jump to navigation

Rahajeng Nyanggra Rahinang Nyepi Çaka 1936 Maret 31, 2014

Posted by balimotorider in Uncategorized.
trackback

image

Asalamu’alaikum wr.wb
Apa kabar sobat biker semua semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Kalimat judul diatas merupakan ucapan selamat nyepi. Yupzzz….. Sobat biker hari ini umat Hindu khususnya di Bali sedang merayakan hari Nyepi. Seperti foto diatas jalanan di seputaran Mahendradata sepi total tanpa aktivitas. Aktivitas bandara, pelabuhan dan terminal pun terhenti total selama seharian dan hanya ada di Bali. Bahkan kata teman-teman saya disini mengatakan Cuma BALI  dengan Hari Raya Nyepi yang bisa “STOP” penerbangan INTERNATIONAL 1 hari full *goverment never do it, but BALI? Every year
Selain itu siaran tv maupun tv kabel juga dinonaktivkan dengan begitu otomatis seharian ini tanpa ada siaran jadi cuman nonton dvd sama nonton tv via online wae…… 😦 damn…… Quota banyak kesedot……. 👿
Berikut adalah penjelasan tentang apa itu Hari Raya Nyepi yang saya copas disini.

image

Nyepi berasal dari kata sepi (sunyi, senyap). Hari Raya Nyepi sebenarnya merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan/kalender çaka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tidak seperti perayaan tahun baru Masehi, Tahun Baru Çaka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional pun tutup, namun tidak untuk rumah sakit. Tujuan utama Hari Raya Nyepi adalah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/ microcosmos ) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). Sebelum Hari Raya Nyepi, terdapat beberapa rangkaian upacara yang dilakukan umat Hindu, khususnya di daerah Bali.
Melasti, Tawur (Pecaruan), dan Pengrupukan
Tiga atau dua hari sebelum Nyepi, umat Hindu melakukan Penyucian dengan melakukan upacara Melasti atau disebut juga Melis/Mekiyis. Pada hari tersebut, segala sarana persembahyangan yang ada di Pura (tempat suci) diarak ke pantai atau danau, karena laut atau danau adalah sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan segala leteh (kotor) di dalam diri manusia dan alam. Sehari sebelum Nyepi, yaitu pada “tilem sasih kesanga” (bulan mati yang ke-9), umat Hindu melaksanakan upacara Buta Yadnya disegala tingkatan masyarakat, mulai dari masing-masing keluarga, banjar, desa, kecamatan, dan seterusnya, dengan mengambil salah satu dari jenis-jenis caru (semacam sesajian) menurut kemampuannya. Buta Yadnya itu masing-masing bernama Pañca Sata (kecil), Pañca Sanak (sedang), dan Tawur Agung (besar). Tawur atau pecaruan sendiri merupakan penyucian/pemarisuda Buta Kala, dan segala leteh (kekotoran) diharapkan sirna
semuanya. Caru yang dilaksanakan di rumah masing-masing terdiri dari nasi manca (lima) warna berjumlah 9 tanding/paket beserta lauk pauknya, seperti ayam brumbun (berwarna-warni) disertai tetabuhan arak/ tuak. Buta Yadnya ini ditujukan kepada Sang Butha Raja, Buta Kala dan Batara Kala, dengan memohon supaya mereka tidak mengganggu umat. Mecaru diikuti oleh upacara pengerupukan, yaitu menyebar-nyebar nasi tawur, mengobori-obori rumah dan seluruh pekarangan, menyemburi rumah dan pekarangan dengan mesiu, serta memukul benda-benda apa saja (biasanya kentongan) hingga bersuara ramai/gaduh. Tahapan ini dilakukan untuk mengusir Buta Kala dari lingkungan rumah, pekarangan, dan lingkungan sekitar. Khusus di Bali, pengrupukan biasanya dimeriahkan dengan pawai ogoh-ogoh yang merupakan perwujudan Buta Kala yang diarak keliling lingkungan, dan kemudian dibakar. Tujuannya sama yaitu mengusir Buta Kala dari lingkungan sekitar.

image

image

Puncak acara Nyepi
Keesokan harinya, yaitu pada pinanggal pisan, sasih Kedasa (tanggal 1, bulan ke-10), tibalah Hari Raya Nyepi sesungguhnya. Pada hari ini suasana seperti mati. Tidak ada kesibukan aktivitas seperti biasa. Pada hari ini umat Hindu melaksanakan “Catur Brata” Penyepian yang terdiri dari amati geni (tiada berapi-api/tidak menggunakan dan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan). Serta bagi yang mampu juga melaksanakan tapa, brata, yoga, dan semadhi . Demikianlah untuk masa baru, benar-benar dimulai dengan suatu halaman baru yang putih bersih. Untuk memulai hidup dalam tahun baru Çaka pun, dasar ini dipergunakan, sehingga semua yang kita lakukan berawal dari tidak ada,suci dan bersih. Tiap orang berilmu (sang wruhing tattwa jñana) melaksanakan brata (pengekangan hawa nafsu), yoga
(menghubungkan jiwa dengan paramatma (Tuhan), tapa (latihan ketahanan menderita), dan samadi (manunggal kepada Tuhan, yang tujuan akhirnya adalah kesucian lahir batin). Semua itu menjadi keharusan bagi umat Hindu agar memiliki kesiapan batin untuk menghadapi setiap tantangan kehidupan pada tahun yang baru.

image

Ngembak Geni (Ngembak Api)
Rangkaian terakhir dari perayaan Tahun Baru Saka adalah hari Ngembak Geni yang jatuh pada “pinanggal ping kalih” (tanggal 2) sasih kedasa (bulan X). Pada hari ini Tahun Baru Çaka tersebut memasuki hari ke dua. Umat Hindu melakukan Dharma Shanti dengan keluarga besar dan tetangga, mengucap syukur dan saling maaf memaafkan ( ksama) satu sama lain, untuk memulai lembaran tahun baru yang bersih. Inti Dharma Santi adalah filsafat Tattwamasi yang memandang bahwa semua manusia diseluruh penjuru bumi sebagai ciptaan Ida Sanghyang Widhi Wasa hendaknya saling menyayangi satu dengan yang lain, memaafkan segala kesalahan dan kekeliruan. Hidup di dalam kerukunan dan damai.

image

Tontona saat nyepi

Ini tontonan selama nyepi biar ada hiburan hahahahahahaha….. :mrgreen:
Oke sobat biker semoga menghibur dan memberi manfaat serta bisa jadi bacaan dikala senggang bagi sobat biker semua.
Wa’alaikum salam wr.wb

Iklan

Komentar»

1. potretbikers - Maret 31, 2014
bikerkampung86 - Maret 31, 2014

Eduuun….. 🙂
Inteenetnya kuenceeeng bingiiit…..
Ane baru pulish udh kduluan di pertamax ama mas bro nie…..

potretbikers - Maret 31, 2014

wakakka, pas lagi ON soale mas 😉 hehehe 😉

bikerkampung86 - Maret 31, 2014

Mantrrrrap….. 🙂
Sinyaal kenceeeng!!!

2. aripitstop - Maret 31, 2014
3. monkeymotoblog - Maret 31, 2014
bikerkampung86 - Maret 31, 2014

Iya om….. Hanya di bali yg bisa bgini

4. chakim92 - Maret 31, 2014
5. ABS ½ KOPLINK - Maret 31, 2014
bikerkampung86 - Maret 31, 2014

Iya nie bro…..
Artikelnya msh sesempatnya aja
Iya monggo…..
Makasih atas kunjungannya….

ABS ½ KOPLINK - April 1, 2014

Gimana punya kabar mas broo ??

bikerkampung86 - April 1, 2014

Alhamdulilah sehat bro…..

6. Chrismana"bee" - April 1, 2014

gimana kemarin arak2an ogoh2nya 😀

bikerkampung86 - April 1, 2014

Ada sich tapi gak begitu bnyk dan lbh cpt selesainya….
Biasanya brgkt abiz magrib dan baru balik diatas jam 1an tapi kmaren sblm jam 12 udh pd bubar

Chrismana"bee" - April 1, 2014

Hehehe,.. lebih meriah thn kmrin dong

bikerkampung86 - April 1, 2014

Iya lbh meriah tahun kmaren sista….. 😦
Bahkan dilombakan pula tapi tenang aja msh ada tahun dpn dan biasanya ada lomba juga dmn yg menang lomba nanti berkumpul di taman kota puputan dsana bagus2 ogoh ogohnya lho…..

Chrismana"bee" - April 1, 2014

Waaa,.. sipp sipp

bikerkampung86 - April 1, 2014

Iya sista…….
Ntar di bln oktober biasanya ada kuta karnival lho…..

Chrismana"bee" - April 1, 2014

Acaranya apa ??

bikerkampung86 - April 1, 2014

Omed-omedan sista….

Chrismana"bee" - April 2, 2014

owhhh yang cium-ciuman itu ya,.. waa kamu ikutan nggak ?? 😆

bikerkampung86 - April 2, 2014

Haaadeeeeh……
Gak lah acara omed-omedan hanya ada di dusun/banjar kaja-sesetan dan hanya bisa dilakukan oleh pemuda-pemudi asli dri desa tsb
Klo kita2 mah nonton aja sista….

Chrismana"bee" - April 2, 2014

Owhhh gitu yaa,… tiap liat acara itu aku ketawa ketiwi sendiri, seru, lucu tapi gmn gitu ya 😀

bikerkampung86 - April 2, 2014

Iya sista zeru aja sich ngeliatnya….. 🙂
Brarti sista sempat liat omed-omedan juga ya…..
Ayo….kpn nie maen kmari?……. 😉

Chrismana"bee" - April 2, 2014

Liatnya mah selalu di tipi, hehehe

bikerkampung86 - April 2, 2014

Ayo atuh kemari biar bisa liat langsung…
Puncak Acaranya biasa mulai diatas jam 10an sampe dzuhur……..
Selain itu biasanya ada bazzar, pameran dadakan n panggung hiburan rakyat juga…..

Chrismana"bee" - April 2, 2014

Hahhaa,.. *mupeeng 😀

bikerkampung86 - April 1, 2014

Skrg ngembak geni ntar klo ada waktu mau liat omed omedan di daerah banjar kaja sesetan

7. Beqicot - April 4, 2014

wah photo pertama itu kan perempatan mahendradata deket bali med om…
tiap hari saya lewat karena rute ke tempat kerja…
Salam kenal aja…

bikerkampung86 - April 4, 2014

Yupzzz…… Bner bgt kbetulan kost ane dket sana
Salam kenal

8. Galery foto ogoh-ogoh 2015 | balimotorider Blog - Maret 23, 2015

[…] sudah bahas tentang keunikan dan keistimewaan Nyepi dan juga dulu sempat sedikit bahas tentang apa itu Nyepi rasanya kurang klop kalo nggak ada bahas tentang ogoh-ogoh. Apa itu ogoh-ogoh??? adalah karya seni […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Ay Siti Wahyuni BLOG

DISCIPLINE is the Bridge Between Goals and Accomplishment

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Maulana Abas Al Aidy, S.Pi

hidup butuh kreatif

%d blogger menyukai ini: