jump to navigation

Diskriminasi tiket kereta api kah ini?????? Januari 13, 2015

Posted by balimotorider in Uncategorized.
trackback

Assalamu’alaikum wr.wb
Alhamdulilah masih diberi nikmat sehat oleh ALLAH SWT. Semoga sobat bikers sehat dan slalu dalam lindungannya. Saya dapat informasi menarik nie buat sobat bikers. Bahkan mungkin sobat bikers sendiri malah sudah lebih tau duluan daripada saya.
Alkisah malam ini salah seorang teman saya sebut saja namanya Mr. Soang sedang dalam perjalanan untuk ke kota kembang untuk suatu urusan pekerjaan. Maklum sobat bikers Mr. Soang ini sibuk banget banyak job atau kerjaan yang ditangani. Mr. Soang abis menuntaskan pekerjaannya di kota semarang skalian refreshing sembari menikmati kuliner khas semarang. Puas di kota semarang Mr. Soang alat tansportasi publik yang sering digunakan adalah kereta api katanya lebih nyaman nyepur. Maka belilah tiket kelas bisnis di stasiun kereta. Kelar ngurusin tiket tiba saatnya Mr. Soang naik kereta dan ternyata di kereta Mr. Soang duduk bersebelahan dengan mbak yang caem alias cantik wuuiiiihh…………….makin senang aja nie hatinya Mr. Soang bahkan sempat sedikit basa-basi dengan si mbak yang cantik ini. Semua itu berubah saat negara api menyerang tatkala Mr. Soang melihat tiket sang gadis yang sedang tertidur pulas di sebelahnya. Matanya terbelalak tak percaya melihat tiket si mbak cantik yang bekerja di salah satu rumah sakit negeri, ternyata diskriminasi itu nyata banget mentang-mentang di tiketnya tertulis pegawai dapat diskon tiket kereta apinya gila-gilaan. Sungguh terlalu pantas saja begitu ada pendaftaran pegawai negeri orang-orang pada rela berebut untuk mendapatkan pekerjaan tersebut ternyata ini toh salah satu fasilitas yang didapatkan. Padahal berdasarkan berita yang tersiar bahwa mulai tahun 2015 subsidi untuk kereta api kelas ekonomi aja sudah dihapuskan. Lhaaa….ini kelas bisnis tapi diskon tiketnya kok malah ngalahin yang kelas ekonomi. Ini termasuk diskriminasikah????. Apalagi bagi Mr. Soang yang sering tugas keluar kota yang terbiasa kereta. Bahkan Mr. Soang sempat mengirimkan foto tiket penumpang yang ada di sebelahnya.

image

Nama & No. ID sengaja disamarkan

Iya juga sich setelah saya liat dapat potongan reduksi dari harga tiket awal 280 ribu menjadi 70ribu saja berarti mendapatkan reduksi sebesar 210 ribu wow ๐Ÿ˜ฏ
Padahal bila melihat UUD 1945 yang telah diamandemen tertuang dalam pasal 28H ayat (2) menyatakan: โ€œSetiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilanโ€.
Dan Pasal 34 ayat (3): โ€œNegara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layakโ€.
Dalam hal ini terjadi jauh sekali kesenjangan antara penumpang biasa dengan yang mendapatkan reduksi atau potongan harga. Kalo dipikir-pikir jauh banget perbandingan harga tiket kereta apinya. Setelah saya coba mencari tahu tentang tarif reduksi maka informasi yang saya dapatkan kurang lebih begini PT. KAI memberikan tarif reduksi kepada lansia,veteran, TNI/Polri, Anggota Fokuswanda, Anggota Korpri dan pihak lainnya yang ditetapkan oleh PT. KAI. Kemudian Pembelian tiket dengan tarif reduksi hanya dapat dilakukan di loket stasiun. Fasilitas yang diberikan PT. KAI itu adalah diskon sebesar 20 persen bagi Pensiunan PNS dan TNI, Lansia, dan wartawan. Selain itu, juga ada diskon harga tiket kereta api sebesar 50 persen bagi para Veteran yang berlaku di hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Di luar hari itu diskon yang diberikan sebesar 30 persen.Ada juga diskon sebesar 10 persen bagi PNS untuk hari Senin sampai Kamis. Diskon khusus juga diberikan bagi anggota TNI/Polri dengan nilai sebesar 25 persen untuk kereta eksekutif, dan 50 persen untuk kereta Ekonomi atau Bisnis.โ€œDiskon ini berlaku untuk semua kelas kereta api, tinggal menunjukkan identitas pensiunan atau ID card wartawan serta fotokopi KTP. Khusus bagi wartawan tidak berlaku untuk kereta lokalโ€.
Mungkin sobat bikers ada yang bisa membantu menjelaskan kenapa bisa dapat potongan reduksi segitu besarnya. Jujur saya pribadi yang pernah beberapa kali naik kereta malah baru tau kalo ada potongan atau diskon khusus bagi golongan tertentu. Padahal pemberlakuan tarif reduksi dengan diskon diatas 50% dimana potongan sebesar itu hanya diberikan kepada anggota veteran dan anggota TNI atau POLRI untuk tiket kelas ekonomi dan bisnis saja. Monggo bagi sobat bikers yang lebih paham tolong dibantu agar teman saya Mr. Soang ini dapat jawaban atas kegalauannya dan menambah khasanah ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Wassalamu’alaikum wr.wb

