Assalamu’alaikum.
Haaaayyy……… Sobat bikerz, menyambung artikel 2 Stroke sebelumnya. Bahasan sebelumnya tentang Honda NSR 250 Series, naaah…….. Bagi yang belum baca bisa mampir KEMARI. untuk bahasan kali ini adalah Honda NSR 250 MC21 yang terkenal sebagai best selling produk Honda 2 tak nie sobat bikerz. Apa saj yang berubah dari seri Honda NSR 250 MC21 ini??… Dan kenapa bisa jadi best selling Produk??….. pasti banyak banget yang kesengsem nie,padahal seri Honda NSR 250 MC28 dari segi tampilan dan upgrade nya pun jauh lebih keren dan lebih baik dari MC21 cuman, Berhubung Harga jual yang tinggi, pada akhirnya membuat Honda NSR 250 MC28 menjadi sulit untuk dicapai oleh penghobi dan penggemar NSR Series.
Honda NSR 250 MC21 diperkenalkan akhir tahun 1989 sebagai new model dan dilempar ke pasara Internasional pada tahun 1990, Bahkan seri Honda NSR 250 MC21 2 Stroke ini muncul dalam berbagai varian. Diawal kemunculannya dapat dilihat fairing berganti jadi lebih eye catching dan sisi aerodinamikanya pun jadi lebih baik plus lengan ayun belakang bentuk GullArm Honda RS250 milik Luca Cadalora membuat handling Dari Honda NSR 250 mC21 ini semakin enak diajak melibas tikungan, apalagi suspensi belakng Pro-link nya bikin redaman area belakang lebih nyaman. Seri MC21 awal ini hadir dan terus mengalami perubahan di varian MC21 berikutnya sobat bikerz.
Masuk ke sektor mesin sobat bikerz, berbekal mesin 2 silinder 2 langkah 249 CC dengan konfigurasi V Twin Engine 90° dan disuplay dengan 2 buah Karburator KEIHIN TA20, Honda NSR 250 MC21 ini mampu meletupkan daya Kuda sebesar 45 hp / 32.8 kW @ 9500 rpm dan Torsi sebesar 35 Nm / 25.8 ft-lb @ 8500 rpm. Namun ini adalah spesifikasi Restricted alias tenaga asli dari Honda NSR 250 MC21 ini dibatasi karena versi aslinya mampu tembus hingga 60,3 HP @ 10.500 RPM dan Torsi sebesar 44 N.m @ 9.500 RPM. Biasanya ini terjadi pada negara-negara yang memberikan aturan ketat soal output tenaga motor, tapi jangan khawatir paket unrestricted juga banyak dijual di situs jual beli online internasional atau bisa juga berburu ke negara yang dimana belum menetapkan aturan tersebut 😉 . Perangkat canggih berikutnya adalah adanya peningkatan di sisi elektrikal dan pengapiannya, Seri Honda NSR 250 MC21 2 Tak ini sudah Menggunakan CDI ECU PGM III yang diambil dari Honda RC30 superbike yang legendaris dimana settingannya mampu membuat mapping yang berbeda untuk setiap silinder. Bahkan desain framenya mencontoh Honda RS250 dengan basis tahun 1988-1989 bahkan hingga ke posisi steering damper pun mirip pada Honda NSR MC21. Berikut ini Spesifikasi lengkap dari Honda NSR 250 MC21 sobat bikerz :
Make Model |
Honda NSR 250R / SE / SP MC21 |
Year |
1990-1993 |
Engine |
Two stroke, 90°V-twin cylinder, reed valve/exhaust valve |
Capacity |
249 c / 15.2 cu-in |
Bore x Stroke | 54 x 54.5 mm |
Cooling System | Liquid cooled |
Compression Ratio | 7.3 : 1 |
Induction |
KEIHIN TA20 Carburetor Type |
Lubrication | Seperate Pump (engine) splash type (transmission) |
Ignition |
PGM III-CDI |
Starting | Kick |
Max Power |
45 hp / 32.8 kW @ 9500 rpm |
Max Torque |
35 Nm / 25.8 ft-lb @ 8500 rpm |
Clutch | Multi-plate, coil spring |
Transmission |
Constant Mesh 6-speed |
Final Drive | Chain |
Gear Ratio | 1st: 2.642 / 2nd: 1.800 / 3rd: 1.380 / 4th: 1.125 / 5th: 1.000 / 6th: 0.916 |
Frame | Aluminum tube type frame |
Front Suspension |
41mm Telescopic air valve semi-adjustable |
Rear Suspension |
Rear: Pro-Link Single shock swingarm non-adjustable |
Front Brakes |
2x discs 2 piston calipers |
Rear Brakes |
Single disc 1 piston caliper |
Front Tyre |
110/70-17 53 H |
Rear Tyre |
150/60-R18 67 H |
Rake | 23°15’ |
Trail | 87 mm / 3.4 in |
Dimensions | Length 1975 mm / 77.7 in Width 655 mm / 25.7 in Height 1060 mm / 41.7 in |
Wheelbase | 1345 mm / 52.9 in |
Seat Height | 770 mm / 30.3 in |
Ground Clearance | 135 mm / 5.3 in |
Dry Weight |
132 kg / 291.8 lbs |
Wet Weight | 151 kg / 337 lbs |
Fuel Capacity |
16 Litres / 4.2 US gal |
Review | Type I / Type II / Technical / nsr250.net |
Pengembangan dari seri Honda NSR250 MC21 berikutnya adalah Honda NSR 250 SE seri ini bisa dikatakan sebagai salah satu seri yang Special Edition karna Seri Honda NSR 250 SE ini SE kelangkaan model dan dihargai lebih tinggi dijual kala itu dengan harga 660.000 Yen. Honda NSR 250SE ini merupakan versi NSR 250 yang sudah menggunakan Dry Clutch alias kopling kering yang sangat dingin dan suspensi yang dapat disesuaikan untuk bagian depan dan belakang. Akan tetapi kekurangannya adalah Seri Honda NSR 250 SE 2 Tak ini tidak menggunakan velg MagTek jadi bobot velg lebih berat sedikit. Perbedaan yang jelas Dari Versi Honda NSR 250 MC21 SE dengan Versi biasa adalah seri SE hadir hanya dalam livery kombinasi warna merah putih dengan biru dan hijau yang melapisi sekujur bodi motor tersebut dan uniknya lagi foot peg atau pedal boncengan belakang tidak keluar seperti motorsport batangan pada umumnya namun nyempil di dalam, jadi kalo mau mbonceng kudu narik pedal boncenger dulu, cuman kalo dari segi estetika keliatan racy banget sobat bikerz kan ndak ada pedal boncenger kemudian lepas jok belakang sudah jadi single seater.
Baca Juga :
- Sejarah Dan Spesifikasi Honda NSR 250 Series ( Bagian 1 )
- Yamaha RD 250 LC Idaman Dan Incaran Para Remaja Inggris Pecandu Kecepatan
- Cagiva Planet 125 Naked Sport Seksi Asal Negeri Pizza Italiano
- Aprilia Europa 125 Naked Sport Eksotis Salah Satu Pabrikan Eropa
- Aprilia RS 125 2Tak Eropa Tenaga Menggila Idaman Para Speed Junkie
Selain Versi Honda NSR 250 MC21 SE ternyata hadir pula seri Honda NSR 250 MC21 SP, Kala itu Honda NSR 250 MC21 Sp ini dibanderol dengan harga 719.000 Yen. Produksinya pun sangat terbatas, dimana seri ini hanya dibuat sebanyak 1500 unit sehingga untuk mendapatkan Honda NSR 250 MC21 SP ini akan sangat sulit sekali sobat bikerz. Kelebihan seri MC21 SP ini adalah penggunaan Velg magnesium Mag-Tek yang sangat ringan dan dibuat oleh pabrikan ENKEI. Seri Honda NSR 250 MC21 SP ini sudah menerapkan suspensi yang dapat disetel sepenuhnya untuk bagian depan dan belakang serta kopling balap kering. Kemudian Seri MC21 SP di tahun 1991 hadir dengan warna balap Pentax dan di tahun berikutnya hadir dengan Livery Rothmans dan harganya pun menjadi 770.000 Yen untuk versi Honda NSR 250 MC21 SP 92. naumn yang sangat disayangkan adalah Versi Livery Rothmans pada Honda NSR 250 MC21 SP ini di tahun berikutnya sudah tidak ada lagi berganti menjadi Livery seperti di seri SE dan satu-satunya yang membedakan seri MC21 SE 93 dengan SP 93 adalah Hadirnya stiker HRC di bagian depan posisinya pas dibawah sein dan hadirnya warna hijau di bagian depan tepat diatas lampu depan di aera plat nomer depan. Seri Honda NSR 250 MC21 SE ini diproduksi sebanyak 900 unit saja dan tersebar di seluruh dunia, jika ditotal diawal kemunculan model NSR 1987, NSR pertama hingga NSR MC21 terakhir yang diproduksi pada akhir Agustus tahun 1993 maka totalnya hanya 106.000 unit saja.
Oke sobat bikerz, artikelnya bersambung dulu ya….. biar enak bahasnya. Karena seri Honda NSR 250 MC21 ini emang best selling product dan muncul dalam berbagai varian, otomatis sebisa mungkin memberikan informasi yang mendekati akurat, jadi kalo ada suhu dan sesepuh yang mampir kemari, jika ada yang kurang mohon bantuannya untuk menambahkan. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.
Wassalamu’alaikum.