Assalamu’alaikum.

Haaaayy………. Sobat bikerz, Warung ini sempat ngebahas Kawasaki KR1S dan bagi yang belom sempat baca bisa mampir KEMARI ya…. Bahasan kali ini adalah sodara tua dari Kawasaki KR1S sobat bikerz, Yapzz….. Kawasaki KR250 Tandem twin merupakan salah satu Race Replica dari Kawasaki, dimana Kawasaki KR250 Tandem ini merupakan versi Jalanan dari Kawasaki KR250 GP 2 Stroke yang pertama kali mulai dikembangkan oleh Kawasaki pada tahun 1974, di bawah arahan Nagato SatoSepeda motor hasil racikan kawasaki ini memenangkan empat kejuaraan dunia, diantaranya pada tahun 1978 dan 1979 dengan Kork Ballington dan pada tahun 1980 dan 1981 bersama Anton Mang. Sedangkan pada tahun-tahun pertama, Sepeda motor ini dikendarai oleh Mick Grant dan hanya memperoleh sedikit keberhasilan tetapi pada tahun 1977 ia memenangkan TT Belanda di sirkuit balap Assen.

Naahh…. Berawal dari Kawasaki KR250 GP kemudian terciptalah Kawasaki KR250 Tandem Twin 2 Tak mari kita tengok bersama dari sisi desain, Tampilannya secara gamblang mengadopsi Full-Fairing layaknya Kawasaki KR250 GP 2 Tak, namun tentu ada perbedaan nie sobat bikerz. secara stylingnya tampak lebih modern dengan mengadopsi Fairing Model yang bisa dikatakan sebagai  The First Ninja Biar kata tampilan masih serba kotak tapi jangan salah sobat bikerz, liat aja bagian rangka menggunakan Square Box-Section Alumunium, kemudian Suspensi Depan Teleskopik with Anti-Dive System dan sudah mengaplikasikan Cakram Depan Ganda untuk menghentikan laju ban depan.

Next…. sekarang kita masuk ke bagian dapur pacu sobat bikerz. Kawasaki KR-250 Tandem-Twin dibekali mesin 2 Tak Rotary-Disc Valve, 249 cc berpendingin cairan. eeehh…… ngomong- ngomong sedari tadi nyebut kata tandem mulu, maksudnya opo tho iki??….. 😀 oke….. sik ta coba bantu menerangkan ya sobat bikerz. Maksud dari Kawasaki KR 250 Tandem Twin ini adalah Motor konfigurasi mesin Tandem-Twin alias U-Twin Engine. Jadi dapat dikatakan merupakan peralihan pada mesin 2 Langkah sebelum benar-benar beralih menggunakan mesin Inline atau Sejajar dan V-Engine. masih bingung memhaminya??….. oke Fine mudahnya Konfigurasi mesin U-Twin Engine itu 2 mesin dijadikan 1, dimana Mesin ini memiliki 2 kruk-as, 2 blok silinder, 2 karburator, yang nantinya disatukan melalui sebuah susunan gear. Berbeda dengan mesin konfigurasi V-Engine yang blok mesinnya terpisah beberapa derajat dimana Umumnya antara 55 – 90º serta hanya memiliki 1 inti kruk-as saja. eeeiiittzzz……. Ampe lupa nie berbekal mesin tandem Twin 2 silinder 2 Tak 249 CC mampu menghasilkan 45 hp / 33.5 kW @ 10000 rpm dan Torsi sebesar 3.7 kgf-m / 26.7 lb-ft @ 8000 rpm. BTW…. Dibawah ini saya berikan gambaran mesin U-Twin Engine dan juga spesifikasi lengkapnya ya sobat bikerz :

mesin kawasaki KR 250 Tandem Twin

Make Model

Kawasaki KR 250

Year

1984 – 1987

Engine

 Two Stroke Tandem Twin Cylinder

Capacity

249 cc / 15.2 cu-in
Bore x Stroke 56.0 x 50.6 mm
Cooling System Liquid cooled
Compression Ratio 7.4:1

Induction

2x Keihin PWK 28

Ignition 

Capacitor discharge
Starting Kick

Max Power

45 hp / 33.5 kW @ 10000 rpm

Max Torque

3.7 kgf-m / 26.7 lb-ft @ 8000 rpm

Transmission 

6 Speed 
Final Drive Chain

Front Suspension

 Air-assisted 35mm forks with 3-way adjustable AVDS anti-dive

Rear Suspension

Adjustable damping and 5-way preload

Front Brakes

2x 260mm discs 1 piston calipers

Rear Brakes

Single 350mm disc 1 piston calipers

Front Tyre

100/90 VR16

Rear Tyre

110/80 VR18
Rake 27º
Trail 84 mm / 3.3 in

Dry Weight

133 kg / 293 lbs

Fuel Capacity 

16 Litres / 4.2 US gal

Standing ¼ Mile  

13.6 sec / 95.5 mph

Top Speed

180.2 km/h / 112 mph

Baca Juga Sob!!!……

Kawasaki KR250 Tandem Twin pemasarannya hanya untuk dalam negeri alias Japan Domestic Market dan hadir mulai tahun 1984 sampe dengan tahun 1987 atau hanya 4 tahun saja beredar dan kemudian dilanjutkan oleh sang adik yaitu Kawasaki KR1S yang ternyata melejit di pasaran dan mampu bersaing dengan rival pabrikan lain. Walaupun JDM tetep wae motor ini buktinya persebarannya ndak cuman di Jepang aja kok sobat bikerz, sampe ke beberapa negara Eropa juga. bijimane dengan Indonesia???….. Waaahh kalo itu sich nunggu aja ada Sultan yang keluarin koleksi di garasinya, sepanjang pengetahuan pemilik warung ini yang notabene hanya sebagai upik abu di kalangan para Sultan, kayaknya belom ada yang nongolin Kawasaki KR 250 Tandem Twin. Oke terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.