Iklan

Komentar»

1. PotretBikers - Januari 13, 2015

Indonesia bangetssssss….dimana sesama seragam negara, bisa dapat ginian… ๐Ÿ˜ฆ

——————

Cara Lampirkan Video YouTube di Artikel Blog, perhatikan settingnya biar gak dikata-katain pengungjung!! – http://wp.me/p3F1M1-JU

bikerkampung86 - Januari 15, 2015

iya om…..katanya pegawai cman 10% ini mlh lbh
maaf baru buka pake opmin ternyata kena terasi lewat wp android gak masuk jeh

PotretBikers - Januari 15, 2015

Hadeuch…kena terasi ๐Ÿ˜ฆ

bikerkampung86 - Januari 16, 2015

Maap om abis pake wp amdroid gak ke detect pas buka pake opmin baru kliatan yg ke jaring terasi

PotretBikers - Januari 16, 2015

weheheh, nggak tahu nich…biasanya kalau pakai modem Tri yang kena terasi. Ini sudah ganti pakai Simpati, kok sama saja ๐Ÿ˜‰

bikerkampung86 - Januari 16, 2015

Tapi tumben om PB kena terasi biasanya di warung saya klo sdh pernah mampir hanya kunjungan pertama kena terasi stlh itu lantjar djaja

PotretBikers - Januari 16, 2015

ya itu tadi, mungkin bisa jadi soal jaringan yang taka pakai #CMIIW ๐Ÿ˜‰

bikerkampung86 - Januari 16, 2015

Iya juga sich tapi komentar om PB selanjutnya lantjar djaja
Maaf atas ketidaknyamanannya ๐Ÿ˜ฆ
Akismetnya protect bgt

PotretBikers - Januari 16, 2015

Hehehe, gpp….memang kadang harus begitu ๐Ÿ˜‰

bikerkampung86 - Januari 16, 2015

Maaf yo om soale nang wp android ra muncul ๐Ÿ˜ฆ
Untunge pas buka pake opmin jd kliatan yg kena terasi maklum om blm bisa beli laptop ๐Ÿ˜ฆ

PotretBikers - Januari 16, 2015

gpp,om. Dimaafkan, hehehe… ๐Ÿ˜‰

*Semoga segera beli Laptop, belinya bisa. Mungkin belum sempat saja. xixiixixi ๐Ÿ˜‰

bikerkampung86 - Januari 16, 2015

Wakakakaakakakak…….. ๐Ÿ˜†
Amin ya rabbal alamin bukannya blm sempat tapi emang blm ada dananya om

PotretBikers - Januari 16, 2015

Paling terlalu tinggi spek yang di inginkan, hemss…paling lagi ngincer Apel kroak ๐Ÿ˜ฆ

bikerkampung86 - Januari 16, 2015

Ora om…… sing biasa wae ra usah duwur2 ngko gak optimal

2. prasetyo676 - Januari 13, 2015

Wah bisa beda perlakuan ya..?

Ijin share,
Honda CB650F Dengan Aksesoris dari SW Motech โ€“ Ini Baru Modifikasi Keren, Gagah dan Fungsional | prasetyo676.com
http://prasetyo676.com/2015/01/14/honda-cb650f-dengan-aksesoris-dari-sw-motech-ini-baru-modifikasi-keren-gagah-dan-fungsional/

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Iya om….ini mlh lbh dri 50% reduksinya pshl veteran atau TNI/POLRI aja cman 50%
Monggo om pras

3. Bro Ndes 94 - Januari 13, 2015

Ancrriitt,,, di toko’ku tiket kereta diskon 17rb buat all…

Bensin turun, harga lain tidak? – http://ndeso94.com/2015/01/14/bensin-turun-harga-lain-tidak-turun/

4. macantua - Januari 13, 2015

Kyanya saya tau itu tiket sapa

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Sssstttttt…….itu tiket cewek caem yg di sblh nya Mr. Soang ๐Ÿ˜†

macantua - Januari 14, 2015

ssssttt MR Soang lg berjuang

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Iya Mr. Soang lagi berjuang demi peningkatan taraf hidup semoga berhasil ๐Ÿ™‚

macantua - Januari 14, 2015

aamiinn…

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Amamin ya rabbal alamin

macantua - Januari 14, 2015

amamin kui opo?

