Assalamu’alaikum.

Haaayyy……… Sobat Bikerz, masih satu zaman dengan Suzuki TS 100, Yamaha pun ikut meramaikan pasar motor trail/enduro di Indonesia sekitar tahun 70 sampai 80an dengan mengeluarka Yamaha DT Seriesnya ke Indonesia. Yamaha DT berpenampilan lebih ramping dibanding Suzuki TS 100, menggunakan mesin 2Tak dan tenaga lumayan bisa diandalkan,sehingga Yamaha DT 100 2 Langkah pun termasuk sepeda motor yang banyak peminatnya. Jika dirunut dari sejarahnya motor ini mulai masuk di Indonesia sekitar tahun 1976, dan memang pada saat itu pasar motor trail/enduro lagi booming di Indonesia, selain gaya tentunya motor model trail/enduro seperti ini sangat cocok dengan jalanan Indonesia di kala itu yang tidak semulus sekarang ini, selain disukai anak muda, Yamaha DT100 juga disukai oleh para petani kala itu tentunya untuk mengangkut hasil kebun, karna kita tahu sendiri bahwa tentunya karakter motor 2 Tak Yamaha yang memang bandel dan jago angkut barang.

Sepeda motor yang pernah hits dipake dalam film tarix jabrik dan kini pasar Trail/enduro kembali bergeliat. Pada tahun 1976, motor ini masuk meringsek kepasaran motor enduro Indonesia, yang waktu itu juga berjuang melawan pabrikan Suzuki dengan motor andalannya TS 100, serta juga dari pabrikan Honda dengan motor andalannya XL 100 berteknologi 4 langkah. Memang tidak bisa dipungkiri, pada era 70an dan pertengan 80′an, eksistensi motor garuk tanah atau enduro sangatlah tinggi dinegeri ini, dan sampai-sampai, jika sobat bikerz pernah menonton film jadul berjudul Roda-Roda Gila yang dibintangi Roy Martin atau Ali Topan Anak Jalanan yang diperani oleh Junaidi Salat, kedua film tersebut menggunakan motor ini sebagai properti pendukung khusus sang bintang, bahkan hingga saat ini, Yamaha DT 100 Enduro, sangat lekat kaitannya dengan julukan motor si Ali Topan Anak Jalanan.

Baca Juga :


Yamaha DT 100 2 Stroke yang merupakan motor enduro/trail dari Yamaha. Yamaha DT 100 pada awal kemunculannya merupakan hasil bawaan langsung dari pabrik Yamaha di Jepang. Yamaha terakhir kali menjual produk berkonsep motor trail/enduro pada tahun 1996, yang saat itu bernama Yamaha YT dengan produksi yang sangat terbatas, dikarenakan pada saat itu pasar kurang respon terhadap kelahiran Yamaha YT. Bila melihat ke sektor mesin motor dengan mengusung spesifikasi mesin berteknologi 2 langkah, berkubikasi 97cc 1 silinder, bependingin udara, karburator mikuni vm22, dengan ukuran bore x stroke 52 x 45.6mm, mampu menghasilkan tenaga sebesar 10 HP pada 7500 RPM dan maksimum torsi motor 9.7 nm pada 7000 rpm, kopling manual tipe basah, mengaplikasikan transmisi 5 percepatan, mengandalkan kelistrikan 6v dengan diotaki pengapian platina, untuk menyalakannya pun masih perlu diengkol alias manual stater, kapasitas tangki bahan bakar mampu memuat sebanyak 7 liter, sedangkan oli samping berkapasitas 1,2 liter, penghenti kendaraan masih dipercayakan pada Drum brake alias tromol pada roda depan yang dibalut ban kembang tahu berdiameter 21″-275 dan pada bagian belakang juga sama, mengandalkan tromol untuk mengontrol laju dari traksi roda berbalut ban kembang tahu 18″-300. Berikut ini spesifikasi dari Yamaha DT 100 sobat bikerz :

Model: Yamaha DT100 (AG)
Tahun: 1974-1980
Mesin: 2-stroke, single cylinder
Kapasitas : 100cc (97cc)
Bore x stroke: 52 x 45,6 mm
Kompresi Ratio:  6.8 (7.2 [1]) (7.4 [2])
max power: 10 bhp @ 7.500 rpm
max torsi: 0.97 @ 7.000 rpm
Sistem minyak: Autolube
Pendingin: Udara
Karburator: VM22SS

Transmisi: 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Driver: rantai
Pengapian: Dinamo kecil
Pengapian Timing: 1,8
Tangki bbm: 6.0 liter
Starter: kick

Ban:
–  depan: 2,75 –  19″
– belakang: 3.00 – 18″

Rem:
–  depan: drum
– belakang: drum
Suspensi:
– depan: telescopic
– belakang: twin shock

Berat kering: 93 kg

Yamaha DT 100 dihentikan penjualannya tahun 1984, kehadiran motor ini berhenti secara damai ditengah lesunya penjualan motor garuk tanah ada saat itu sobat bikerz. Sedangkan sekarang ini Pasar trail/enduro kembali naik daun dan tentunya berimbas pula pada Yamaha DT 100 yang kini kembali menjadi incaran baik itu dari kolektor motor maupun dari penghobi garuk tanah. Harga Pasaran dari sepeda motor Yamaha DT 100 2 Langkah pada masa sekarang ini berkisar mulai dari 2.5 juta hingga 27 juta…. ya yang jelas tergantung kondisi motor dan kelengkapan surat menyuratnya juga sobat bikerz. Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, bagi suhu-suhu yang paham soal Yamaha DT 100 mohon menambahin jika ada yang kurang, semoga bahagia dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

Advertisements