Assalamu’alaikum wr.wb
Alhamdulilah masih diberi nikmat sehat oleh ALLAH SWT. Semoga sobat bikers sehat dan slalu dalam lindungannya. Saya dapat informasi menarik nie buat sobat bikers. Bahkan mungkin sobat bikers sendiri malah sudah lebih tau duluan daripada saya.
Alkisah malam ini salah seorang teman saya sebut saja namanya Mr. Soang sedang dalam perjalanan untuk ke kota kembang untuk suatu urusan pekerjaan. Maklum sobat bikers Mr. Soang ini sibuk banget banyak job atau kerjaan yang ditangani. Mr. Soang abis menuntaskan pekerjaannya di kota semarang skalian refreshing sembari menikmati kuliner khas semarang. Puas di kota semarang Mr. Soang alat tansportasi publik yang sering digunakan adalah kereta api katanya lebih nyaman nyepur. Maka belilah tiket kelas bisnis di stasiun kereta. Kelar ngurusin tiket tiba saatnya Mr. Soang naik kereta dan ternyata di kereta Mr. Soang duduk bersebelahan dengan mbak yang caem alias cantik wuuiiiihh…………….makin senang aja nie hatinya Mr. Soang bahkan sempat sedikit basa-basi dengan si mbak yang cantik ini. Semua itu berubah saat negara api menyerang tatkala Mr. Soang melihat tiket sang gadis yang sedang tertidur pulas di sebelahnya. Matanya terbelalak tak percaya melihat tiket si mbak cantik yang bekerja di salah satu rumah sakit negeri, ternyata diskriminasi itu nyata banget mentang-mentang di tiketnya tertulis pegawai dapat diskon tiket kereta apinya gila-gilaan. Sungguh terlalu pantas saja begitu ada pendaftaran pegawai negeri orang-orang pada rela berebut untuk mendapatkan pekerjaan tersebut ternyata ini toh salah satu fasilitas yang didapatkan. Padahal berdasarkan berita yang tersiar bahwa mulai tahun 2015 subsidi untuk kereta api kelas ekonomi aja sudah dihapuskan. Lhaaa….ini kelas bisnis tapi diskon tiketnya kok malah ngalahin yang kelas ekonomi. Ini termasuk diskriminasikah????. Apalagi bagi Mr. Soang yang sering tugas keluar kota yang terbiasa kereta. Bahkan Mr. Soang sempat mengirimkan foto tiket penumpang yang ada di sebelahnya.

image
Nama & No. ID sengaja disamarkan

Iya juga sich setelah saya liat dapat potongan reduksi dari harga tiket awal 280 ribu menjadi 70ribu saja berarti mendapatkan reduksi sebesar 210 ribu wow ๐Ÿ˜ฏ
Padahal bila melihat UUD 1945 yang telah diamandemen tertuang dalam pasal 28H ayat (2) menyatakan: โ€œSetiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilanโ€.
Dan Pasal 34 ayat (3): โ€œNegara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layakโ€.
Dalam hal ini terjadi jauh sekali kesenjangan antara penumpang biasa dengan yang mendapatkan reduksi atau potongan harga. Kalo dipikir-pikir jauh banget perbandingan harga tiket kereta apinya. Setelah saya coba mencari tahu tentang tarif reduksi maka informasi yang saya dapatkan kurang lebih begini PT. KAI memberikan tarif reduksi kepada lansia,veteran, TNI/Polri, Anggota Fokuswanda, Anggota Korpri dan pihak lainnya yang ditetapkan oleh PT. KAI. Kemudian Pembelian tiket dengan tarif reduksi hanya dapat dilakukan di loket stasiun. Fasilitas yang diberikan PT. KAI itu adalah diskon sebesar 20 persen bagi Pensiunan PNS dan TNI, Lansia, dan wartawan. Selain itu, juga ada diskon harga tiket kereta api sebesar 50 persen bagi para Veteran yang berlaku di hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Di luar hari itu diskon yang diberikan sebesar 30 persen.Ada juga diskon sebesar 10 persen bagi PNS untuk hari Senin sampai Kamis. Diskon khusus juga diberikan bagi anggota TNI/Polri dengan nilai sebesar 25 persen untuk kereta eksekutif, dan 50 persen untuk kereta Ekonomi atau Bisnis.โ€œDiskon ini berlaku untuk semua kelas kereta api, tinggal menunjukkan identitas pensiunan atau ID card wartawan serta fotokopi KTP. Khusus bagi wartawan tidak berlaku untuk kereta lokalโ€.
Mungkin sobat bikers ada yang bisa membantu menjelaskan kenapa bisa dapat potongan reduksi segitu besarnya. Jujur saya pribadi yang pernah beberapa kali naik kereta malah baru tau kalo ada potongan atau diskon khusus bagi golongan tertentu. Padahal pemberlakuan tarif reduksi dengan diskon diatas 50% dimana potongan sebesar itu hanya diberikan kepada anggota veteran dan anggota TNI atau POLRI untuk tiket kelas ekonomi dan bisnis saja. Monggo bagi sobat bikers yang lebih paham tolong dibantu agar teman saya Mr. Soang ini dapat jawaban atas kegalauannya dan menambah khasanah ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Wassalamu’alaikum wr.wb

Iklan