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Walaaah…..maksud’e amin ya rabbal alamin
Sik…sik…diedit ben ra salah

5. Mas Wiro - Januari 13, 2015

Wennnaaakkk…
pingin jalan-jalan pakai kereta kalau diskon sebanyak itu
—–
http://nyobamoto.com/2015/01/14/spyshot-aksi-berani-sang-stunt-rider-di-jalan-raya/

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Naah….lha ya iku mbah kok diskone wueenaak tenaan yo….. nek ngunu saya yo mau mbah
Adil gak kira2???……

Mas Wiro - Januari 14, 2015

Hehehe…
I don’t know…

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Nek mbah duwe kartu wartawan yo oleh potongan diskon lho ๐Ÿ™‚

Mas Wiro - Januari 14, 2015

Wahhh…
Onok iki …. kartu blogger nyubi
Payu nggak? ๐Ÿ˜€

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Wakakakakakakakakak…… ๐Ÿ˜€
Msh nubie saya mbah blm juga setahun ngeblog

Mas Wiro - Januari 14, 2015

Aq belum main setahun penuh ๐Ÿ™‚

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Moso???…..
Ra mungkin kyk’e hehehheehee…… ๐Ÿ˜€

Mas Wiro - Januari 14, 2015

Hihihi…

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Hehehehehehehe ๐Ÿ˜†

6. Mase - Januari 14, 2015

Gila… enak bnr jd pns

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Naaah…..itu dia Mase, Pantesan aja saat daftar PNS org pd rebutan pengen bisa lolos test nya ๐Ÿ˜ฆ

7. FะญะฏY - Januari 14, 2015
bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Wakakakakakakakakaka…….. ๐Ÿ˜†
Iya Mr. Soang yg terhormat om tau kan sapa dia???

8. Mas Sayur - Januari 14, 2015

bawah saya mungkin tau,om Jo… ๐Ÿ˜‰

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Wakakakakakakakakak………. ๐Ÿ˜†
Mungkin bawah saya yg tau mas sayur

9. ninja150ss - Januari 14, 2015

gila lads diskon 75%
dah kek obralan baju akhir taun aje

๐Ÿ˜ฏ

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Hahahahahahahahahaha ๐Ÿ˜†

10. ninja150ss - Januari 14, 2015

poto cwe nya koq gk ada kang?
no pict=hoex

๐Ÿ˜›

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Ada dong fotonya masa mau diupload lha….wong tiketnya aja nama dan No. ID nya disamarkan kok foto org nya mlh diupload ๐Ÿ˜€

ninja150ss - Januari 14, 2015

Owh…gt to?
Heeemmm

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Yo asline iso wae kan fotonya gak menampakkan rupa keseluruhan cman klo ada yg kenal atau org tsb tau ntar bisa kena pasal saya
Atau di buramin aja kali ya????

ninja150ss - Januari 14, 2015

Karepmu wes
๐Ÿ˜€

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Lha…..om ninja ngambek
Opo fotone om wae sing diupload ๐Ÿ˜€
Wakakakakakakakakak ๐Ÿ˜†

ninja150ss - Januari 14, 2015

Weks sp seng ngambek?
Kr ngantuk2 pas ngetik,nunggu macan e muleh
๐Ÿ˜†

bikerkampung86 - Januari 14, 2015

Halaaah…..alasan ne ๐Ÿ˜›
Ndang turu nek ngantuk

11. Achmad Sya'roni F - Januari 17, 2015

kapan2 coba ah pakai id card pns, siapa tau dikasih gratis hehe ๐Ÿ˜€

bikerkampung86 - Januari 18, 2015

waaaah…….ya ini enaknya jd pegawai negeri
monggo om ntar di review dpt reduksi brp???? ๐Ÿ˜€

