Assalamu’alaikum.

Haaaayy……… Sobat bikerz, setelah kemarin bahas Suzuki 2Tak melulu. Untuk kali ini bahas lawannya yang menjadi saingan Suzuki Tornado dari segi marketing. Pada tahun 1992, inilah lahir generasi Yamaha Force 1 pertama lahir dengan model rem tromol depan dan belakang, yang merupakan cikal bakal dari motor generasi sesudahnya yaitu Yamaha F1Z-R. Yamaha Force 1 merupakan motor pertama yamaha yang mengadopsi sistem pendingin YPCS yaitu Yamaha Power Cooling System. YPCS merupakan suatu sistem pendingin mesin, mengandalkan kipas yang menyedot udara dari luar kedalam untuk mendinginkan mesin. Pada masanya, Suzuki sebenarnya telah lebih dahulu menggunakan teknologi sejenis di Suzuki RC series, yang dikenal dengan nama Suzuki Jet Cooled, tetapi perbedaannya Jet Cooled dilengkapi tambahan berupa nozzle yang menyemprotkan oli ke blok mesin. Tujuannya membuat suhu mesin tetap terjaga dan membuat performa motor tidak drop ketika panas sobat bikerz. Generasi Force 1 ini berakhir pada tahun 1994 dan lahirlah Yamaha F1Z (Force 1Z) sebelum F1ZR.Dari segi tampilan, Yamaha Force 1 ini dikemas dengan desain yang begitu sederhana dan simple ala motor tahun 90 an. Akan tetapi jika dibandingkan dengan motor bebek tahun 90 an lainnya, Yamaha Force 1 ini sudah termasuk mempunyai tampilan yang cukup modern yang bisa dilihat dari tampilan motor yang tidak terlalu kaku pada setiap sisinya. Knalpotnya bentuknya lurus seperti motor bebek kebanyakan, rem teromol depan dan belakang serta bentuk behel yang hanya berupa batang besi yang ditekuk.

Sisi jantung pacu Yamaha Force one ini  berbekal mesin 110cc, 2-Tak dengan bore x stroke 52 x 52 mm dan beratnya hanya 92kg Air-Cooled nya mampu memuntahkan power 10.5 HP@7.500RPM dan maksimum Torsi sebesar 10.8 N.m @ 6.500 RPM serta sudah mengadopsi sistem pendingin YPCS sobat bikerz. bagian pengabut bahan bakar karburator Mikuni VM20, sehingga tidak heran kalau motor ini termasuk sukses diajang balap road race nasional kala itu. Berikut ini spesifikasi dari Yamaha Force One sobat bikerz :

Engine 2-Tak, Silinder Tunggal, Air-Cooled
Bore x Stroke 52 x 52 mm
Capacity 110 cc
Rasio Kompresi 7.1 : 1
Penyuplai BBM Mikuni VM20
Sistem Starter Kick Starter
Transmisi & Final-Drive 4-Speed, Chain-drive
Max Power 10.5 HP @ 7.500 RPM
Max Torsi 10.8 N.m @ 6.500 RPM
Dimensi (PxLxT) 1815 x 695 x 695 mm
Jarak Sumbu Roda 1200 mm
Ground Clearance 140 mm
MainJet X PilotJet 130 X 17.5
Kapasitas Tangki BBM 4.5 Liter
Berat Isi 95 Kg
Frame Steel Underbone Frame
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Twin Shock Absorber
Rem Depan Drum Brake (Teromol)
Rem Belakang Drum Brake (Teromol)
Ban Depan 2.50 – 17
Ban Belakang 2.75 – 17

Masa Baktinya terlalu singkat untuk Yamaha Force One ini, namun tetap menjadi incaran para pecinta bebek 2Tak sobat bikerz, pasaran harga bekas dari Yamaha Force One saat ini dikisaran harga 1.5 jta sampe dengan 4.5 juta rupiah. Bahkan di sosial media Instagram bernama akun Tukangtikungofficial di Bandung memposting Yamaha Force One yang kilometernya masih 0 dan dijual seharga Rp 16.xxx.xxx,-. Sepeda motor berwarna merah-hitam ini beberapa bagian masih terpasang plastik, kondisi catnya pun kinyis-kinyis layaknya motor baru keluar dari dealer dan harga yang ditawarkan pasti bikin melongo. Untuk urusan build material quality, sudah nggak diragukan lagi deh awetnya! Meski keluaran tahun 1992 sobat bikerz. Jujur sepeda motor ini saat ini banyak diburu lagi karna beberapa hal sobat bikerz, selain untuk mengenang masa muda bahkan tak jaran dirubah spesifikasinya untuk balapan roadrace. Dikarenakan motor ini juga cukup berjaya di ajang balap nasional pada era-nya. Tercatat banyak pembalap top Indonesia yang tenar menggunakan kuda besi ini. Seperti Ahmad Jayadi, Harlan Fadhillah, bahkan Hendriansyah yang terkenal sebagai dewa road race juga pernah membesut sepeda motor ini sobat bikerz.

Terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari sobat bikerz, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.