Assalamu’alaikum.
Haaayyyy…….. Sobat bikerz, salah satu gacoan 2Tak Honda yang pernah berjaya di masanya kini banyak menjadi incaran, baik itu kolektor maupun sekedar penghobi kecepatan. Diatas kertas spesifikasi Honda NSR150Series cukup mumpuni dengan power yang cukup besar untuk ukuran sport 150cc 2Tak. Kali ini ada bahan dari Om Jimmie salah satu rekan satu Club yang sempat penasaran…. kira-kira berapa sich diatas mesin dyno test tenaga yang dihasilkan???….Kilas balik sejenak sobat bikerz, karna yang akan kita bahas adalah Honda NSR150R alias single R dengan kondisi mesin yang kurang sehat. Jadi belum sepenuhnya kelar sesuai dengan standar pabrikan saat motor baru turun dari dealer. Oke…. diatas kertas Spesifikasi Honda NSR150R bobot motor dikisaran 120kg, menggunakan mesin sebesar 149cc dengan ukuran Bore x stroke sebesar 59 x 54.5 dan kompresi sebesar 6.8 : 1 menghasilkan tenaga sebesar 28hp@10.500rpm serta torsi yang dihasilkan adalah 2.75 kg-m@10,000 rpm.

Naaaah…… itu kalo spek mesin dalam keadaan sehat walafiat ya sobat bikerz, sedangkan jika mesin masih kurang sehat istilahnya masih ada PR lah kira-kira bagaiman jadinya ya?? Tenaga on Dyno seberapa besar penurunannya??…. Om Jimmie Hendrix ngetestnya di bengkelnya Bli Gede Widi Motor yan beralamat di Jalan Tukad Balian No.118 Denpasar. Okee berikut ini spesifikasi dari motornya om Jimmie sobat bikerz Blok liner/boring Original oversize 75, RC Valve nyala normal, kampas kopling pake NSR150 Series tapi versi murah bukan subtitusi lhoo…. Pengabutan standar dengan pilotjet dan mainjet masih bawaan aslinya semenjak dapat, knalpot original lepas sekat alias bobokan dikitlah. Biaya untuk running di msin Dynotest ini murah lhooo sobat bikerz cukup merogoh kocek sebesar 50 ribu rupiah saja.

Bila sobat bikerz perhatikan foto diatas sebenarnya ada sedikit salah penulisan dalam spesifikasi motor yang naik ke mesin Dyno, Honda NSR150R seharusnya 150cc ini jadi 200cc hehehehehehe….. 😆 and dari hasil 5 kali run didapatlah hasil terbaik yang diambil data yang paling tinggi nilainya. Tenaga puncak yang dihasilkan on wheel setelah 5 kali run adalah 26.5HP@9573RPM dan torsi sebesar 19.31@9527RPM Top Speed tertinggi hanya mencapai 129km/jam. Pasti pada bergumam top speed alias kecepatan puncak kok kecil ya???….. maklum motor Tua sudah 21 tahun beda dengan motor jaman NOW dan masih belum sehat selain itu hasil dari on Dynotest tentu berbeda dengan on Speedo sobat bikerz. Apakah Om Jimmie merasa puas dengan hasil yang didapatkan??? Tentunya tidak karna bagi beliau motor belum sempurna sesuai keinginan ( standar pabrikan), jika melihat tenaga yang dihasilkan ternyata penurunannya hanya sedikit sekali, dimana banyak data di Mbah Google menjelaskan tenaga yang dihasilkan oleh Honda NSR150R adalah 28HP dan hasil uji on Dyno oleh Om Jimmie 26.5HP hanya turun sedikit itupun dengan catatan motor masih belum sehat bener, selain itu Om Jimmie juga masih penasaran karna yang nguji diatas Dynojet bukan om Jimmie jadi masih kurang greget hehehehehehe….. 😆

Baca Juga :

Yaapzzz….. Sekedar mengobati rasa penasaran aja, toh motor Tua pasti kalah dengan motor jaman NOW yang topseednya bisa sampe diatas 150km/jam oke…. sobat bikerz no offense artikel ini bertujuan hanya berbagi pengalaman dan info seputar 2Tak, jadi nyante wae ra usah baper hehehehehe….. 😆 gegara Dyno test rekan-rekan sesama member juga penasaran nie pengen coba on Dynotest, lebih aman hasil didapatkan lebih mutakhir selain itu kalo ditest di jalanan umum akan berbahaya sobat bikerz betul tidak hehehehehe….. BTW suhu-suhu 2Tak khususnya NSR di Indonesia pernah juga ada yang share hasil on Dynojet di sosial media kalo ndak salah ingat cuman saya cari-cari ndak nemu nie. Semoga ada suhu_suhu yang mampir kemari dan sudi berbagi ilmu serta pengalaman dengan saya, selain itu saya juga masih penasaran dengan hasil on Dyno jika mesin sehat kemudian seri NSR150RR Astra dan NSR150SP kalo on Dyno berapa ya tenaga yang dihasilkan???…. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Advertisements