Assalamu’alaikum.

Haaayyy……… Sobat bikerz, setelah sebelumnya saya sempat membahas Honda NSR125R Hornet. Kali saya kembali akan membahas versi nakednya nie sobat bikerz, tak banyak yang tau kalo ternyata Honda NSR125R Hornet ini ada versi Naked bike nya lhoo…. Naaah…. Berikut ini saya coba ulas dari honda NSR125F Raiden yang masih satu generasi dengan Hinda NSR 125 R Hornet, nama Raiden mengingatkan pada sosok game terkenal Mortal Kombat ya. Btw….. Kira-kira kids jaman now pada tau ndak ya gane Mortal kombat hhehehehehe…..😂😂 Oke sobat bikerz, biar ndak terlalu lama mari kita bahas sang naked sport Honda ini.

Honda NSR 125 F Raiden ini dipasarkan untuk negara Eropa, terlihat dari bodinya yang gambot dan bongsor, walaupun tanpa Fairing. Tapi tanpa hadirnya fairing pun menjadikan Honda NSR 125 F ini terlihat makin sangar. Seperti saudaranya NSR 125 R Hornet, honda NSR 125 F ini pun ada 2 versi dan Yang pertama adalah NSR-IFI 125 F yang mengambil basic dari JC 20 dan NSR 125 F Raiden yang mengambil basic dari JC 22. Menyusul keberhasilan NS125, maka NSR125-JC20 dirancang dan dirakit oleh Honda Italia Industriale SPA di Roma, Italia. Kemudian menggandeng Grimeca untuk menghasilkan frame Alcast (2-piece, die-cast, bolt bersama-sama konstruksi), roda dan rakitan rem. Mesin ini diproduksi oleh Girardoni dengan Dell’orto sebagai penyuplai karburator. Selanjutnya dipilhlah Marzocchi sebagai vendor suspensi sementara Pagani menyediakan bagian instrumentasi dan pencahayaan. ngeliat vendor-vendor yang nangani Honda NSR 125 F Raiden ini kok seram ya hehehehehe……. 😆 Honda NSR125 adalah motor sport 2 stroke dengan cc ringan 125, diproduksi antara 1988 dan sampai 2001.

Dari sisi desain, pertama kali muncul desain masih terlihat kaku, sisi buritan malah mengingatkan pada Honda NSR 150 R tapi stoplampnya malah mirip NSR 150 RR Astra dan mesin masih berkode JC20. Perubahan selanjutnya pada JC22 alias Honda NSR 125 F Raiden ini terlihat pada framenya yang berubah total kemudian lampu depan tidak lagi berbentuk kotak seperti seri sebelumnya, bagian swingarm pun mengalami banyak perubahan dari yang awalnya kotak berubah mirip sayap burung camar. Bisa terlihat secara fisik banyak terjadi rombakan pada seri berikutnya ini.

Sedangkan dari sisi mesin, disokong oleh mesin 125cc dengan bore x stroke 56 x 50 mm, dilengkapi dengan sistem komputer RC-Valve, mesin satu silinder ini mampu memuntahkan power sekitar 30 bhp atau 28hp (22 kW) pada rentang 10.300RPM dan torsi sebesar 2.1 kgf-m @ 9000 rpm, kalo diperhatikan secara spesifikasi kok lebih besar Honda NSR 125 F Raiden ya daripada Honda NSR 125 R Hornet??…. Kemudian sudah disematkan pula  perangkat RC Valve khas NSR merupakan turunan dari seri GP motor yang diklaim bertenaga dan sangat bersih lingkungan. Menggunakan katup RC bersama prosesor ECU (Engine Control Unit) sehingga menghemat konsumsi bahan bakar pada putaran rendah dan mengoptimalkan tenaga mesin pada putaran tinggi. Penggunaan silinder dan piston berlapis Nickel Silicon Carbide juga mengurangi gesekan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Radiator NSR didesain dengan teknologi Natural Thermo Siphon untuk efisiensi pendinginan. Penggunaan radiator disinyalir membantu mengurangi gejala ‘nglitik dan mengoptimalkan kondisi mesin pada cuaca apa pun. Berat kosongnya pun hanya 117kg saja sobat biker, lebih ringan daripada Honda NSR 125 R Hornet karna tanpa fairing. Berikut ini spesifikasi dari Honda NSR 125 F Raiden sobat bikerz :

Make Model Honda NSR-IFI  125F (JC-20)
Year 1992
Engine Liquid cooled, single cylinder, two stroke, Reed valve induction
Capacity 124.5
Bore x Stroke 56 x 50 mm
Compression Ratio 6.5:1
Induction 26mm Dell’Orto
Ignition  /  Starting
Max Power 27.8 hp @ 10300 rpm
Max Torque 2.1 kgf-m @ 9000 rpm
Transmission  /  Drive 6 Speed  /  chain
Front Suspension 35mm Marzocchi forks
Rear Suspension Marzocchi shock with adjustable preload.
Front Brakes 2x 316mm discs 2 piston calipers
Rear Brakes Single disc 1 piston caliper
Front Tyre 3.25 -17
Rear Tyre 3.50 -18
Seat Height 890 mm
Dry Weight 117.5 kg
Fuel Capacity 18 Litres
Consumption  average 18.2 km/lit
Braking 60 – 0 / 100 – 0 13.7 m / 38.8 m
Standing ¼ Mile 15.2 sec / 135.9 km/h
Top Speed 162.1 km/h

eeiiitzzz….. Ampe lupa nie sobat bikerz, karna motor ini pasar eropa dan dirakit di Eropa sana sektor penyuplai bahan bakar yang biasanya disuplai oleh vendor merk jepang pada umumnya tidak hadir pada seri HOnda NSR 125 F Raiden ini sobat bikerz dan sebagai gantinya ditunjuklah Dell’Orto 26mm sebagai karburatornya. Di negaranya sana motor ini pun kini menjadi barang yang termasuk kategori Collector item. di Indonesia ada ndak ya Sultan yang diem-diem majang ini motor di garasinya??….. Jadi penasaran nie, karna di Indonesia apa sich yang ndak mungkin hehehehehehe……. 😆 oke sekian dulu sobat bikerz, terima kasih sudah sudi meluangkan waktu mampir kemari. Semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.