat disetel sesuai kebutuhan pengendara.
Lanjuutt….. sekarang kita ubek-ubek bagian mesinnya nie sobat bikerz, Cukup banyak yang berubah dimana seri VJ sebelumnya masih menggunakan mesin V twin 90° dan untuk Seri Suzuki RGV 250 Gamma VJ23 ini berubah menjadi V twin 70°. Kemudian sektor kelistrikan juga mengalami beberapa perubahan, namun sayangnya tak lebih superior dari suzuki RGV 250 Gamma VJ22 akan tetapi tenaga yang dikail sudah mengisi di setiap putaran RPM terutama dikitiran tengah. Plus Ditambah perangkat eletronik AEC System yang cara kerjanya bisa dikatakan mirip dengan YPVS pada Yamaha dan RC Valve pada Honda. Untuk ukuran Bore X stroke masih tetap sama 56 x 50.6 mm berpendingin cairan dengan ukuran radiator yang tentunya lebih besar, Plus Tambahan Optional Race Kit RAM Air System yang bersinergi dengan 2 Karburator 32mm Spesial buatan Mikuni yang Memiliki Sensor Tekanan Udara, teknologi ini mirip dengan Honda CBR600RR Fireblade. Di Negara Jepangnya sendiri Suzuki RGV 250 Gamma VJ23 ini hanya mentok 45 Hp @ 10.500 RPM sedangkan Versi Eropa mampu menyentuh angka 61 hp @ 11000 rpm dan untuk negara Italia hanya mampu diangka 67 HP @ 11.000 Rpm masih kurang kencang??? tenang aja Suzuki sudah nyiapin paket unrestricted dan racekit nya yang apabila menggunakan paket ini mampu menghasilkan daya kuda sebesar 70 HP @ 11.000 Rpm. kemudian Seat Highnya sangat bersahabat untuk ukuran orang Asia Terutama Indonesia hanya 755 mm tentunya dengan tinggi badan 165 cm kaki masih bisa menapak dengan sempurna. Suzuki RGV 250 Gamma VJ23 2 Langkah ini sudah menganut kopling kering dan close ratio gearbox serta Electric Starter jadi cukup tekan tombol Stater saat kunci kontak dalam posisi ON maka mesin akan menayala dengan mudah tanpa perlu lagi menggunakan Kick Stater untuk menyalakannya, bahkan Di seri ini Kick Stater sudah ditiadakan tuch….. liat aja kagak ada engkol kick stater di bagian mesin sebelah kanannya. Berikut ini spesifikasi lengkap dari Suzuki RGV 250 Gamma VJ23 sobat bikerz :
Model. |
Suzuki RGV 250 SP |
Year |
1996 |
Engine |
Two stroke, 90° V- twin, reed valve |
Capacity |
249 cc / 15.2 cu in |
Bore x Stroke | 56 x 50.6 mm |
Compression Ratio | 7.3 :1 |
Cooling System | Liquid cooled |
Induction |
2 x Mikuni TM34SS semi-flat carburetors |
Ignition |
Pointless Electrical Ignition |
Spark Plug |
NGK BR9ES |
Battery |
12V, 5Ah |
Starting |
Kick |
Max Power |
45.5 kW / 61 hp @ 11000 rpm (rear tyre: 43.3 kW / 58 hp @ 11000rpm) |
Max Torque |
40 Nm / 4.1 kgf-m / 29.5 lb-ft @ 8000 rpm |
Clutch |
Wet, multi-plate |
Transmission |
6 Speed, constant mesh |
Primary Reduction |
2.565 (59/23) |
Gear Ratios |
1st 2.454 (27/11) / 2nd 1.625 (26/16) / 3rd 1.235 (21/17) / 4th 1.045 (23/22) / 5th 0.916 (22/24) / 6th 0.840 (21/25) |
Final Drive |
Chain, DID520V2, 114 links |
Front Suspension |
USD telescopic fork, 5-way adjustable with anti-dive, oil dampened |
Front Wheel Travel |
120 mm / 4.7 in |
Rear Suspension |
Full Floater, mono-shock, gas/oil damped, 7-way adjustable |
Rear Wheel Travel |
140 mm / 5.5 in |
Front Brakes |
2 x 300 mm Discs ,4 piston calipers |
Rear Brakes |
Single 210 mm disc, 1 piston caliper |
Front Tyre |
110/70-17 |
Rear Tyre |
140/60-18 |
Frame |
Twin spar, aluminium |
Rake |
25o |
Trail |
94 mm / 3.7 in |
Dimensions |
Length: 2015 mm / 79.3 in Width: 695 mm / 27.4 in Height: 1065 mm / 41.9 in |
Wheelbase |
1375 mm / 54.1 in |
Ground Clearance |
120 mm / 4.7 in |
Seat Height |
755 mm / 29.7 in |
Turning Radius |
3.1 m / 10.2 ft |
Lean Angle |
58° |
Wet Weight |
161 kg / 355 lbs |
Fuel Capacity |
16 Litres / 4.2 US gal / 3.5 Imp gal |
Oil Capacity |
1.1 Litres / 12 US qt / 1.0 Imp qt |
Consumption Average |
8.0 L/100 km / 12.5 km/l / 29.4 US mpg / 35.3 Imp mpg |
Braking 60 km/h – 0 |
12.4 m / 40.7 ft |
Braking 100 km/h – 0 |
36.0 m / 118 ft |
Standing ¼ Mile |
12.5 sec / 167.8 km/ / 104.3 mph |
Top Speed |
240.4 km/h / 150.6 mph |
Ndak Kalah Hitzz Ini Sob!!!!
- Sejarah Dan Spesifikasi Naked Sport Yamaha RXZ 135 Di Indonesia
- Ganasnya Motor Sport 2 Tak Suzuki RGV 250 Gamma VJ21 Di Era Race Replica 250CC ( Chapter 1 )
- Suzuki RGV 250 Gamma VJ22 Lonjakan Powernya Bikin Adrenaline Makin Terpacu ( Chapter 2 )
- Aprilia RS 125 2Tak Eropa Tenaga Menggila Idaman Para Speed Junkie
- Sejarah Singkat Yamaha L2 Series Motor Tangguh Nan Handal
- Yamaha RZR 135 Pionner Sport Fairing Yang Kini Makin Dicari Penghobi 2Tak
Jika di seri Suzuki sebelumnya RGV 250 Gamma VJ21 dan VJ22 juga hadir versi SP ( Sport Production ) dan Livery PEPSI, maka pada VJ23 ini Suzuki hanya mengeluarkan seri SP dan Livery Lucky Strike. Perbedaannya tak begitu banyak antara seri SP dan Lucky Strike hanya saja lonjakan power yang dihasilkan tentu lebih baik di seri VJ sebelumnya karna hadirnya beberapa Part yang tidak dimiliki. Penerimaan hadirnya Race Replica Suzuki di Pers Inggris terhadap sepeda motor ini mendapatkan tanggapan positif untuk seri Suzuki RGV 250 Gamma VJ21. Namun, model Suzuki RGV 250 Gamma VJ22 diawal kehadirannya memiliki cacat desain di bagian ‘improved‘ 3 katup. Hal ini telah dikoreksi pada model berikutnya dari VJ22, namun masih perlu diperiksa secara teratur. Sedangkan untuk VJ23 ini tidak diketahui memiliki masalah powervalve. Karena Basic Motor ini adalah Pure Balap, Maka jangan jika Heran Performa dari Suzuki RGV250 Gamma VJ23 terutama seri SP ini Masih sekelas diatas Performa Motor Produksi Massal 250cc Lainnya baik 2 Tak ataupun 4 Tak, bisa dikatana Rival terberat dari Suzuki RGV 250 Gamma VJ23 ini hanya Aprilia RS250 yang mampu menandingi. Itu pun kita tahu sendiri kalo Aprilia RS 250 Menggunakan Basic mesin yang sama dengan RGV 250 Gamma ini. Oke sobat bikerz, terima kasih sudah meluangkan waktunya mampir kemari dan bagi para sesepuh serta Suhu RGV mohon bimbingannya jika ada yang kurang. Semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.
Jozz
gandoozzzz