Assalamu’alaikum.

Haaaayyyy………… Sobat bikerz, Pembahasan kita kali ini adalah salah satu maha karya sebuah Motor Klasik dari Kawasaki , yang bernama Kawasaki H2 Mach IV triple inline alias 3 silinder segaris 2Tak, Seperti apa spesifikasi dan sejarahnya??…. Berukit ini akan saya coba rangkum demi sobat bikerz sekalian. Pertama kali diperkenalkan oleh Kawasaki pada tahun 1972 hingga akhirnya discontinue pada tahun 1975. Sesungguhnya motor ini memang diciptakan untuk menunjukkan kemampuan dan ketangguhan Kawasaki yang sesungguhnya, sebagai Pabrikan yang terkenal akan Motor  yang berperforma tinggi dan enak dipandang. Kawasaki H2 Mach IV yang merupakan suksesor dari H1 Mach III 500 cc yang cukup sukses sebelumnya. Sepeda motor ini sayangnya hanya dikeluarkan untuk pasar Eropa dan Amerika yang tujuannya tak lain adalah untuk memenuhi hasrat para penyuka kecepatan dan menggempur pasar dalam negeri tersebut dengan produk mereka.

Menilik Tampilannya sobat bikerz sudah pasti paham motor era 70an kental banget dengan desain yang simpel dan berciri khas lampu bulat serta beberapa aksen chrome sebagai pemanis. Didukung oleh Frame Steel-Cradle berukuran mini, Kawasaki H2 Mach IV ini memiliki bobot kosong yang cukup ringan yaitu 205 kg untuk sosok superbike pada masanya, kalo buat ukuran motor jaman sekarang kok ya kayaknya berat ya hehehehehehe….. 😆 secara motor jaman NOW dengan CC yang sama bisa lebih enteng lagi, but…. untuk ukuran tahun segitu ya wajar karna produk lain pun juga jauh lebih berat. Suspensi depan menggunakan telescopic fork, sedangkan belakang menggunakan twin shocks. Remnya menggunakan disc 295mm untuk depan, sedangkan belakang menggunakan drum brake ( Tromol ) 203mm. Knalpot bercabang 3 dari masing-masing silinder, dengan 2 di sebelah kanan dan 1 di kiri.

Masuk ke sektor jantung pacu Kawasaki H2 Mach IV ini sobat bikerz, berbekal Mesin Inline Triple alias 3 silinder segaris 2Tak 748cc berpendingin udara plus konstruksi Bore x Stroke : 71 x 63 mm dengan kompresi 7.1:1 sepeda motor ini mampu memuntahkan daya kuda sebesar 74 HP @ 6.800 RPM dan Torsi sebesar 77,4 N.m @ 6.500 RPM serta kecepatan puncak yang dapat diraih adalah 202km/jam sobat bikerz, bagian pengabutan dipercayakan pada karburator 32mm mikuni sebanyak 3 biji dan Transmisinya masih menggunakan 5 percepatan. Berikut ini spesifikasi dari Kawasaki H2 Mach IV sobat bikerz :

Manufacturer : Kawasaki

Model : 750 Mach IV (Kawasaki H2)

Tahun Pembuatan : 1972-1975

Engine : 2-Tak, Inline-Triple (3-Silinder), Piston-Port, Air Cooled

Bore x Stroke : 71 x 63 mm

Kapasitas Silinder : 748 cc

Rasio Kompresi :   7,1 : 1

Sistem Penyuplai BBM : 3 x Karburator Mikuni 32 mm

Ignition : Coil

Sistem Starter : Kick-Starter

Transmisi : 5-Speed

Max Power : 74 HP @ 6.800 RPM

Max Torsi : 77,4 N.m @ 6.500 RPM

 

Frame : Steel Cradle

Berat Kosong : 205 Kg

Kapasitas Tangki BBM : 17 Liter

 

Suspensi Depan : Teleskopik Fork

Suspensi Belakang : Kawasaki Dual Shockbreaker, Preload Adjustable

Rem Depan : Cakram Hidrolik , Disc 295 mm, Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Drum Brake (Tromol) 203 mm

Ban Depan : 3.25 – 19 Inch

Ban Belakang : 4.00 – 18 Inch

Kekurangan dari motor ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang sangat boros sekali, bayangkan saja untuk 1 liter bahan bakar hanya bisa menempuh jarak kurang dari 10 KM sobat bikerz, kalo kayak gini mah kudu sultan yang punya stasiun bahan bakar kali yang bisa piara ini motor, selain itu handling yang jelek menjadikan motor ini liar saat dikendarai, Handling motor yang kurang bagus ini disebabkan desain frame yang kurang bagus sehingga mendapatkan julukan sebagai “Widowmaker” alias “Pembuat Janda”. Mungkin banyak rider yang kecelakaan sampai mati, kali ya sobat bikerz??….. Namun Kawasaki H2 Mach IV sendiri cukup fenomenal pada jamannya, disebut “King of Street” karena mampu mengalahkan mobil muscle Amerika, misalnya Dodge, Hemi, dan barracuda. Kawasaki H2 Mach IV merupakan motor 2Tak yang gampang banget dioprek, Tenaga maksimal Kawasaki H2 Mach IV sudah keluar sejak RPM rendah, hal ini dibuktikan dengan banyaknya para speed junkie yang mengoprek motor ini sobat bikerz. Tercatat masih memegang rekor kecepatan untuk mesin motor 750cc yang dipasang NOS alias nitro, dengan jarak 1/4 mil (400 meter) ditempuh dengan catatan waktu 7,776 detik dan kecepatannya 170 mph (273 km/jam). Juga tanpa nitro, 1/4 mil ditempuh dengan waktu 8,24 detik dengan kecepatan 153 mph (246 km/jam).

Kalo di Indonesia kira-kira ada ndak ya Sultan yang memboyong sepeda motor ini ke dalam negeri?? soalnya belum ada nie Sultan yang mau nunjukin hehehehehe….:lol: Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Iklan