Assalamu’alaikum.

Haaaayyyy………. Sobat bikerz, era 80an sampe dengan 90an jamannya 2Tak berjaya. Semua pabrikn jepan punya motor sport andalan 2 stroke mereka, salah satuna adalah Kawasaki yang punya jagoan andalan mesin 2 Langkah 250 CC sobat bikerz. Kawasaki KR 1 S merupakan Produk Unggulan Kawasaki di Segmen 2 Stroke 250cc yang pada saat itu sudah penuh sesak ditempati oleh banyaknya sepeda motor Super Bertenaga Gila Layaknya Honda NSR 250 SP, kemudian ada Suzuki RGV 250 Gamma, dan Yamaha TZR 250, serta tak lupa ada pabrikan Eropa seperti Aprilia 250 RS dan Gilera GFR 25o. Kawasaki KR-1S diperkenalkan pada khalayak umum di tahun 1989, hingga berakhir masa produksinya di tahun 1992. Motor bikinan Kawasaki ini ndak kalah kencang dengan pabrikan lain lho sobat bikerz…. Ndak percaya??? Okay, akan kita bahas di warung ini sobat bikerz.

Masuk ke bagian mesin sobat bikerz, kalo pabrikan lain sudaah asiek mengembangkan mesin V Engine dan U Engine maka Kawasaki KR 1 S ini malah masih pake Paralel inline Twin dengan kubikasi mesin 250 CC 2 Tak berpendingin Cairan dan disupport oleh 2 buah Karburator KEIHIN 28 MM. Walaupun bisa dibilang mesinnya terlihat cupu/culun bagi kompetitor lain, buktinya Kawasaki KR 1 S ini mampu menghasilkan 65 HP @ 10500 RPM dan Torsi sebesar 3.75 KGf-M @ 10500 RPM, bahkan yang lebih gila lagi hasil torehan kecepatan puncaknya mampu tembus hingga 225 KM/jam. Untuk sepeda motor 250 CC 2 Stroke di jaman itu butuh segala sesuatu yang canggh ha ini terbukti dengan menyematkan Teknologi Nickel Plated Cylinders dan teknologi canggih bernama E-KIPS yang kinerjanya seperti RC Valve pada Honda NSR dengan menggunakan Chip sebagai otak utama pengatur bukaan valvenya. Bila dilihat secara kasat mata maka Kawasaki KR 1 S ini terlhat gambot dan berat padahal bobot kosongnya hanya 131 KG saja yang berarti masih lebih ringan daripada motor 250 CC keluaran sekarang, ini dikarenakan penggunaan material Alumunium pada bagian Frame/rangkanya. Lengkapnya nie saya kasih spesifikasi dari Kawasaki KR 1 S sobat bikerz :

Make Model

Kawasaki KR1S

Year

1989 – 1992

Engine

Ttwo stroke, parallel twin cylinder, Electronic variable exhaust valve ( KIPS ) equipment

Capacity

249 cc / 15.2 cu-in
Bore x Stroke 56.0 x 50.6 mm
Cooling System Liquid cooled
Compression Ratio 7.4:1

Induction

2x 28mm Keihin PWK carburetor

Ignition 

Capacitor discharge
Starting Kick

Max Power

65 HP @ 10500 rpm

Max Torque

3.75 KGf-M @ 10500 rpm

Transmission 

6 Speed 
Final Drive Chain
Frame Tubular diamond, Aluminium extruded E-Box frame

Front Suspension

41mm stanchions, air assisted telescopic fork with unstepped preload adjustment

Rear Suspension

Bottom Link Uni-Trak with air adjustable gas shock, unstepped preload, and four-way rebound damping

Front Brakes

2x discs 4 piston calipers

Rear Brakes

Single disc 2 piston caliper

Front Tyre

100/70 VR17

Rear Tyre

130/60 VR18
Rake 24.0°
Trail 90 mm / 3.5 in
Dimensions Height 1,365 mm / 53.7 in
Length 2,015 mm / 79.3 in
Width 695 mm / 27.4 in
Wheelbase 1365 mm / 53.7 in
Seat Height 755 mm / 29.7 in

Dry Weight

131 kg / 288.8 lbs

Fuel Capacity 

16.0 Litres / 4.2 gal

Consumption Average

36 mpg

Standing ¼ Mile  

12.9 sec / 108 mph 173.8 km/h

Top Speed

225.7 km/h

Baca Juga :

Kawasaki KR 1 S merupakan sepeda motor yang terbilang langka karna masa baktinya yang singkat dan Produk ini awalnya hanya untuk Japan Domestic Market saja dan yang jelas biasanya di restricted power, namun karna cukup tingginya permintaan untuk Kawasaki KR 1 S ini di beberapa negara terutama Eropa, maka sepeda motor ini ternyata juga beredar dan sampe sekarang masih menjadi incaran juga. kalo di Indonesia ada yang punya ndak ya???….. penasara nie….. nunggu Sultannya aja ngeluarin dari Garasi nie heheheehehe….. 😆 😀 Sayangnya kalo dari sisi desain Kawasaki KR 1 S ini terbilang kurang agressive ya selain itu handlingnya pun biasa aja jadi kurang menawarkan sensasi berkendara diatasnya kala menunggangi. Oke sekian dulu sobat bikerz, kita berjumpa lagi di artikel 2 Tak berikutnya ya…. Semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Iklan