Achmad Sya'roni F - Januari 18, 2015

tapi apa beneran itu ya? setahu saya kok nggak ada reduksi khusus pns. saya biasanya bayar normal, malu juga kalau harus pakai “ngemis2” reduksi ๐Ÿ˜€

bikerkampung86 - Januari 18, 2015

Biasanya cukup bawa ktp ama kartu amggotanya om trus beli tiketnya di loket langsung nanti tunjukin aja ID Card nya
Naaaah…..itu kan ada om buktinya dpt reduksi segitu bnyk
Hebaaat nie si om gak seenaknya memanfaatkan kesempatan yg dimiliki ๐Ÿ™‚

Achmad Sya'roni F - Januari 18, 2015

kalau aturan jelas sih saya juga pengen dapet reduksi naik kereta argo…

bikerkampung86 - Januari 18, 2015

Monggo dicoba aja om
Klo yg saya tau utk TNI/Polri dgn nunjukin KTA+KTP saat beli tiket di loket bisa dpt reduksi

12. Tiket Kereta - Januari 19, 2015

Reduksinya untuk perjalanan dinas atau, perjalanan pribadi juga dapat reduksi ya?

bikerkampung86 - Januari 19, 2015

Waaah…..klo itu saya kurang tau om

13. Numnum - Februari 16, 2015

mohon maaf hanya membantu. Kebetulan saya salah1 karyawan ka, dan mungkin mbak’nya itu karyawan ka juga soal’nya seragam dns kami memang seperti perawat putih biru.
Untuk keryawan ka memang mendapat potongan 75% jika harga’nya 280.000 dan dapat reduksi 75% pantas saja hanya bayar segitu dan reduksi hanya berlaku untuk perjalanan pribadi dengan syarat memang harus mengenakan seragam, sedangkan untuk dinas gratis, tetapi untuk PNS setau saya TIDAK ada reduksi.

Jika memang benar-benar PNS/jika ada yg melihat dan terbukti benar2 PNS silahkan d’laporkan kepada Kepala Stasiun/petugas boarding untuk penanganan lebih lanjut jika memang terbukti itu adalah PNS. Semoga membantu

balimotorider - Februari 16, 2015

Waaah……begitu ya mbak
saya coba tanyakan kepada si pemberi berita lagi ya……utk kepastiannya. Karna dari sang narasumber mengatakan begitu

14. CS - April 2, 2015

Maaf mas saya hanya meluruskan saja, kebetulan waktu itu saya CS yg sedang dinas di ka 67 harina tsb, dan benar mba yg di sebelah teman mas itu adalah salah satu pegawai dari kereta api, benar apa yg dikatakan mba/mas numnum bahwa seragam dinas kami memang seperti perawat putih biru.
Untuk keryawan ka memang mendapat potongan 75% dengan syarat memang harus mengenakan seragam dinas sedangkan untuk dinas gratis, tks

balimotorider - April 2, 2015

Oke….mbak terima kasih konfirmasinya
Saya menulis berdasarkan info dari tmn saya mbak.

15. DYANT - Mei 24, 2015

Bukan masalah harga menurut saya.., tetapi KURSInya.., lebih baik ada angkutan DINAS KHUSUS untuk PEGAWAI…, untuk pelayanan masyarakat.., saya kira tidak harus diborong juga oleh PEGAWAI…, bagaimana dengan masyarakat yang sangat membutuhkan jasa MODA KA?? HARINA itu satu2nya KA dari DAOP 2 yang lewat Jalur Utara…, Baik dar SBY maupun BDG pasti banyak PEGAWAI.., APAKAH ITU DISEBUT PELAYANAN MASYARAKAT?

16. mario - November 6, 2015

yang reduksi 75% pegawai kai buosss itu juga mesti pake seragam kalo tni polri 50% gausah pake sragam cukup nunjukin kta itu kalo eksekutif cm 25%,n kalo keluarga pegawai reduksi 50%,kalo pns gak ada reduksi …

17. yusril - Desember 18, 2015

heyy mass,,
Itu sudah ketentuan KAI,,bahwa pegawai KAI mendapatkan tarif reduksi sebesar 75% ya wajar saja lah kalo mereka berhak mendapatkan itu,,wong dia adalah salah satu org yg bekerja memajukan kereta api,,

18. widi - Desember 23, 2015

setau saya, potongan itu nanti akan dipotongkan ke uang pensiunan. Jadi sebenarnya terap menggunakan uang sendiri. Setau saya lho ya,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyรถbaMรดtรถ

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblรฅkrรคck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Ay Siti Wahyuni BLOG

DISCIPLINE is the Bridge Between Goals and Accomplishment

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Maulana Abas Al Aidy, S.Pi

hidup butuh kreatif

%d blogger menyukai ini: