Assalamu’alaikum.

Haaaayyy……….. Sobat bikerz, masih nerusin chapter Suzuki RGV 250 Gamma Series dan kali ini akan lanjut bahas seri berikutnya. Bagi sobat bikerz yang belum sempat baca Chapter pertama bisa mampir KEMARI. Okee…. Sekarang bahas Suzuki RGV 250 Gamma VJ22 sobat bikerz, seri ini bisa dikatakan sebagai produk Sport 2 Tak Suzuki yang mengalami banyak peningkatan. Produk yang awalnya hanya untuk produk domestik negara jepang saja akhirnya secara resmi juga diimpor ke Inggris dari tahun 1989 (RGV250 K) hingga 1994 (RGV250 R). panasnya kelas 250 CC 2 Stroke plus ditopang oleh embel-embel pembalap jagoan yang menungganginya, maka Pabrikan kala itu menciptakan Race Replica yang bikin kepincut, baik itu para maniak GP 250 maupun para Pembalap jalanan. Kira-kira apa aja yang berubah dari Suzuki RGV 250 Gamma VJ22 ini sobat bikerz??….

hadir di ajang Tokyo MotorShow taun 1990 dan kemudian mulai dijual massal pada tahun berikutnya yaitu 1991 dan kala itu dijual dengan banderol harga 616.000 Yen. Secara  tampilan mengalami banyak sekali ubahan di sektor fairing yang bagi saya pribadi ini desain yang everlasting. bagian depan secara gamblang terlihat, penggunaan peredam kejut teleskopik dilungsurkan dan sebagai gantinya Shock model baru USD telescopic fork, 5-way adjustable with anti-dive, oil dampened dengan menggunakan shock depan USD akhirnya memberikan 33 persen lebih besar ‘stabilitas lentur’ dan 30 persen kekakuan ‘torsional’ lebih besar.  Frame baru yang lebih besar dan rigid, Swing Arm belakang Banana Arm, dimana terjadi beberapa perdebatan berpusat pada istilah yang tepat untuk spesies baru swingarm belakang ini. Suzuki menyebut mereka Call-Box swingarm -Crescent Aluminium Box, tentu saja. Honda, diyakini,sudah memiliki menggunakan kata Gull-Arm. Penggunaan Shock belakang sekarang sepenuhnya dapat disesuaikan. Akan tetapi efek dari penggunaan swing arm model banana arm dan juga USD di bagian depan yang ternyata kinerjanya tak lebih baik dari versi teleskopiknya pun menjadikan bobot Suzuki RGV 250 Gamma 2 stroke ini meningkat. Dimana awalnya berbobot 129 kg malah menjadi 139 kg. Velg belakang pun berubah menjadi 17 Inch.

Lanjuuttt….. Sobat bikerz, Sekarang kita masuk ke bagian jantung pacu Dari Suzuki RGV 250 Gamma 2 langkah ini. Mesin buatan Suzuki ini juga dibeli oleh pabrikan Eropa yaitu Aprilia yang kemudian di rebranding ulang plus tuning ulang hingga akhirnya lahirlah Aprilia RS 250. Oke balkik lagi ke Suzuki RGV 250 Gamma VJ22 ditengah Twinspar Frame Alloy yang biasa disebut dengan ‘DC ALBOX‘ tersimpan mesin berkubikasi 249 CC 2 Tak berpendingin cairan dengan ukuran yang jauh berbeda dari seri VJ21 menjadikan mesin tidak cepat overheat. Tenaga yang dihasilkan pun bisa berbeda-beda untuk tiap negara edarnya, di Jepang sendiri RGV 250 Gamma ini hanya mentok di 45 Hp @ 10.500 RPM sedangkan Versi Eropa mampu menyentuh angka 61 hp @ 11000 rpm dan untuk negara Italia hanya mampu diangka 67 HP @ 11.000 Rpm masih kurang kencang??? tenang aja Suzuki sudah nyiapin paket unrestricted dan racekit nya yang apabila menggunakan paket ini mampu menghasilkan daya kuda sebesar – 70 HP @ 11.000 Rpm. Torsi puncak sebesar 40 Nm / 4.1 kgf-m / 29.5 lb-ft @ 8000 rpm. Dukungan teknologi SAPCSuzuki Advanced Power Control ) yang menggantikan teknologi AETC mampu lebih memaksimalkan potensi dair Suzuki RGV 250 Gamma VJ22 ini. Ditambah lagi penggantian ruang pengabutan dengan yang lebih besar, diaman seri VJ21 memakai karburator Mikuni TM32SS semi-flat  berganti menjadi Mikuni TM34SS semi-flat tentunya menjadikan pembakaran lebih haus namun juga makin kencang, Intake Suzuki Pulse Kontrol sistem (SIPC), mirip sekali sistemnya dengan  Yamaha Induksi Sistem Energi (YEIS). Berikut ini spesifikasi lengkap dari Suzuki RGV 250 Gamma VJ 22 ini sobat bikerz :

Make Model

Suzuki RGV 250

Year

1991 – 1995

Engine

Two stroke, 90° V- twin, reed valve

Capacity

249 cc / 15.2 cu in
Bore x Stroke 56 x 50.6 mm
Compression Ratio 7.3 :1
Cooling System Liquid cooled

Induction

2 x Mikuni TM34SS semi-flat carburetors

Ignition

Pointless Electrical Ignition

Spark Plug

NGK BR9ES

Battery

12V, 5Ah

Starting

Kick

Max Power

45.5 kW / 61 hp @ 11000 rpm (rear tyre: 43.3 kW / 58 hp @ 11000rpm)

Max Torque

40 Nm / 4.1 kgf-m / 29.5 lb-ft @ 8000 rpm

Clutch

Wet, multi-plate

Transmission

6 Speed, constant mesh

Primary Reduction

2.565 (59/23)

Gear Ratios

1st 2.454 (27/11) / 2nd 1.625 (26/16) / 3rd 1.235 (21/17) / 4th 1.045 (23/22) / 5th 0.916 (22/24) / 6th 0.840 (21/25)

Final Drive

Chain, DID520V2, 114 links

Front Suspension

USD telescopic fork, 5-way adjustable with anti-dive, oil dampened

Front Wheel Travel

120 mm / 4.7 in

Rear Suspension

Full Floater, mono-shock, gas/oil damped, 7-way adjustable

Rear Wheel Travel

140 mm / 5.5 in

Front Brakes

2 x 300 mm Discs ,4 piston calipers

Rear Brakes

Single 210 mm disc, 1 piston caliper

Front Tyre

110/70-17

Rear Tyre

140/60-18

Frame

Twin spar, aluminium

Rake

25o

Trail

94 mm / 3.7 in

Dimensions

Length: 2015 mm / 79.3 in
Width:    695 mm / 27.4 in
Height:  1065 mm / 41.9 in

Wheelbase

1375 mm / 54.1 in

Ground Clearance

120 mm / 4.7 in

Seat Height

755 mm / 29.7 in

Turning Radius

3.1 m / 10.2 ft

Lean Angle

58°

Wet Weight

161 kg / 355 lbs

Fuel Capacity 

17 Litres / 4.5 US gal / 3.7 Imp gal

Oil Capacity 

1.1 Litres / 12 US qt / 1.0 Imp qt

Consumption Average

8.0 L/100 km / 12.5 km/l / 29.4 US mpg / 35.3 Imp mpg

Braking 60 km/h – 0

12.4 m / 40.7 ft

Braking 100 km/h – 0

36.0 m / 118 ft

Standing ¼ Mile   

12.5 sec / 167.8 km/ / 104.3 mph

Top Speed

215.4 km/h / 127.6 mph

Artikel paling Hitzz……..

Di tahun 1991 Suzuki juga mengeluarkan RGV 2550 Gamma VJ22 seri SP ( Sport Production ) dan tentunya memiliki beberapa perbedaan dengan VJ22 versi biasa. Penggunaan Kopling kering alias Dry Clutch plus Close Ratio Gear Box. Selain itu diantara para rivalnya Suzuki RGV 250 Gamma memiliki Horsepower yang paling besar. Selain Versi SP Suzuki juga mengeluarkan seri Livery Pepsi, kemudian di tahun 1993 Suzuki mengeluarkan RGV 250 Gamma SP II yang mana untuk beberapa negara Eropa penggunaan Kopling kering ( Dry Clutch ) di SP I berganti menjadi kopling basah ( wet Clutch ) untuk SP II karna musim dingin di negara Eropa menyebabkan material kampas kopling lebih cepat rusak. Dari segi Harga untuk seri SP dan Livery Pepsi dibanderol dengan harga 696.000 yen sedangkan untuk seri SP II dibanderol dengan harga 716.000 Yen, kemudian suspensi sudah  fully adjustable suspension front and rear, aluminium bottom yoke and front disc centers. Perbedaab selanjutnya adalah Suzuki RGV 250 Gamma VJ22 tahun 1993 Swing Arm belakang berubah sudah tak lagi seperti Banana Arm namun terlihat lebih cantik, mirip mirip Swingarm yang biasa dipake GP250.

Indonesia merupakan salah satu negara yang ternyata memiliki Suzuki RGV 250 Gamma VJ22 ini, terlihat beberapa kali ada Sultan yang memamerkan tunggangan mereka, baik itu dalam keadaan full original maupun sudah dimodifikasi layaknya pembalap GP500 era nya Kevin Schwantz atau Barry sheene sobat bikerz. Okee…… Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements