jump to navigation

Bisakah menilang bila ukuran ban tidak sesuai pabrikan??? November 28, 2014

Posted by balimotorider in Pojok Hukum.
trackback

Assalamu’alaikum wr.wb
Selamat hari jumat sobat bikers sekalian semoga ALLAH SWT merahmati dan melindungi kita semua.
Kali ini saya ingin membahas permasalahan hukum tentang ukuran ban yang tidak sesuai standar pabrikan apakah aparat boleh melakukan penindakan?…… boleh dikatakan ini sebagai pojok hukum untuk sekedar sharing ilmu hukum yang berkaitan dengan berkendara dalam lalu lintas. Tentunya apa yang saya share disini tidak berdasarkan opini semata tanpa adanya dasar hukum karna berbicara masalah hukum harus ada dasar hukum yang menjadi penguatnya. Berpegang pada asas “siapa yang mendalilkan maka dia harus bisa membuktikan
Sering kali ketika di jalan kita melihat kendaraan bermotor terutama kendaraan roda dua alias sepeda motor yang ukuran ban dan telapaknya tidak sesuai dengan standar pabrikan entah itu terlalu kecil ataupun terlalu besar. Untuk ukuran ban yang terlalu kecil atau biasa disebut ban cacing dimana aparat kepolisian lebih sering melakukan penindakan dan memberikan sanksi dikarenakan dapat membahayakan pengendara lain ataupun pengemudi kendaraan itu sendiri dan orang awam yang sadar akan keselamatan berlalu lintas pun tahu kalo itu berbahaya tapi dari segi hukum apakah ada Undang-Undang atau Pasal-Pasal yang benar-benar jelas mengatur tentang ukuran ban yang tidak sesuai standar pabrikan.

image

Ilustrasi ban cacing

Menurut Pasal 48 ayat 1 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan. Ketentuan mengenai persyaratan teknis dan laik jalan selanjutnya diatur dalam PP No. 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan. Aturan mengenai roda atau ban antara lain diatur Pasal 68 PP No. 55 Tahun 2012 yang mengatur bahwa kuncup roda depan dengan batas toleransi lebih kurang 5 milimeter per meter (mm/m), serta ketentuan Pasal 73 PP No.55 Tahun 2012 yang menyatakan bahwa kedalaman alur ban tidak boleh kurang dari 1 millimeter. Aturan mengenai ukuran ban yaitu diameter dan lebar telapak memang tidak disebutkan dalam PP No.55 Tahun 2012. Akan tetapi, terdapat ketentuan Pasal 16 ayat (3) dan ayat (4) PP No.55 Tahun 2012 yang menyatakan:
Ayat 3:
Ban bertekanan sebagaimana
dimaksud pada ayat 2 harus memiliki
adhesi yang cukup, baik pada jalan kering maupun jalan basah.

Ayat 4:
Pelek dan ban bertekanan
sebagaimana dimaksud pada ayat
2 yang digunakan pada Kendaraan
Bermotor harus memiliki ukuran dan
kemampuan yang disesuaikan dengan
JBB atau JBKB
Yang dimaksud dengan JBB adalah berat maksimum Kendaraan Bermotor berikut muatannya yang diperbolehkan menurut rancangannya bisa dilihat pada Pasal 1 angka 16 PP No. 55 Tahun 2012. Sedangkan yang dimaksud dengan JBKB adalah berat maksimum rangkaian Kendaraan Bermotor berikut muatannya yang diperbolehkan menurut rancangannya dapat dilihat pada Pasal 1 angka 17 PP No.55 Tahun 2012. Dalam hal ini ukuran ban yang terlalu kecil atau terlalu besar dalam artian tidak sesuai dengan ukuran produksi aslinya, akan mempengaruhi kinerja dari sistem rem karena memiliki kemampuan yang tidak sesuai dengan JBB atau JBKB sepeda motor tersebut. Walaupun tidak diatur secara jelas mengenai ukuran ban, akan tetapi mengingat aspek keselamatan terkait pemakaiannya hal tersebut masih termasuk kriteria persyaratan teknis dan layak jalan kendaraan bermotor.
Dalam hal ini petugas Kepolisian yang melakukan pemeriksaan kendaraan bermotor secara insidental dilakukan terhadap pelanggaran yang terlihat secara kasat indera atau tertangkap oleh alat penegakan hukum secara elektronik, dapat dilihat pada Pasal 14 ayat 3 PP No. 80 Tahun 2012. Pelanggaran lalu lintas yang terlihat secara kasat indera mencakup pelanggaran tata cara berlalu lintas, Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), Tanda Coba Kendaraan Bermotor (TCKB), kelengkapan persyaratan teknis dan persyaratan laik jalan kendaraan bermotor, Penjelasan Pasal 14 ayat 3 PP No. 80 Tahun 2012.
Jadi dapat dikatakan pelanggaran lalu
lintas yang dapat ditindak hanyalah
mengenai kedalaman alur ban berdasarkan Pasal 285 ayat 1 UU Lalu lintas dan Angkutan Jasa maka:
Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak
memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan,
knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat
(2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak
Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

image

image

Ilustrasi ban gambot

Maka seharusnya dalam penggunaan ban kendaraan bermotor entah itu ban cacing atau ban gambot tau besar, aparat kepolisian hanya dapat melakukan penindakan soal kedalaman alur ban yang tidak boleh kurang dari 1 millimeter sebagaimana tertuang dalam Pasal 285 ayat 1 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jasa, juncto
Pasal 73 PP No. 55 Tahun2012). Sedangkan untuk ukuran diameter dan lebar telapak yang tidak sesuai dengan keluaran pabrikan semestinya tidak dapat dilakukan penindakan karena tidak aturan yang secara tegas mengatur tentang hal tersebut.
Ada baiknya penggunaan ban sesuai spesifikasi atau yang direkomendasikan oleh pabrik, demi keselamatan berlalu lintas. Mengenai permasalahan ini saya tidak membenarkan penggunaan ban cacing ataupun penggunaan ban lebar karna bisa saja pihak kepolisian punya argument lain ataupun ada dasar hukum lain yang dapat dijadikan acuan. INGAT!!!! “Hukum itu tidak kaku dan statis tetapi fleksibel tergantung siapa yang memainkannya“. Jadi bagi yang merasa tidak sepaham dan punya dalil lain serta bukti yang jelas berdasarkan Undang-Undang silahkan share disini karna saya pribadi pun masih belajar juga.
Oke sobat bikers terima kasih sudah menyempatkan untuk mampir ke warung saya semoga menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
Wassalamu’alaikum wr.wb

Sumber hukum:
UU NO.22 Tahun 2009
PP NO.80 Tahun 2012
PP NO.55 Tahun 2012

Iklan

Komentar»

1. KLX Adventure - November 28, 2014

Om mau tanya dong. Kalau untuk spion, kelayakan secara teknisnya seperti apa? Ada aturan yang lebih rinci nggak ya? Atau harus pakai standar bawaan motor?

========

Pulsar 200NS Lengkap Dengan Top Box dan Side Box Tersedia di Kawasaki Surabaya http://klxadventure.com/2014/11/28/pulsar-200ns-dengan-top-box-dan-side-box-tersedia-di-kawasaki-surabaya/

bikerkampung86 - November 28, 2014

Naah…..itu yang ane gak tau om karna sama seperti penggunaan ban kan gak ada aturan yg secara jelas mengatur ukurannya brp?….

2. Sing Indo - November 28, 2014
bikerkampung86 - November 28, 2014

Waaaaah….kasian yg jelek dong klo gitu 😀

Sing Indo - November 28, 2014

Hehehe…

bikerkampung86 - Desember 1, 2014

hahahahahaahahaaha……. 😀
maaf kena terasi om

3. TegeanBlog - November 28, 2014

biasanya polisi memakai standar keselamatan, kalo kita gak nanya pasal berapanya, polisi langsung ja bla.. bla.. bla.. dan kita kena deh xixixixi

bikerkampung86 - November 29, 2014

Lhaaa………klo nanya pasalnya ke polisi malah bisa aja ngeles asal sebut pasal apalagi org awam yg gak ngerti pasal. Maka dari itu apa yang saya muat ada pasalnya dimana utk ukuran lebar dan telapak ban gak ada pasal yg benar2 jelas mengatur hanya mengatur tentang kedalaman alur ban saja.

4. st3v4nt - November 29, 2014

Kalau memodifikasi diluar kewajaran memang bisa kena, percuma juga ngotot kalau sudah dikasih surat tilang….mending yang aman-aman saja modifikasinya….

5. Petruk - November 30, 2014

soal ban & rem sy setuju broh ada tindakan tegas dari pulisi. 2 komponen paling vital dlm hal safety.

bikerkampung86 - November 30, 2014

Yupzz….. tapi utk ukuran ban blm ada UU ataupun peraturan yg jelas mengatur standarisasinya hanya
Kedalaman ban aja yg jd patokan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Catatan Perjalanan Hidupku ^^

Karena setiap detik perjalanan hidup adalah pelajaran, dan akan menjadi kenangan yang akan selalu membuatmu bersyukur :)

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

sijidewe's blog

Otomotif, Did Yourself, Adventure, Electronic, Kuliner

RiderTua

Old Rider Who Like About Motorcycles

Iwanbanaran.com

All About Automotif | Autonews | Discussion | Issue | Review | New product

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Ndeso94 (dot) com

Inspirasi dan Informasi

Photo MMBlog

Motorcycle Imagery

sugimasihada

masih seneng belajar.... | Learning all about....

CORBUZIER

A Magical Tale Journey

Ay Siti Wahyuni BLOG

DISCIPLINE is the Bridge Between Goals and Accomplishment

Alki Rahmatullah's Blog

All About Life,Love and also Automotive

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

Heyy..My NAme iS SuRyA

.: All Around Me :.

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ardho.BLOG

Hanya Bualan Seorang Biker

sekedar coretan

otomotif...dan potret jalanan

JASA PERCETAKAN MURAH

Percetakan, Komputer, Desain Grafis, Foto Copy, ATK, Penjilidan Dll Open 24 Jam Nonstop

Maulana Abas Al Aidy, S.Pi

hidup butuh kreatif

%d blogger menyukai ini: