Assalamu’alaikum

Haaaayyy………. Sobat bikerz, Kali ini melipir dulu ke negeri Matador. Disana ada salah satu pabrikan terkemuka yang juga membuat sepeda motor berukuran kecil dengan nama Derbi GPR 50 2 Tak yang berbasis di Barcelona. Derbi sengaja menghadirkan versi 50cc dimaksudkan sebagai mesin entry-level utama untuk pengendara pemula dan muda, sedangkan 125 lebih cocok untuk mereka yang telah memilik beberapa pengalaman. Jika diliat secara seksama ternyata diawala kemunculannya Derbi GPR 50 ini bisa dikatakan bentuknya sama persis dengan Cagiva Mito 50 sobat bikerz???…. Model ini dipresentasikan di Milan pada tahun 1989 dan di produksi pada tahun berikutnya. Liat dibeberapa situs luar negeri selain mirip dengan cagiva mito 50 ternyata ada juga versi Race Replica yang sekilas mirip dengan Aprilia RS 50 sobat bikerz??….

OKEEE…. Sebelum kita melangkah lebih jauh, saya ingin bantu menerangkan mengapa pada tahun 70an pabrikan sepeda motor khususnya mereka yang memasarkan ke benua Eropa memiliki Seri 50 CC ??…… hal ini terkait dengan peratuan yang beredar kala itu. Hingga akhirnya pabrikan berlomba-lomba menciptakan moped sport yang mana sengaja diciptakan untuk menghindari undang-undang Inggris, yang disebut “Sixteeners Laws“, yang bertujuan untuk membawa pengendara sepeda motor muda dibawah usia 16 tahun untuk keluar dari jalan umum. Undang-undang baru, yang diperkenalkan pada tahun 1971 oleh Menteri Transportasi John Peyton yang isinya melarang remaja berusia 16 tahun kebawah dari mengendarai sepeda motor berkapasitas 250 cc, sehingga membatasi mereka menjadi mesin 50 cc hingga mereka berumur 17. Undang-undang itu menyebabkan produsen sepeda motor mengembangkan kelas baru moped berkinerja tinggi pada tahun 1970an, yang disebut dengan “moped olahraga” atau, bahasa sehari-hari, “spesial sixteener”, karena pemasaran mereka ditujukan untuk orang-orang berusia 16 tahun, sebuah langkah yang banyak mendapatkan kritikan saat itu. singkatan Derbi merupakan kepanjangan dari DERivative of BIcycles.

Seri Pertama

Diproduksi tahun 1990 Derbi GPR 50 juga memiliki variant 75 CC 2 Stroke, Sepintas Derbi GPR 50 ini mirip banget dengan Cagiva Mito 50 ya??….. Atau malah satu desainer??…. 😉 sedangkan Derbi GPR 75 malah sepintas mirip Aprilia AF1 50, Sisi fairing memiliki dua intake udara, salah satunya lebih tinggi untuk radiator dan yang lebih kecil terletak tepat di bawah, Mereka dikombinasikan dengan dua ventilasi udara, salah satunya untuk radiator dan satunya lagi berukuran lebih kecil berada di bagian bawah dekat ujung. Tangki dibentuk untuk mengakomodasi kaki, sementara sisi buritan berbentuk sangat persegi dan memiliki ventilasi udara di sisi. Pelana atau sadel split seat atau bertingkat, transmisi layaknya motor 125 dengan 6 percepatan.  Suspensi depan adalah 40 mm, sepeda motor ini juga dilengkapi dengan rem cakram dan kaliper buatan Grimeca. Berdasarkan penelusuran Perbedaan dari Derbi GPR 50 dan Derbi GPR 75 terlihat pada sektor kaki-kaki sobat bikerz, dimana seri 50 cc suspensi depan sudah upside down layaknya Cagiva Mito 50 dengan lengan ayun ganda berbentuk kotak dan suspensi monoshock dibagian belakang, sedangkan untuk seri 75 cc yang terlihat mirip Aprilia AF1 50 dengan suspensi depan teleskopik dan Swing arm belakang sudah menggunakan Mono Arm, Satu lagi sobat bikerz jangan heran kalo ternyata tangki bahan bakar berada di bawah jok boncengan, sedangkan tangki bagian depan beralih fungsi menjadi kompartemen penyimpanan tabung oli samping dan tabung air radiator CMIIW…… 🙂 😉

Derbi GPR 50
Derbi GPR 50 second edition

Seri Kedua

Derbi GPR 50 berikutnya diproduksi dari tahun 1997 hingga 2000, untuk model ini ditambahkan  pegangan sisi bawah di bawah buritan, Tangki dibentuk untuk mengakomodasi kaki dan dirancang untuk berdiri dengan memutar pada as roda depan. Sebuah kompartemen untuk benda-benda telah ditempatkan di bawahnya. Sisi depan dibuat lebih menarik dan khusus dengan posisi lampu sorot berada dibagian depan head fairing tidak banayk berubah hanya ketambahan pijakan belakang buat boncenger aja, kemudian di tahun 2001 hadir versi replika dari model ini. Sistem pengereman depan posisi kaliper rem berada di sebelah kiri kemudi. Sedangkan rem belakang diposisikan di sebelah kanan, di samping tabung oli samping mekanis untuk pelumasan terpisah. Sasis rumah baterai di daerah depan, sedangkan wadah oli mesin dan tangki ekspansi sirkuit pendinginan ditempatkan di dekat kursi pengendara yang posisinya berada di depan kotak udara. Seri Kedua ini sangat mirip sekali dengan cagiva Mito 50 ya sobat bikerz.

Derbi GPR 50 3th Edition replica
Derbi GPR 50 3th Edition replica

Seri Ketiga

Seri ketiga Derbi GPR 50 2 Stroke diperkenalkan ke pasar pada tahun 2001 / 2002. Bahkan jika dicermati malah mirip dengan Aprilia RS 50 sobat bikerz, liat aja fairing sangat bundar dan bersih di mana tidak ada celah untuk intake udara, lampu depan ganda berbentuk bulat yang tumpang tindih, tangki tetap berfungsi untuk mengakomodasi kaki agar nyaman menjepit/menahan kaki saat melahap tikungan dan indikator terarah didesain ulang dengan bentuk oval. speedometer dan penunjuk RPM masih analog. Seri Replica juga hadir di versi ketiga ini sobat bikerz.

Seri Keempat

Seri ini dimulai pada tahun 2005 dan berlangsung hingga akhir tahun 2009, chassis masih tetap sama dari seri sebelumnya hanya berbeda model dari yang tersedia di pasar alias ganti baju nie sobat bikerz, fairing lebih aerodinamis dan banyak guratan-guratan tajam, instrumentsasi pada bagian speedometer sudah indikator kecepatan sudah digital sedangkan penunjuk RPM masih analog sobat bikerz. kemudian pengereman depan yang digunakan sebagai sistem rem menggunakan rem radial dikombinasikan dengan disk brake berukuran 300 mm dan sistem rem belakang menggunakan disk brake ukuran 180 mm. Serial ini disajikan dalam dua perpindahan berbeda. Yang pertama adalah 50, dilengkapi dengan mesin Derbi EBS 050 2T yang dilengkapi dengan mixer dalam Model Tahun 2005, kemudian diganti dalam Model Tahun 2006 oleh Piaggio D50B yang lebih modern. intake udara berada di bawah lampu berbentuk segitiga, sisi buritan meruncing, tangki bahan bakar kembali ke tempat semula layaknya motor sport. Jadi lebih mirip seperti sodaranya yang berkubikasi 125 cc. Yang ternyata kalo dilihat lagi juga mirip Aprilia RS 125 tahun 2009.

Seri kelima

Awalnya pada tahun 2009 Derbi hanya memproduksi seri 125 cc 2 langkah, tetapi mulai 2010 kapasitas silinder 50 juga ditambahkan. Dibandingkan dengan seri sebelumnya, seri GPR 5th hanya disajikan versi Racing,  panel instrumen telah terintegrasi lebih baik dengan, indikator yang telah dipisahkan, panel meter sudah full digital baik itu pengukur kecepatan dan RPM serta indikator bahan bakar. Sekujur bodi di desain ulang dengan fairing yang lebih ramping , pelana atau jok rider dan boncenger telah dibuat lebih bulat, tangki menjadi kurang bersudut di daerah kaki dan sisi depan atau head fairing telah kehilangan dua intake udara lateral dan berubah menjadi pusat tunggal berada diantara lampu layaknya Yamaha R6 eeehhh….. Mirip R6 apa malah mirip R15 ya??…. 😆 😀

Jika diperhatikan dari awal muncul hingga seri akhir nampaknya tidak ada perubahan di area mesin Minarelli AM6, berikut ini spesifikasinya sobat bikerz :

General moped information
Model: Derbi GPR 50 R
Year: 1990 – 2011
Category: Moped Sport
Price as new (MSRP): Euro 3559. Prices depend on country, taxes, accessories, etc.
Engine and transmission
Displacement: 49.90 ccm (3.04 cubic inches)
Engine type: Single cylinder, two stroke
Power: 8.45 HP (6.2 kW)) @ 10000 RPM
Torque: 5.90 Nm (0.6 kgf-m or 4.4 ft.lbs) @ 9000 RPM
Compression: 11.5:1
Bore x stroke: 39.9 x 40.0 mm (1.6 x 1.6 inches)
Fuel system: Carburettor. 17.5 mm
Fuel control:  –
Ignition: C.D.I.
Lubrication system: Mechanical oil pump
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type,
final drive:
Chain
Clutch: Multi-plate
Chassis, suspension, brakes and wheels
Frame type: Tubular steel cradle
Front suspension: 40 mm. UpSide Down fork.
Front wheel travel: 110 mm (4.3 inches)
Rear suspension: Monoshock.
Rear wheel travel: 120 mm (4.7 inches)
Front tyre: 100/80-17
Rear tyre: 130/70-17
Front brakes: Single disc
Front brakes diameter: 300 mm (11.8 inches)
Rear brakes: Single disc
Rear brakes diameter: 218 mm (8.6 inches)
Physical measures and capacities
Dry weight: 110.0 kg (242.5 pounds)
Weight incl. oil, gas, etc: 121.0 kg (266.8 pounds)
Power/weight ratio: 0.0768 HP/kg
Overall height: 1,116 mm (43.9 inches)
Overall length: 2,015 mm (79.3 inches)
Overall width: 720 mm (28.3 inches)
Wheelbase: 1,360 mm (53.5 inches)
Fuel capacity: 13.00 litres (3.43 gallons)
Reserve fuel capacity: 1.50 litres (0.40 gallons)
Oil capacity: 1.50 litres (0.10 quarts)
Other specifications
Color options: Black, yellow, Red, Blue
Starter: Electric
Comments: Spanish bike.

Baca Juga Gaeeezzz!!!!……….

Mesinnya hasil racikan dari Minarelli AM6 berkubikasi 49.7 cc 2 Tak, berpendingin cairan mampu memuntahkan daya kuda sebesar 8,4 Hp pada 10.000 RPM dan Torsinya sebesar 5.90 Nm (0.6 kgf-m or 4.4 ft.lbs) @ 9000 RPM. Mampu berlari hingga keepatan puncak 86 KM/Jam bahkan ada yang bisa sampe 102 KM/Jam pada 11.000 RPM plus transmisi 6 percepatan, namun kalo dilihat ternyata kompresi mesinnya tinggi juga nie sobat bikerz 11.5 : 1 dan menggunakan sebuah karburator berukuran Æ17.5. Kencaaang euy….. cuman 50 CC 2 Stroke bisa tembus sampe lebih dari 86 KM/Jam.

Persebaran sepeda motor Derbi GPR 50 ini mencapai lebih dari 50 negara di dunia Range harga yang ditawarkan untuk harga bekasnya dari yang termurah ialah 250 Euro dengan kondisi apa adanya dan kondisi layak jalan full system diatas 680 Euro hingga harga tertinggi sekitar 1.800 Euro, sedangkan harga barunya pun ternyata masih ada berkisar di range harga terendah adalah $ 2.600 hingga diatas $ 3.000 Dolar. harga yang cukup fantasti untuk sepeda motor berkubikasi 50 CC 2 langkah, bahkan ada paket Bore kit 80 CC untuk seri Derbi GPR 50 ini sobat bikerz. Adakah Sultan di indonesia yang minat???….. Semoga aja ya hehehehehe…… 😀 Okeee sobat bikerz, terima kasih sudah meluangkan waktu mampir kemari, semoga bermanfaat dan ingat jangan lupa bahagia.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements