jump to navigation

Pojok Hukum: sedikit pembahasan tentang STCK serta dasar hukumnya Juli 31, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
Tags: , , , , , ,
trackback

image

Assalamu’alaikum.
Lama nggak bikin artikel pojok hukum, kali ini BMR mulai dari yang ringan dulu aja ya. Itung-itung mencairkan isi otak BMR yang udah mulai beku, sebelumnya makasih banyak buat sobat bikers yang sering mampir ke warung BMR yang nggak jelas isinya ini hehehehehe…… ๐Ÿ˜€ oke daripada berlama-lama berikut ilustrasinya gaes!!!
Bejo seorang pemuda perantauan yang telah sukses mengadu nasib ke pulau seberang. Berhubung momentnya pas banget dengan liburan panjang lebaran Bejo pengen mudik ke kampung halamannya sekalian menunjukkan kepada keluarga di kampung kalo si Bejo sudah sukses dan memiliki sebuah mobil. Tapi di satu sisi Bejo bingung selama diperjalanan Bejo melihat mobil baru plat putih dengan nomor plat merah. Sempat pula bertemu di rest area dan bertanya kepada sang pemilik mobil, kemudian Bejo bingung dengan penjelasan yang didapat bahkan ada yang mengatakan dengan surat jalan. Sesampainya di rumah orang tua Bejo bertanya kepada sodaranya yang lebih paham tentang hukum, berikut penjelasannya sobat bikers.

image

Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan atau bisa disingkat menjadi PP No. 80 Tahun 2012, surat-surat yang dikenal terkait Pemeriksaan kendaraan bermotor antara lain yaitu Pasal 3 PP No. 80 Tahun 2012:
a. Surat Izin Mengemudi (“SIM”), Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK), Tanda Nomor Kendaraan Bermotor, atau Tanda Coba Kendaraan Bermotor;
b. tanda bukti lulus uji bagi kendaraan wajib uji;
c. izin penyelenggaraan angkutan.
Untuk surat jalan, BMR udah ngubek-ubek mbah gugel dan tanya ke kawan yang lebih paham akan hal ini. Sejatinya dalam peraturan manapun tidak ada yang namanya surat jalan atau surat sakti dan tidak ada pula peraturan yang mengatur tentang surat jalan. Terkait kendaraan baru yang belum keluar STNK nya untuk sementara di berikan STCK (Surat Tanda Coba Kendaraan) yang mana masa berlaku biasanya hanya satu bulan saja sampai terbit STNK dan TNKB.
Di dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan atau biasa disingkat UU Lalu Lintas.
Pada dasarnya, setiap kendaraan bermotor wajib diregistrasikan, termasuk bagi kendaraan bermotor baru, sebagaimana diatur dalam Pasal 64 ayat (2) huruf a UU Lalu Lintas. Berkaitan dengan registrasi kendaraan bermotor baru, Pasal 65 ayat (1) UU Lalu Lintas mengatur bahwa:
โ€œRegistrasi Kendaraan Bermotor baru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 64 ayat (2) huruf a meliputi kegiatan:
1. registrasi dan identifikasi Kendaraan Bermotor dan pemiliknya;
2. penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor; dan
3. penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor โ€
Terkait dengan pengoperasian kendaraan bermotor di jalan raya, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalanan wajib dilengkapi dengan STNK dan TNKB, sebagaimana diatur dalam Pasal 68 ayat (1) UU Lalu Lintas . UU Lalu Lintas juga mengatur mengenai ancaman hukuman apabila seseorang mengendarai kendaraan bermotor tanpa STNK dan TNKB, yang diatur dalam Pasal 288 ayat (1) UU Lalu Lintas , yang selengkapnya berbunyi:
โ€œSetiap orang yang mengemudikan
Kendaraan Bermotor di Jalan yang
tidak dilengkapi dengan Surat Tanda
Nomor Kendaraan Bermotor atau
Surat Tanda Coba Kendaraan
Bermotor yang ditetapkan oleh
Kepolisian Negara Republik Indonesia
sebagaimana dimaksud dalam Pasal
106 ayat (5) huruf a dipidana dengan
pidana kurungan paling lama 2 (dua)
bulan atau denda paling banyak Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) โ€
Adapun arti dari Surat tanda Coba Kendaraan, atau biasa disingkat STCK, adalah tanda bukti pengesahan kendaraan bermotor sementara berdasarkan identitas dan kepemilikannya yang telah didaftar.
STCK merupakan sarana identifikasi atau tanda bukti yang sah untuk sementara dalam tugas forensik registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor.

image

STCK hanya diberikan kepada Badan Usaha di bidang penjualan, pembuatan, perakitan atau pengimporan kendaraan bermotor. STCK berlaku selama perusahaan tersebut masih menjalankan usaha;
STCK perorangan kini tidak ada lagi, kecuali pemohon dengan maksud uji coba kendaraan bermotor yang sedang dalam taraf penelitian.
Mengacu pada pasal 69 UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas disebutkan bahwa:
1. Setiap Kendaraan Bermotor yang
belum diregistrasi dapat dioperasikan di Jalan untuk kepentingan tertentu dengan dilengkapi Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor.
2. Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diberikan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia kepada badan usaha di bidang penjualan, pembuatan, perakitan, atau impor Kendaraan Bermotor.
3. Ketentuan lebih lanjut mengenai persyaratan dan tata cara pemberian dan penggunaan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor dan Tanda Coba Nomor Kendaraan Bermotor diatur dengan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.
Di jaman sekarang ini untuk pengurusan STCK biasanya ditangani oleh ATPM sembari menunggu STNK dan Plat Nopol asli keluar. Setelah mendengarkan penjeleasan yang panjang lebar Bejo akhirnya mulai sedikit paham tentang alur dan peraturan hukum yang mengikat.
Oke sobat bikers terima kasih sudah meluangkan waktu mampir ke warung yang nggak jelas isinya ini dan bagi sobat bikers ataupun rekan pemba a yang lebih paham tentang hukum silahkan untuk share olmunya di kolom komentar. BMR akan sangat senang bila ada yang mau saling berbagi ilmu karna jujur saja BMR pun ilmunya masih terbatas. Sedangkan sumbernya BMR dapatkan DISINI ada juga DISINI dan DISINI kemudian DISINI
Wassalamu’alaikum.

Iklan

Komentar»

1. Mas Sayur - Juli 31, 2015
balimotorider - Juli 31, 2015

Bawah mana Pak Made?? ๐Ÿ˜€

Mas Sayur - Juli 31, 2015

Bawah jok… ๐Ÿ˜€

balimotorider - Juli 31, 2015

Ngoahahahaha…… ๐Ÿ˜€
Tak njemur sisan nang ronjot’e pak Made ๐Ÿ˜€

Mas Sayur - Juli 31, 2015

Silahkan..

rayman95 - Juli 31, 2015
balimotorider - Juli 31, 2015

Monggo silahkan kang ๐Ÿ™‚

2. Supono Wahyudi - Agustus 1, 2015
balimotorider - Agustus 1, 2015

Monggo

3. toretto - Agustus 1, 2015

dowoooo,,,,,,koyo benang layangan

balimotorider - Agustus 1, 2015

Hahahahaha…… ๐Ÿ˜†
Mumet….mumet dach

4. albi - Januari 25, 2016

tanya dong, kalo cuma ada surat tanda coba kendaraan bermotor boleh gak si dibawa keluar kota? terimakasih

5. theo - September 30, 2016

mtor sya bru STCK sya dngn No regristasi H2016XD apakah itu jg suatu saat No STNK/TNKB sya klo sdah jadi.

balimotorider - Oktober 20, 2016

Biasanya berbeda mas nomer STCK dgn STNK karna STCK hanya nomer sementara

6. Agus wae - Desember 21, 2016

mo tny om, klo kita keluar kota/propinsi dgn STCK boleh gak om? trims

7. Agus wae - Desember 21, 2016

mo tanya ni om, bermodal STCK keluar kota/propinsi bisa gak om? trims…..

8. fred - Januari 11, 2017

biayanya kalo urus sendiri utk sepeda motor nyampe brp ya? sbab yg ditawarkan dealer hingga
500ecu

balimotorider - Januari 12, 2017

Itu bikin baru atau perpanjang atau gmn??

Bejo - Februari 3, 2017

Kalau mau bikin baru sampai berapa biayanya utk mobil

9. Bejo - Februari 3, 2017

Kalau mau urus STCK sendiri gimana ya prosedurnya

10. mey - Juni 11, 2017

Saya nunggu stnk asli dtg aja, tapi pihak dealer kekeuh sya harus pke stck,kan saya bingung buat apa stck? Toh motor saya stay d rmh,klo keluar saya pke mtor suami saya. apa ngaruh klo saya g beli itu stck jd g keluar stnk yg asli nya? Makasih mohon dibantu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

WARUNG BIKER

Motorcycle Blog

Ninja150ss

Berbagi Informasi Otomotif dan Berita Lainnya

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyรถbaMรดtรถ

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblรฅkrรคck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

%d blogger menyukai ini: