Assalamu’alaikum.

Haaayyy……… Sobat bikerz, kembali lagi dengan bahasan utama warung ini tiada lain dan tiada bukan kalo bahas soal 2Tak sobat bikerz. Bahas Honda lagi ya sobat bikerz hehehehehe…… 😆 Sore ini mau ngebahas Honda Beat 105cc, tapi ini bukan matic BeAt keluaran AHM sobat bikerz. Ini motor cman produksi di negeri gajah putih sana alias Thailand. jadi jangan kaget kalo ada nama Honda Beat 105cc tapi bukan matic, ini sport tulen sobat bikerz, bisa dikatakan sebagai light sport bersanding dengan Honda LS 125 yang pernah masuk Indonesia. Yukzzz…. mari sama-sama kita bahas light sport keluaran AP Honda Thailand ini sobat bikerz.Honda Beat 105 cc ini sudah hadir di negeri Thailand sedari tahun 1997 sobat bikerz, pangsa pasarnya pun sama dengan Honda LS 125 menyasar remaja muda yang lagi mencari jatidiri. Hadir dengan tampilan yang stylish dan warna yang memikat remaja muda kala itu. sepeda motor Honda Beat R dengan serial LS110 MK3 sangat diminati di thailand sana, sayangnya hanya Honda LS 125 saja yang berhasil masuk ke Indonesia itu pun melalui importir umum. sebelumnya terima kasih…. Matursuwun…. Haturnuhun buat om Anggi josep untuk sharing info dan brosurnya, di mbah google kayaknya kagak ada yang punya nie brosur, sebagai tambahan informasi di negeri Thailand sana sepeda motor ini masih dijual dalam kondisi baru atau bisa dikatakan NOS alias New OLd Stock dengan harga kisaran 50 ribu sampe 60 ribu Bath Thailand.

Sisi Desain menampilkan kesan sepeda motor yang trendy, ramping namun tidak menghilangkan kesan sporty dari motor tersebut. secara sekilas akan mirip dengan Honda LS 125, ditunjang dengan bobotnya yang ringan hanya 91kg lebih ringan sedikit dibandingkan dengan Honda LS 125 yang berbobot 96.7kg dan tentu akan sangat mudah dikendarai, tercipta bagi rider pemula dan kawula muda pada masa itu sobat bikerz. ergonomi riding yang tidak terlalu menunduk membuat motor ini nyaman digunakan untuk kendaraan sehari-hari. Honda Beat 105cc 2tak ini diawal kemunculannya masih menggunakan velg jari-jari dipadu dengan perangkat pengereman depan sudah mengaplikasikan discbrake sedangkan bagian belakang masih memakai rem tromol. Kemudian di tahun berikutnya terjadi facelift sektor kaki-kaki depan belakang sudah menggunakan rem cakram dan dari segi bodi mengalami perubahan pula tampil makin dinamis dan sporty.

Beralih ke area dapur pacu sobat bikerz, mempercayakan mesin 105 cc 2Tak buatan Honda dengan Bore X Stroke 52×49.5mm berpendingin cairan alias liquid cooled mamapu memuntahkan daya sebesar 19 ps atau 18.7 hp pada rentang 8.500 RPM dan torsi sebesar 1.61kgf-m pada rentang 8000RPM. Aje gile cc boleh cuman 105 tapi sekali betot berasa banget nie ngalahin jambakannya janda sebelah tarikannya. sektor penyuplai bahan bakar dipercayakan pada Karburator Keihin PE 24mm dengan kompresi 6,9:1 masih cukup rendah kompresinya, tentu halal nenggak premium, tapi kalo diisi RON diatas 92 pasti lebih njengat lagi nie sobat bikerz….. Berikut ini spesifikasi dari Honda Beat 105cc 2Tak sobat bikerz :

Engine liquid cooled, 2-stroke, single cylinder
Capacity 105cc
Bore x Stroke 52 x 49.5mm
Compression Ratio 6,9:1
Induction KEIHIN PE 24
Max Power 18,7 hp (19ps) @ 8.500 rpm
Max Torque 1.61 kgf-m @ 8.000 rpm
Transmission/Drive 6 Speed/chain
Front Suspension Telescopic
Rear Suspension Swing arm
Front & Rear Brakes Single disc
Front Tyre 17-70/90
Rear Tyre 17-80/90
Dry Weight 91 kg

kalo dipikir-pikir negeri Thailand ini banyak menelurkan sport 2tak dengan teknologi mumpuni dan power yang besar. Padahal jika dipikir-pikir saat ini sport 150cc 4tak baru bisa menyamai besaran horsepower yang dihasilkan. Sampe sekarang masih penasaran nie di Indonesia kira-kira ada ndak Sultan yang ternyata piara motor ini di garasinya… Apalagi di tahun segitu rata-rata sepeda motor sport buatan Honda Thailand telah mengaplikasikan monoshock. Pastinya dengan bobot yang ringan dan ramping tentu memudahkan saat meliuk-liuk disela-sela kemacetan dan yang jelas Honda beat 105cc ini sekarang menjadi kendaraan yang sangat langka di negeri asalnya sana, walaupun masih ada yang jual dalam kondisi baru mulusbukan second atau bekas. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat biker, semoga bermanfaat dan ingat jangan Lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Advertisements