Assalamu’alaikum.
Haaayyy……….. Sobat Bikerz, masih ngebahas soal motor ngebul nie alias 2tak sobat bikerz. Semoga ndak bosen yach….. 😀 maklum yang punya warung senang dengan motor 2tak hehehehehehehe…… 😆 Kali ini ngebahas motor 2tak bikinan pabrik garputala yaitu Yamaha. Salah satu sepeda motor bikina Yamaha Yang kali ini ingin saya bahas adalah Yamaha TZM 150 yang merupakan sebuah Mahakarya dari Yamaha muncul pada Tahun 1996-1998 an. Motor ini sendiri diboyong ke Indonesia melalui jalur Import alias CBU yang pada saat itu dijembatani oleh YMKI dan yang mengejutkan adalah Si TZM 150 ini dibuat dengan mengacu pada Yamaha TZR250 sobat bikerz Alias si TZM 150 ini memang sengaja dibikin mengacu pada Gen Balap yang sangat kental alias menjadi Mini TZR250. Kalo Ndak salah saat pertama Kali motor ini hadir seharga 20 jutaan lho sobat bikerz.Beralih ke sektor mesin Yamaha Membenamkan Mesin 2-Tak 150cc dengan pendingin cairan alias Liquid Cooled yang dibalut bersama dengan Frame Double-Cradle. Selain itu Yamaha TZM 150 ini juga dilengkapi Yamaha Power Valve System (YPVS) Persis layaknya yang digunakan oleh TZR250 Plus pengabutan bahan bakar menggunakan Karburator Spesial VM30SS yang dibekali Powerjet buatan Mikuni asal Jepang. YPVS ini sistem kerja bisa dikatakan sama dengan RC Valve pada Honda NSR Series sobat bikerz. Sehingga menghasilkan Output Power Maksimal Mencapai 35,3 HP @ 10.500 Rpm, belum lagi Berat Kosong Yamaha TZM 150 yang hanya 119 Kg saja sobat bikerz.
Secara Desain Yamaha TZM 150 auranya kental terlihat sport tahun 90an plus dipadu jok tandem dan stoplamp bundar 2 biji mengukuhkan kesan futuristik pada saat itu dimana lekuk bodi fairingnya sudah tidak terlalu mengkotak layaknya sport yang hadir pada saat itu sobat bikerz. Oke…… Untuk Spesifikasi dari Yamaha TZM 150 ini saya jabarkan dibawah ini ya sobat bikerz:
Spesifikasi Yamaha TZM 150 :
Model : Yamaha TZM 150
Engine : 2 Tak, Single Cylinder, Liquid Cooled, Reed Valve, Yamaha Power Valve System (YPVS)
Kapasitas Silinder : 147 cc
Bore x Stroke : 59 X 54 mm
Rasio Kompresi : 6,0 : 1
Penyuplai BBM : Karburator Mikuni VM30SS
Max Power : 35,3 HP @ 10.500 Rpm
Max Torque : 25 N.m @ 9,500 Rpm
Starter Sytem : Electric Starter
Lubrication System : Wet Sump
Transmisi : 6 Speed, Penggerak Rantai
Panjang : 1,965 m
Lebar : 0,685 m
Tinggi : 1,1 m
Jarak Sumbu Roda : 1,33 m
Tinggi Jok : 0,765 m
Berat Kosong : 119 Kg
Suspensi Depan : Telescopic,Coil Spring, Oil Damped
Suspensi Belakang : Swingarm, Coil spring, Oil Damped
Rem Depan : Full Floating Disc, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Disc, Kaliper 1 Piston
Ban Depan : 90/80 -17 46S
Ban Belakang : 110/80 – 17 57S
Pengapian : Electronic CDI
Kapasitas Tangki BBM : 13 Liter
Terobosan inovasi terbaru kala itu, Yamaha mengklaim semakin besarnya kapasitas mesin 2 tak, maka getaran yang dihasilkan juga makin meningkat. Selain itu juga dibutuhkan torsi yang besar untuk melontarkan power mesin kala putaran tinggi, dimana nilai torsi cenderung menurun. Dalam pemakaiannya, balancer weight acap mengalami penyimpangan sektor bearingnya dalam metode yang wajar. Sebab, bearing pada balancer weight sifatnya dihentak terus oleh drive gear yang satu poros dengan gigi primer, sebagai penggeraknya. Selain itu posisinya yang lebih tinggi dari dasaran calter, membuatnya makin minim terlumasi oli mesin. “Kalau sampai timbul suara desis saat berkitir di 5000rpm.
Kampas kopling yang dipake setara dengan yang dipake pada Yamaha YZ-125, ini salah satu yang menyebabkan tarikan TZM 150 menjadi responsif. Sipnya lagi, jumlah kampas kopling yang dipakai 7 lapis. Dengan demikian terjadinya kampas selip jadi minim. Tapi dalam prakteknya, kampas kopling YZ-125 terkenal mahal sobat bikerz. So……trik untuk mengganti rumah kopling mesti dilakukan untuk menghemat perawatan. Alternatifnya bisa memakai rumah kopling RX-Z atau RX-King, kemudian dikeling dengan gigi skunder orsi TZM. Dengan begitu, dalam penggantian kampas kopling bisa memakai RX-Z atau RX-King, gimana sobat bikerz??? tentu akan lebih hemat bukan hehehehehe…..
Sayangnya, karna krisis moneter pada masa itu, penjualannya harus dihentikan oleh YMKI pada saat itu, namun saat ini tak menyurutkan niat bagi yang masih pengen bernostalgia dengan salah satu sport berteknolgi tinggi dari Yamaha i. Untuk Saat Ini harga Yamaha TZM 150 dengan kondisi ciamik masih berthana diangka 30 jut sobat bikerz, tapi buat para kolektor 2 tak dan penghobi harga tak jadi masalah, tooh….. jaman semakin canggih ketersediaan sparepart juga sudah bisa diakomodir, selain itu hadirnya para juragan yang mampu menyediakan part Yamaha TZM lebih memudahkan dalam penggantian part bagi para Sultan yang tetap pengen tunggangannya selalu prima. Terima Kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.
Motor impian ki pap
30jt regone nek kondisi ciamik surat lengkap, nek bahan yo iso jauh dibawah itu Pap
wediyan pap.. untuk barang se rare itu worthed tapi
Nggih…. Soale 2tak naik daun lagi mergo podo2 150cc tapi tenaga ne iso diatas 30hp real
Watawwww..kapan yak sy punya motor kaya gitu 😍
Halaaah…. Itu kan motoenya Paduka Heri 😁😁✌️
Pernah nyemplak TZM150 kepunyaan bapake temen SMA, ganteng naik 75% 🤣🤣🤣
i am looking for spares for my tzm 150 Derek swann email DerekMSwann51@gmail.com
I am 3 small plastic body parts short. can any one help me please.
okay i can help what you need looking for
ngiler
jo lali di lap mbah 😀